CARA MENGATASI GOOGLE DRIVE LIMIT DENGAN MODIFIKASI URL

rifanfajrin.com - cara mengatasi google drive limit dengan modifikasi url
google drive
icon google drive

PENGERTIAN GOOGLE DRIVE

Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud yang diluncurkan oleh Google pada April 2012. Layanan ini memudahkan kita untuk menyimpan file melalui internet sehingga dokumen-dokumen penting yang kita simpan tidak akan hilang selama kita tidak kehilangan akses berupa username dan password Google kita.

Google Drive selama ini memang menjadi andalan saya dalam menyimpan file file secara online. Sebab kapasitas hardisk pada laptop yang limited membutuhkan layanan penyimpanan tambahan. Google Drive hadir untuk menawarkan solusi atas keterbatasan drive pada laptop kita. Google Drive secara otomatis akan melakukan sinkronisasi dengan beberapa layanan Google lain seperti YouTube, Gmail, hangout, Google foto, Google news, maps, dll.

FITUR-FITUR GOOGLE DRIVE

Google Drive memiliki fitur yang komplit. Selain terintegrasi dengan produk Google yang lain, Google Drive memiliki beberapa fitur yang menarik. Diantaranya:

  1. Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB untuk free license, dan 30 GB untuk premium
  2. Sharing and privacy hak akses, yaitu fitur yang memungkinkan kita untuk dengan orang lain dalam mengelola sebuah file. Caranya cukup dengan memasukkan email partner pada isian form sharing
  3. Fitur search file, memungkinkan kita untuk mencari file berdasarkan format, berdasarkan pemilik file, tanggal modifikasi, bahkan terdapat fitur auto correct pada search apabila kita salah dalam mengetik pencarian.
  4. Fitur penerjemah dokumen yaitu sebuah fitur yang langsung terhubung dengan Google translate. Kita tinggal memasukkan file dokumen yang tersedia pada Google Drive, kemudian dengan mengklik menu tools dan memilih translate dokumen ke bahasa yang diinginkan.
  5. Convert PDF to text, caranya adalah dengan membuka file PDF pada Google Drive kemudian klik download as Microsoft word. Secara otomatis file akan didownload berformat .docx dan memudahkan kita untuk mengeditnya
  6. Revision history, memungkinkan kita untuk melihat history revisi yang telah diedit. Fitur ini mampu melakukan restore dokumen sesuai dengan tanggal modifikasi.

MASALAH LIMIT GOOGLE DRIVE

Salah satu kendala yang mengganggu bagi pengguna Google Drive adalah limited access download. Sebagaimana disampaikan di atas bahwa benefit penyimpanan gratis hanya sebesar 15 GB. Ketika limited access sudah penuh maka muncul pesan, maaf anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang.
Permasalahan lain yang terjadi adalah apabila file yang tersimpan telah diunduh dan dilihat oleh terlalu banyak orang maka Google Drive akan memberitahu untuk mencoba melihat atau mendownload pada lain waktu. sebab drive menetapkan limit seberapa sering sebuah file dapat didownload, sedangkan limit ini akan di-reset oleh Google Drive setiap 24 jam.

CARA MENGATASI

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi limit google drive adalah dengan MEMODIFIKASI URL. Cara ini dapat dilakukan dengan melakukan sedikit perubahan terhadap url-nya. Modifikasi ini bertujuan supaya kita bisa menduplikat file Google Drive kemudian mendownloadnya seperti biasa meskipun sudah mencapai batas limit download. 
Adapun cara melakukan modifikasi adalah sebagai berikut:

1. Edit url file DRIVE yang akan diunduh, dengan menghapus bagian '& export=download', 



2. mengganti bagian 'uc' menjadi 'open', tekan enter

3. Klik ikon 'Add to My Drive' untuk memindahkan file yang akan didownload ke My Drive, hingga ikon-nya berubah


4. Klik ikon 'Folder', kemudian klik menu 'My Drive'.



5. Pada halaman akun Google Drive, klik kanan pada file tersebut kemudian pilih menu 'Buat Salinan'.



6. Klik kanan pada file salinan tersebut, lalu pilih 'Download'.



Akhir Kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang cara mengatasi google drive dengan melakukan modifikasi url, sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan menggunakan generator (trik untuk handphone). semoga bermanfaat.
close