Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CONTOH GAMBAR IMAJINASI ANAK SD KELAS 2

 rifanfajrin.com - contoh gambar imajinasi anak sd kelas 2
Contoh gambar imajinasi anak sd kelas 2, pengertian gambar imajinatif, cara membuat gambar imajinatif

Hai teman teman, apa kabar semuanya? tetap sehat dan semangat serta kreatif, ya. Pada artikel kali ini rifanfajrin akan membahas tentang apa itu gambar imanjinasi/imajinatif untuk anak sd kelas 2. rifanfajrin juga akan memberikan contoh-contoh gambar imajinasi yang bisa kalian cermati ya.

Apa itu gambar imajinasi?

imajinasi atau imajinatif merupakan kemampuan daya pikir manusia untuk membayangkan atau menciptakan gambar kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalamannya secara umum. 

Ia akan menggambar sesuatu yang ada dalam alam pikirannya secara bebas di atas bidang gambar. Apapun yang terlintas di pikirannya, itulah yang akan ia tuangkan menjadi gambar. 

Gambar imajinatif merupakan gambar yang dibuat berdasarkan imajinasi atau khayalan seseorang yang menggambar itu sendiri. Jadi gambar imajinatif mencerminkan apa yang sedang dirasakan atau sedang dipikir oleh pelukis. Gambar imajinatif satu orang dengan orang lain berbeda-beda.

Jadi menggambar imajinatif dapat diartikan membayangkan bentuk, menciptakan bentuk, warna, dan ruang dalam alam hayal manusia yang menjadi patokan seseorang dalam menggambar. 

 Karya Imajinatif

Setelah memahami tentang pengertian gambar imajinatif, maka karya imajinatif adalah hasil karya yang telah melalui proses membayangkan atau menciptakan sesuatu dalam alam pikiran atau hayaan.

Yang menjadi contoh karya imajinatif misalnya karya dua dimensi (misalnya gambar imajinasi) dan karya tiga dimensi (misalnya berupa patung yang kita buat). Karya imajinatif membantu seseorang mengalami sensasi yang menyenangkan ketika berhasil membuat sebuah karya.

Dengandemikiaan gambar imajinatif ini tidak melulu harus selalu sama dengan objek asli, sebab gambar yang kita hasilkan melalui pemikiran. Misalkan kita mau menggambar kupu kupu, maka tidak harus mengacu gambar kupu-kupu yang sesungguhnya. Penyesuaian gambar sangat dibutuhkan, sedangkan imajinasi menjadi modal utama dalam menggambar sehingga akan menghasilkan keunikan tersendiri dan akan menjadi karya seni yang bernilai.

Langkah-langkah menggambar imajinatif

Untuk menghasilkan gambar imajinatif, perlu memperhatikan beberapa langkah beriktu ini:

  1. Pikirkanlah objek yang akan digambar, sebagai contoh hendak menggambar benda, hewan atau karakter tertentu. Apabila belum memiliki gambaran tentang objek yang akan digambar, maka bisa mencari inspirasi terebih dahulu melalui jelakah internet, majalah, komik, dll.
  2. Mempersiapakan alat dan bahan yang diperlukan untuk menggambar, misalnya pensil, penghapus, buku gambar, penggaris, dll
  3. Membuat sketsa gambar terlebih dahulu menggunakan pensil. Tidak harus terlalu tebal dan tidak terlalu keras menekannya, sehingga gambar akan mudah dihapus apabila tidak sesuai dengan imajinasi yang kita inginkan. Gambarlah dengan rinci tiap-tiap objeknya.
  4. Menambahkan gambar pendukung sebagai background gambar yang kita buat untuk menambah estetika gambar 
  5. Setelah sketsa selesai dibuat, tebalkan sedikit demi sedikit, lalu bisa ditambahkan warna yang sesuai. Bagi pemula, bisa memberi warna dari tepi terlebih dahulu, karena biasanya kesalahan yang sering terjadi adalah arsiran warna yang melewati garis batas gambar.

Setelah selesai membuat gambar imajinatif dengan langkah langkah tersebut di atas, anda bisa membawa gambar tersbut untuk dimintakan pendapat, komentar, saran dan masukan dari guru, orang tua, atau ahli untuk mengetahui sejauh mana kita mampu membuat gambar imajinatif.dan mengetahui kekurangannya.

