Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MANFAAT PENDINGINAN SETELAH OLAHRAGA

 Rifanfajrin.com - manfaat pendinginan setelah olahraga
pendinginan ,  pemanasan

Berolahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun seringkali terjadi kesalahan mendasar yang dilakukan seseorang ketika melakukan olahraga, yaitu tidak melakukan pemanasan dan pendinginan. Olahraga memang menyebabkan tubuh menjadi lelah dan kepanasan karena tubuh mengeluarkan panas, sehingga seringkali seseorang langsung beristirahat tanpa melakukan pendinginan terlebih dahulu. Padahal sama halnya dengan pemanasan, pendinginan sangat penting dilakukan setelah seseorang melakukan aktivitas olahraga.

Apa perbedaan pemanasan dan pendinginan?

Pemanasan adalah gerakan gerakan tertentu yang dilakukan seseorang sebelum melakukan olahraga. Pemanasan yang dilakukan berguna untuk membantu tubuh mempersiapkan diri sebelum melakukan aktivitas yang cenderung berat. 

Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika pemanasan dan pendinginan mampu meningkatkan fleksibilitas  kelenturan otot yang optimal, dan yang terpenting adalah mencegah terjadinya cedera otot. Pemanasan dan pendinginan bermanfaat untuk mengoptimalkan kegiatan olahraga itu sendiri 

Manfaat pemanasan dan Cara melakukan pemanasan sebelum berolahraga

Pemanasan dilakukan  sebelum melakukan kegiatan olahraga. Gerakan yang dilakukan ketika pemanasan dapat dimulai degnan gerakan gerakan pelan, perlahan, mudah, dan konsisten. Contoh gerakan pemanasan misalnya stetching / peregangan otot, untuk membuat otot lebih elastis dan lentur.

Pemanasan bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh, aliran darah, dan denyut jantung. Pemanasan berfungsi mempersiapkan kinerja jantung dan pembuluh darah ketika berolahraga. Seringkali kita jumpai banyak orang yang enggan melakukan pemanasan terkena serangan jantung ketika sedang melakukan olahraga. Pemanasan akan mengurangi risiko kram, cedera, dan pegal pada otot setelah berolahraga.

Pemanasan dilakukan sebentar saja, sekitar 5 sampai 10 menit, dan tidak dilakukan secara berlebihan. Sebab, pemanasan berlebihan justru menjadi salah satu peneybab cedera sendi. Selain itu, pemanasan yang terlalu lama akan menghabiskan energi dan membuat olahraga menjadi kurang efektif.

Manfaat pendinginan dan cara melakukan pendinginan setelah berolahraga

Pendinginan sangat penting dilakukan setelah tubuh selesai melakukan aktivitas olahraga. Pendinginan atau cooling down  sama pentingnya dengan pemanasan. Tetapi ironisnya, pendinginan sering diabaikan setelah berolahraga karena tubuh sudah terlalu lelah dan merasa malas untuk melakukannya.

Pendinginan  bertujuan membantu mengembalikan kondisi tubuh seperti semula sebelum berolahraga. Pendinginan penting untuk mencegah cedera dan pegal-pegal setelah selesai berolahraga. Ketika berolahraga, otot tubuh akan mengalami perubahan suhu karena gerakan gerakan yang dilakukan. Pendinginan berguna untuk membantu meningkatkan rentang gerak otot sehingga dapat terhindar dari resiko terjadinya robek pada otot.

Pendinginan harus dilakukan dengan pelan, perlahan, konstan, dan konsisten, hindari gerakan yang sama beratnya dengan saat berolahraga, yaitu meloncat atau gerakan lain yang cenderung cepat. Aturlah napas baik saat pemanasan, berolahraga, hingga pendinginan.
Berikut beberapa manfaat melakukan pendinginan:

1. Membantu menormalkan detak jantung

saat melakukan olahraga, terutama jenis olahraga seperti berlari, bersepeda, hingga senam aerobik, bulutangkis, basket, volly atau tenis, maka detak jantung Anda akan meningkat cepat. Pendinginan berfungsi untuk menormalkan kembali detak jantung Anda. Hindari langsung duduk atau bahkan tiduran saat selesai berolah raga, hal tersebut akan menyebabkan fungsi jantung akan terganggu karena terjadi perubahan gerakan yang drastis. 

2. Membantu menghindari pusing atau pingsan

Pendinginan bermanfaat supaya kita terhindar dari pusing dan bahkan pingsan akibat aliran darah di otot-otot besar tubuh yang melakukan aktivitas berat langsung dihentikan secara tiba-tiba. hampir mirip dengan ulasan nomor satu di atas, menghentikan aktivitas secara tiba tiba setelah berolahraga sangat beresiko dan memungkinkan terjadi pingsan.

3. Membantu mengontrol pernapasan

Seiring dengan meningkatnyadetak jantung  ketika olahraga, maka berakibat pernapasan juga menjadi lebih cepat. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh sedang membakar kalori, maka diperlukan pendinginan supaya ritme pernafasan dapat kembali seperti semula saat sebelum olahraga. 

4. Membantu persiapan otot

Setelah berolahraga, sangat beresiko mengalami kram otot jika berhenti secara tiba-tiba. Pendinginan berfungsi mengembalikan/ mempersiapkan otot-otot tubuh untuk sesi latihan berikutnya, baik pada keesokan harinya atau dalam beberapa waktu ke depan. 

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang manfaat pemanasan dan pendinginan. terus jaga kesehatan degnan berolahraga, tak lupa lengkapi dengan mengatur pola makan, cukup mengonsumsi air putih, dan istirahat untuk mendapat manfaat terbaik dari olahraga. Salam sehat!