Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA KERJA INDRA PENDENGAR

Rifanfajrin.com - CARA KERJA INDRA PENDENGAR, GAMBAR TELINGA DAN FUNGSINYA, FUNGSI INDRA PENDENGAR

Assalamualaikum teman-teman, semoga aktivitas kalian hari ini menyenangkan ya! Pada post kali ini, rifanfajrin akan membahas tentang indra pendengar. Tahukah kalian, alat indra pendengar kita? Ya, alat/indra pendengar kita adalah telinga. Telinga merupakan salahsatu pancaindra yang dimiliki manusia. 

Apa sih fungsinya? bagaimana cara kerjanya sehingga kita bisa mendengar, kemudian seperti apa gambar indra pendengar kita? temukan jawabannya pada artikel yang ditulis rifanfajrin berikut ini ya!

fungsi indra pendengar, fungsi indra pendengar kelas 4 sd
Telinga kita


Telinga sebagai indra pendengar memiliki fungsi sebagai alat pendengaran, apabila ada suara yang masuk maka bagian bagian telinga akan memprosesnya dan kemudian diterima oleh otak.Selain untuk mendengar suara, telinga memiliki fungsi menjaga keseimbangan tubuh, sehingga kita tidak mudah terjatuh saat melakukan berbagai gerakan.

Gambar telinga dan fungsinya

Sebelum mengulas tentang bagaimana fungsi dan cara kerja telinga, ada baiknya kita cermati terlebih dahulu gambar telinga dan fungsinya ya.
Terdapat empat bagian pada telinga yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, telinga bagian dalam, dan syaraf pendengaran. Berikut ini gambarnya.

1. Telinga bagian luar

Anatomi telinga bagian luar:
terdiri daun telinga (pinna) dan lubang telinga. Daun telinga memiliki fungsi mengumpulkan gelombang suara yang berasal dari berbagai sumber suara di sekitar kita, lalu mengantarkannya ke gendang telinga melalui lubang telinga.

Sedangkan daun telinga berfungsi sebagai saluran penghubung antara telinga bagian luar dengan telingan bagian tengah.
telinga luar
telinga luar

2. Telinga bagian tengah

Anatomi telinga bagian tengah :
Dua bagian ini antara lain osikel dan saluran eustachius. 
Osikel adalah sekumpulan tulang yang berfungsi sebagai penyusun telinga bagian tengah. Tiga jenis tulang bagian dalam osikel, yaitu:
  • Tulang martil (malleus) : tulang yang melekat pada gendang telinga
  • Tulang landasan (incus) : tulang yang berada pada bagian tengah rangkaian tulang pendengaran telinga
  • Tulang sanggurdi (stapes): tulang penghubung telinga tengah dengan telinga dalam
Selain ketiga tulang di atas, terdapat saluran eustachius yang terletak di ujung tenggorokan yang berfungsi menyalurkan lendir dari telinga tengah dan menjaga tekanan udara di telinga tengah.
telinga tengah
telinga tengah

3. Telinga bagian dalam

Bagian dalam telinga terdapat koklea, yaitu organ yang didalamnya terdapat saraf-saraf pendengaran. Koklea berbentuk menyerupai siput, terdiri dari dua jenis cairan, yaitu endolymph dan perilymph.
Pada koklea terdapat sel rambut halus, berfungsi mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik pada saraf pendengaran. Selain untuk mendengar, telinga bagian dalam berfungsi penting bagi tubuh yaitu sebagai fungsi keseimbangan tubuh.


telinga dalam
telinga dalam
syarat pendengaran
syaraf telinga

Cara Kerja Indra Pendengar

Bagaimana kita dapat mendengar? 

  1. Pada bagian luar telinga terdapat daun telinga yang disebut aurikel (Pinna). Daun telinga berfungsi mengumpulkan gelombang suara kemudian menyalurkannya melalui saluran telinga ke endang telinga.
  2. Gelombang suara tersebut menggetarkan gendang telinga dan tiga tulang pada telinga bagian tengah. Getaran tersebut dihantar menuju telinga bagian dalam (berbentuk kantong cairan balutan tulang).
  3. Selanjutnya getaran suara akan melewati cairan di koklea (pada gambar bentuknya seperti rumah siput yang  berisi sel-sel rambut. 
  4. Cairan koklea ini kemudian memicu bagian atas sel-sel rambut untuk menghasilkan rangsangan saraf, sehingga dapat dibaca dan disampaikan ke otak.