Cara menggambar imajinatif secara profesional

Jika sudah giat belatih membuat gambar imajintif, maka kita bisa meningkatkan kemampuan dengna menggambar imajinatif secara lebih profesional. Langkahnya adalah sebagai berikut 

1. Memikirkan objek yang akan digambar

Memikirkan objek yang akan digambar merupakan langkah wajib sebelum menggambar. Kita hendak menggambar apa yang sedang terlintas di benak kita maka kita harus menggunakan imajinasi sebagai modal utama. 

Misalnya kita akan menggambar seekor hewan yang biasa kita amati. Kita bisa juga menggambar karakter  favorit yang tentunya sangat diingat bagaimana karakternya. misalnya saya senang menggambar kuda, maka berbagai karakter kuda saya akan buat dalam berbagai posisi, berlari, berkelompok, memakan rumput, berjingkrak, dll.

Contoh gambar imajinasi anak sd kelas 2, pengertian gambar imajinatif, cara membuat gambar imajinatif
sketsa kuda


2. Mencari inspirasi di tempat atau media tertentu

Inspirasi bisa didapatkan dari mana saja, contohnya melalui pengamatan, gambar di internet, pameran seni rupa, media lukisan, atau dapat pula berkunjung ke seniman untuk mendapatkan inspirasi yang diinginkan. Kita juga bisa pergi ke museum untuk melihat karya orang lain untuk inspirasi. Pelajari teknik menggambar mereka, serta metode yang digunakan untuk menghasilkan sebuah karya seni.

3. Memulai gambar dengan membuat sketsa  dasarnya

Gambar imajinatif selalu dimulai dengan membuat sketsa, jadi tidak langsung jadi, harus berporses dimulai dari pembuatan sketsa. Sketsa dibuat dengan cara menggambar ringan menggunakan pensil, sehingga tidak menghasilkan banyak kesalahan dan gampang memperbaikinya jika terjadi. Setelah itu kita bisa menebalkan garis-garis sketsa dengan pensil atau tinta.

4. Gambar dengan rinci dan berhati-hati

Gambarlah dengan rinci dan perbaiki hasil sketsa yang tidak sesuai keinginan, buas serealistis mungkin.

5. Menambahkan unsur lingkungan

Unsur lingkungan ditambahkan pada gambar misalnuya lingkungan alam seperti gunung, sungai dll. anda dapat menambahkan unsur alam lain yang terdapat di sawah misalnya, seperti gubuk, pengairan, burung terbang, dll. Untuk menggambar kawanan kuda, anda dapat menambahkan padang rumput, misalnya.

Bila memasukkan unsur  manusia, usahakan menyerupai manusia secara proporsional sehingga gambar yagn dihasilkan lebih realistis.

6. Memberi pewarnaan pada gambar sketsa

Langkah terakhir dalam menggambar imajinatif adalah memberikan sentuhan warna yang sesuai pada gambar supaya lebih hidup dan mempunyai nilai estetis.

Tips menggambar imajinatif

  1. Memahami bahwa karya seni tidak seluruhnya harus realistis.
  2. Sebisa mungkin rileks ketika menggambar, misalnya bisa sambil mendengarkan musik dikala menggambar.
  3. Berpindah lokasi apabila bosan dan tidak mendapatkan inspirasi.
  4. Menggambar sedikit demi sedikit, jagnan tergesa-gesa ataupun memaksakan diri harus selesai secara cepat.

CONTOH GAMBAR IMAJINATIF DAPAT ANDA LIHAT PADA LINK BERIKUT INI
GAMBAR RUMAH UNTUK ANAK SD 

Contoh gambar imajinasi anak sd kelas 2, pengertian gambar imajinatif, cara membuat gambar imajinatif
sketsa daun

Contoh gambar imajinasi anak sd kelas 2, pengertian gambar imajinatif, cara membuat gambar imajinatif
sketsa gagak

Contoh gambar imajinasi anak sd kelas 2, pengertian gambar imajinatif, cara membuat gambar imajinatif
sketsa manusia

Contoh gambar imajinasi anak sd kelas 2, pengertian gambar imajinatif, cara membuat gambar imajinatif
sketsa rumah

Contoh gambar imajinasi anak sd kelas 2, pengertian gambar imajinatif, cara membuat gambar imajinatif
sketsa payung


Akhir kata

Demikianla ulasan rifanfajrin tetnang pengertian gambar imajinatif, cara membuat gambar imajinatif, dan contoh gambar imajinatif untuk anak sd kelas 2. semoga bermanfaat.