Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

APA YANG TERJADI SETELAH UANG LOGAM DILEMPAR KE ATAS?

Rifanfajrin.com- Apa yang terjadi setelah uang logam dilempar ke atas? 


Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Jumpa lagi dengan rifanfajrin untuk mengulas kunci jawaban tema 7 kelas 4 halaman 98. Materi tersebut berkaitan dengan pembelajaran 1 sub tema 3 tentang Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku.

Terdapat tiga pertanyaan penting yang diajukan, yaitu:

  1. Apa yang terjadi setelah uang logam dilempar ke atas?
  2. Mengapa hal itu bisa terjadi? 
  3. Bagaimana seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas? 

Nah, pada materi sebelumnya telah diulas tentang gaya magnet yang dimanfaatkan misalnya untuk pembuatan teknologi kompas.Apa itu kompas? Sebuah alat yang berfungsi sebagai penunjuk arah utara dan selatan. Di dalam kompas terpasang sebuah magnet berbentuk jarum. Adapun penggunaan magnet adalaha dengan meletakkannya secara mendatar, maka jarum kompas akan selalu menunjuk arah utara dan selatan.

Setelah memahami bahwa jarum kompas selalu menunjuk arah utara selatan, pada materi kali ini kita akan bahas bagaimanakah arah benda jika dijatuhkan dari ketinggian tertentu? 

Untuk mendapatkan jawabannya, mari lakukan kegiatan berikut.

Ayo Mencoba!

  1. Siapkan sebuah uang logam.
  2. Silahkan menuju ke luar kelasmu, ke halaman sekolah atau lapangan yang lebih luas.
  3. Peganglah uang logam yang telah kamu siapkan tadi.
  4. Kemudian lemparkan kuat-kuat uang logam tersebut ke atas. 
  5. Berhati-hatilah ketika melempar, jangan sampai lemparanmu mengenai temanmu karena tentnu akan merasa sakit jika kejatuhan uang logam. 
  6. Perhatikanlah apa yang terjadi setelah kamu melempar uang logam itu? 
  7. Catatlah hasil dari kegiatanmu.
  8. Ulangi percobaan lemparan sebanyak lima kali.

Ayo Berdiskusi!

Diskusikanlah bersama dengan teman anggota kelompokmu, bagaimanakah hasil pengamatanmu dari kegiatanmu melempar uang logam ke atas tersebut. Kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Apa yang terjadi setelah uang logam dilempar ke atas? 

Jawaban: 

Uang logam yang dilempar ke atas sebanyak 5 kali tersebut, memiliki hasil yang sama. Yaitu uang logam selalu jatuh kembali ke bawah. 

2. Mengapa hal itu bisa terjadi? 

Jawaban: 

Uang logam yang dilempar ke atas dan jatuh kembali ke bawah disebabkan karena adanya gaya gravitasi bumi.  

Adapun pembahasan soal nomor 3 dan 4 adalah sebagai berikut: 

3. Bagaimana seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas?

jawaban:
Semua benda yang dilemparkan ke atas akan selalu jatuh kembali ke tanah, jadi meskipun uang logam diganti dengan bola, pensil, penghapus dan kertas, maka hasilnya akan selalu sama, yaitu benda benda tersebut akan jatuh ke bawah setelah dilemparkan ke atas.

4. Selanjutnya, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Jawaban:

Setiap benda yang dilemparkan ke atas, selalu akan jatuh kembali ke bawah. hal ini dikarenakan adanya gaya gravitasi bumi. 

Gaya Gravitasi, seringkali disebut sebagai hukum gravitasi universal yang dikemukakan oleh izaac newton. Konon Newton memikirkan gaya gravitasi tersebut diilhami oleh buah apel yang jatuh dari pohonnya ke bawah. Pemikiran  Newton, menyatakan bahwa bulan dan apel jatuh ke bumi dengan gaya tarik yang sama yaitu gaya gravitasi.

Bumi sebagai penyebab gravitasi akan menarik semua benda disekitarnya. Secara umum hukum gravitasi berlaku sama untuk semua benda atau kita sebut partikel di seluruh jagat raya. 

Hukum gravitasi menyatakan "Semua partikel di jagat raya ini menarik semua partikel lain dengan gaya yang sebanding lurus dengan hasil kali massa patikel-partikel itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak diantaranya. Gaya ini bekerja sepanjang garis yang menghubungkan kedua partikel".

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD/MI pada buku tematik siswa halaman 98. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kalian.  Terimakasih, tetap semangat dan selamat belajar ya!