Simpulan:

Kita dapat mendengar disebabkan karena adanya gelombang suara yang melintasi udara lalu memasuki gendang telinga, melintasi telinga tengah, telinga dalam, dan diterima pusat pendengaran di otak kita. Telinga selalu aktif dan terus-menerus menerima dan menghantarkan suara di sepanjang jalur pendengaran luar, tengah dan dalamini.

Jika kita lihat alur cara kerja indra pendengar di atas, kita pasti akan mengagumi bagaimana sistem pendengaran bekerja. Secara tidak langsung, kita tentu akan mengagumi Sang Pencipta yang telah menciptakan bagian bagian tubuh manusia dengan sedemikian kompleksnya.

Oleh sebab itu, kita harus bersyukur dengan alat pendengaran yang normal tersebut. Cara mensyukurinya adalah dengan menjaga dan merawat indra pendengar kita dengan baik. Bagaimana caranya?

CARA MERAWAT INDRA PENDENGAR

Terdapat empat langkah pentong untuk merawat indra pendengar, yaitu:

1. Bersihkan telinga secara benar

Membersihan telinga dengan cotton bud boleh boleh saja, tetapi jangan terlalu sering.Sebab, cotton bud sebenarnya tidak dianjurkan untuk membersihkan bagian dalam telinga. Cotton bud berpotensi mendorong kotoran masuk ke dalam telinga. Memasukkan sesuatu dengan alat apapun, beresiko merusak bagian gendang telinga.
    Apa solusi permasalahan di atas? Telinga mampu membersihkan dirinya sendiri. Telinga memiliki cairan seperti lilin yang ada di dalam telinga untuk mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya untuk masuk ke dalam telinga. Jadi,, cairan lilin tersebut justru penting bagi kesehatan telinga, sementara itu kotoran telinga juga merupakan sesuatu yang normal, jadi tidak perlu terlalu dirisaukan. Jika telinga kita termasuk telinga yang kelebihan cairan lilin, bisa dibersihkan dengan handuk lembut pada bagian rongga telinga.  

    2. Lindungi telinga Kamu dari suara keras

      Fungsi telinga adalah untuk mendengar, namun telinga juga terbatas kemampuan untuk mendengar jenis suara. Pastikan suaran yang diterima telinga adalah suara yang aman untuk didengar. Suara keras yang terlalu sering masuk ke telinga, akan membuat kemampuan mendengar menjadi berkurang. Sumber suara keras ini misalnya deru mesin pabrik pada lingkungan kerja, suara musik yang terlalu keras, atau penggunaan headset pada telinga yang terlalu sering. 

      3. Jaga telinga kamu agar tetap kering

        Telinga yang terlalu lembab memungkinkan masuknya bakteri ke dalam saluran telinga yang memicu terjadinya infeksi. Sering terjadi fenomena telinga perenang (swimmer’s ear) atau otitis eksterna. Swimmer’s ear merupakan infeksi pada telinga luar yang disebabkan oleh air yang terjebak di saluran telinga, akibatnya bakteri terperangkap pada keadaan lembab dan berkembang semakin banyak, kemudian menyebabkan terjadinya iritasi dan infeksi pada saluran telinga.
          Salah satu upaya agar menjaga telinga tetap kering misalnya, adalah gunakan handuk untuk membersihkan telinga setelah mandi.  

            4. Lakukan pemeriksaan telinga rutin ke dokter

              Terakhir, datanglah ke dokter spesialis telinga untuk memastikan kesehatan indra pendengarmu. Hal ini penting, dengan pemeriksaan rutin, maka dapat memastikan kondisi telinga kamu dalam keadaan sehat 

              AKHIR KATA

              Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang cara kerja indra pendengar, gambar telinga dan fungsinya, fungsi indra pendengar, fungsi indra pendengar kelas 4 sd, semoga bermanfaat ya.