Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SEJARAH SUKU ABORIGIN

rifanfajrin.com - sejarah suku aborigin

Pengertian Suku Aborigin

Suku aborigin berasal dari negara Australia. Dapat pula dikatakan bahwa suku aborigin merupakan sebutan khas penduduk asli benua Australia. Asal kata aborigin berasal dari bahasa latin yaitu aborigine yang berarti awal dan diperuntukkan untuk penduduk yang sejak awal tinggal di suatu wilayah tertentu atau pulau tertentu. Dengan demikian istilah aborigine memiliki persamaan arti dengan pribumi

Sebelum bangsa Eropa datang ke Australia, suku aborigin merupakan suku yang mendominasi daratan Australia. Namun semenjak kedatangan bangsa kulit putih tersebut, keberadaan mereka mulai terdesak. Mereka ber nasib mirip dengan suku Indian di Amerika, terasing, terpinggirkan, terdesak, bahkan diburu dan hampir punah akibat kedatangan bangsa asing.

Asal-usul suku aborigin

Orang aborigin diklaim memiliki fisik yang mirip dengan orang irian di Indonesia. fakta tersebut mengilhami munculnya teori bahwa orang aborigin merupakan turunan perantau dari irian, mereka tiba di benua itu sekitar 50.000 tahun yang lalu. Mereka memiliki ciri fisik yang lebih kecil dan pendek daripada orang irian, warna kulit mereka gelap kemerah-merahan. 

Pendapat lain menunjukkan bahwa nenek moyang orang aborigin datang ke benua Selatan menggunakan rakit. Orang aborigin sudah mendiami Australia selama 70.000 tahun yang lalu.

Beberapa fakta yang menarik tentang suku aborigin

1. MEMILIKI JIWA SENI YANG CUKUP TINGGI

Suku aborigin adalah suku yang memiliki cita rasa seni yang sangat tinggi. Sebagaimana masyarakat prasejarah lainnya, mereka dulu dikenal sebagai suku yang pandai membuat lukisan pada dinding gua dan kulit binatang.
lukisan dinding gua suku aborigin
karya seni suku aborigin

Tidak hanya itu, mereka juga mahir dalam pembuatan karya seni pahat. Saat ini karya-karya mereka dapat disaksikan di berbagai museum seni suku aborigin yang dipamerkan di Australia.

2. MEMILIKI BAHASA YANG HAMPIR PUNAH

Suku aborigin dikenal sebagai suku yang yang memiliki lebih dari 250 bahasa. Namun seiring dengan berjalannya waktu, bahasa yang mereka miliki semakin lama semakin punah. saat ini tersisa kurang lebih 70 bahasa suku aborigin yang masih digunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pemerintah Australia saat ini berusaha untuk melestarikan bahasa suku aborigin dengan cara memasukkan ke dalam kurikulum pendidikan mereka. Hal ini diupayakan supaya suku aborigin tetap memiliki bahasa yang lestari.

3. MEMILIKI BATU KERAMAT BERNAMA ULURU

Uluru atau biasa disebut sebagai Ayers rock merupakan batu yang dikeramatkan oleh suku aborigin. Batu tersebut merupakan sebuah batu yang berukuran besar yang dipercaya merupakan asal muasal kehidupan bagi suku aborigin. Kehidupan mereka konon berasal dari batu tersebut yang bernama Uluru. Bangsa aborigin sangat menjaga kelestarian batu tersebut. 
uluru ayers rock
Uluru Ayers Rock

Sayangnya, saat ini banyak turis yang tidak ikut menjaga kelestarian dan kekeramatan batu tersebut. Mereka melecehkan dengan mendaki Uluru, telah terdapat larangan bagi para turis untuk mendaki batu keramat tersebut.

akhir kata

Demikianlah pembahasan rifanfajrin tentang sejarah suku aborigin di Australia, semoga bermanfaat.