Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH SETELAH OLAHRAGA

Rifanfajrin.com - mengapa kita dianjurkan banyak minum air putih setelah olahraga?

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya. Salah satu ikhtiar yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan cara berolahraga. Olahraga merupakan kegiatan tubuh/jasmani yang bertujuan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh. Olahraga merupakan cara alami untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit pada tubuh kita.

Kita dianjurkan untuk rutin berolahraga. Dengan olahraga, maka akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, menguatkan tubuh, mengatur pernapasan, serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Dikarenakan olahraga merupakan suatu bentuk fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, maka tidak heran saat berolahraga dan setelah berolahraga kita akan kehilangan cairan tubuh.

Oleh sebab itu penting setelah olahraga kita dianjurkan untuk banyak minum air putih. Apa alasannya?

minum setelah olahraga


Mencegah dehidrasi

Setelah berolahraga, baik di dalam atau di luar ruangan, sama-sama menyebabkan tubuh dehidrasi atau mengeluarkan banyak cairan tubuh. Cairan tubuh tersebut harus segera diganti untuk mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh. Sehingga penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setelah berolahraga.

Hal ini penting untuk menghindari dehidrasi. Jika tubuh kekurangan cairan, akibatnya zat sisa dalam tubuh akan tetap menumpuk dan tertimbun di dalam tubuh. 

Dampak dehidrasi bisa berakibat fatal, diantaranya memicu penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Apabila tidak segera diatasi dan ditangani,maka  kondisi gagal ginjal pun dapat terjadi. Oleh sebab itu, penting untuk minum air putih secara rutin. Khususnya setelah berolahraga untuk menghindari dehidrasi.

Mengontrol suhu tubuh

Saat kita berolahraga, maka metabolisme akan berlangsung secara alami. Olahraga kemudian akan membuat suhu di dalam tubuh menjadi meningkat. Minum air putih setelah berolahraga bermanfaat untuk mengontrol dan mengembalikan suhu tubuh agar normal kembali.

Pengganti keringat

Olahraga selalu identik dengan keluarnya keringat yang cukup banyak sebagai salah satu bentuk dari metabolisme tubuh. Minum air putih setelah keluar banyak sekali keringat diperlukan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Minum air putih setelah berolahraga akan mengembalikan cairan keringat yang hilang tersebut.

Menyegarkan

Setelah berolahraga, dengan minum air putih sangat menyegarkan tubuh. Biasanya saat dan setelah berolahraga membuat tubuh terasa letih, lesu,dikarenakan banyaknya energi dalam tubuuh yang dibutuhkan saat berolahraga.

Menyimpan kalori

Setelah mengeluarkan banyak energi saat berolahraga, maka akan menjadi percuma apabila kemudian kita menikmati minuman berenergi. hal ini dikarenakan sama saja kalori yang terbakar, akan  terbuang percuma karena Anda menambahkan kalori yang baru dengan minuman energi tersebut. Hal itu tidak akan terjadi jika Anda minum air putih.

Kesimpulannya, minum minuman energi saat berolahraga akan bermanfaat ketika kita membutuhkan banyak energi tambahan, misalnya ketika kita sedang berkompetisi dan membutuhkan stamina yang cukup untuk menyelesaikan pertandingan. Namun sebaliknya, jika kita ingin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh, maka minum air putih lebih direkomendasikan.

Sering beristirahat

Minumlah air putih agar tubuh memiliki kesempatan untuk sering beristirahat di tengah-tengah aktivitas fisik. Sehingga setelah semuanya berakhir, Anda tidak akan merasa begitu kelelahan.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifan fajrin tentang mengapa kita dianjurkan banyak minum air putih setelah olahraga, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian ya teman-teman. salam sehat!