Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MEMBUAT BONEKA DARI KULIT JAGUNG

 Rifanfajrin.com - cara membuat boneka dari kulit jagung untuk sd kelas 1

hai teman-teman, apa kabar semuanya? Sehat selalu ya. teman-teman kelas 1 pasti sudah tidak sabar ingin belajar bersama rifanfajrin ya.

Pada post kali ini, rifanfajrin akan mengulas tentang cara membuat boneka dari kulit jagung untuk sd kelas 1. Aktivitas membuat boneka dari kulit jagung ini merupakan salah satu aktivitas pada mata pelajaran SBdP yaitu Seni Budaya dan Prakarya, dimana mata pelajaran ini biasanya membutuhkan kreativitas dan ketekunan siswa dalam proses pembuatannya.

Nah, materi SBdP kali ini akan menghasilkan satu boneka cantik, yang terbuat dari kulit jagung. Biasanya kita bisa mengkombinasikannya dengan atau sebagai penghias pensil yang kita gunakan. 

Pensil yang telah kita hias menggunakan kulit jagung berbentuk boneka itu tentunya nanti akan menambah semangat kita dalam belajar ya teman teman.



baiklah, yuk kita simak bahan yang diperlukan, peralatan dan bagaimana cara membuatnya.

BAHAN BAHAN YANG DIPERLUKAN

Untuk membuat boneka jagung yang menarik sebagai hiasan pada pensil, bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1. kulit jagung yang sudah dikeringkan, dan sudah dibersihkan
2. benang warna untuk rambut boneka, warna bebas, bisa hitam, merah, cokelat, tetapi diusahakan jangan putih.
3. manik-manik untuk mata pada boneka
4. cat warna (optional)
5. pensil untuk dihias

ALAT ANG DIPERLUKAN 

Setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, maka diperlukan alat-alat sebagai berikut:
1. gunting, untuk memotong dan merapikan kulit jagung
2. spidol, untuk membuat pola
3. kuas, untuk membubuhkan warna pada kulit jagung supaya lebih menarik
4. lem, untuk merekatkan dan membentuk boneka
5. jarum dan benang untuk menjahit dan merapikan boneka

CARA MEMBUAT 

Setelah selesai mempersiapkan bahan dan alat-alatnya, mari kita lakukan langkah langkah berikut:
boneka jagung


  • 1. Ambillah kulit jagung, kemudian bentuklah menjadi bulatan menyerupai kepala. Sesuaikan dengan ukuran yang kamu kehendaki
  • 2. Ambillah kulit jagung lain, kemudian guntinglah membentuk baju. Kalian bisa menambahkan rok atau langsung membuat baju berukuran panjang, sesuai selera.
  • 3. rapikan baju yang terbuat dari kulit jagung tersebut, tambahkan beberapa lembar kulit jagung jika kamu merasa kurang tebal.
  • 4. rekatkan kepala dan kulit jagung menjadi satu bagian, kemudian mulailah menempelkan di ujung pensil milikmu menggunakan lem. pastikan lem dapat merekatkan boneka milikmu dengan pensil secara sempurna. untuk memastikannya, kamu bisa menunggu dan mendiamkannya beberapa saat.
  • 5. setelah benar benar kering, rapikan kembali. kemudian ambil benang dan mulailah menggunting dan menempelkannya sebagai rambut. tempelkan di bagian kepala. buatlah rambut sesuai selera kamu, bisa dikuncir, atau dibiarkan terurai.
  • 6. setelah itu, kalian bisa merapikan kembali.
  • 7. supaya lebih hidup, kalian bisa mewarnai boneka jagung tersebut sesuai selera. kalian bisa menggunakan cat warna yang telah disiapkan, atau jika tidak ada, gunakan spidol warna juga boleh.
  • 8. terakhir, kalian bisa ambil spidol hitam, kemudian mulailah menggambar motif baju pada boneka tersebut supaya lebih menawan.

Bagaimana teman teman?mudah bukan? selamat berkreasi! salam kreatif

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang cara membuat boneka dari kulit jagung. semoga bermanfaat bagi sobat sobat sekalian.