Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

APA MANFAAT ENERGI BAGI TUBUH

rifanfajrin.com - apa manfaat energi bagi tubuh

makan makanan bergizi

Manusia membutuhkan energi, apabila dalam tubuh tidak terdapat energi bisa dipastikan tubuh kita akan lemas. Energi dalam tubuh manusia diperoleh makanan dan minuman yang diasup. Oleh sebab itu, asupan makanan dan minuman haruslah memenuhi kebutuhan energi tubuh kita.

Nah sekarang kalian tahu kan pentingnya energi? Lalu apa saja manfaat energi bagi tubuh? Rifanfajrin akan mengulas  apa manfaat energi bagi tubuh. Energi akan mendorong tubuh kita untuk mampu melakukan berbagai aktivitas/kerja tubuh yang mana tubuh manusia sangat memerlukan energi untuk bisa mempertahankan kehidupan. 

Berikut beberapa manfaat energi bagi tubuh manusia: 

Metabolisme Makanan 

Energi layaknya bahan bakar pada mesin. misalnya mesin motor, motor tidak akan dapat digerakkan tanpa adanya bensin. Bensin itulah yang disebut energi pada mesin motor. 

Begitupun tubuh manusia, sistem organ tidak dapat bekerja tanpa energi sebagai "bahan bakar". Metabolisme makanan merupakan proses tubuh mengolah dan mencerna makanan dan minuman menjadi energi. Proses metabolisme dilakukan oleh organ-organ yang berfungsi untuk melakukan aktivitas metabolisme tadi.

Metabolisme makanan membutuhkan setidaknya 10 persen dari total energi yang dimiliki tubuh hasil makanan sebelumnya. 

Aktivitas Fisik 

Manusia akan senantiasa beraktivitas fisik, baik ringan maupun berat semuanya membutuhkan energi sebagai bahan bakarnya. beberapa aktivitas seperti berbicara, mengekspresikan wajah, mengangkat tangan, berjalan, bahkan berkedip membutuhkan energi. 

Aktivitas fisik adalah satu-satunya penggunaan energi yang dapat dikontrol secara sadar oleh otak manusia. sebagai contoh kita tidak boleh terlalu capek karena sedang sakit, maka kita akan menghemat aktivitas fisik yang berarti menghemat energi yang kita gunakan. Kita juga dapat menggunakkan sangat banyak energi seperti saat kita memutuskan untuk berlari lebih kencang atau mengangkat beban yang sangat berat. Semakin keras kerja otot, maka akan semakin banyak energi yang digunakan untuk membuatnya terjadi. 

Beristirahat 

Istirahat ternyata juga membutuhkan energi. tidur, beristirahat membutuhkan energi karena organ-organ tubuh kita tetap bekerja sesuai fungsinya. 

Tubuh menggunakan 50% sampai dengan 80% energi untuk mempertahankan fungsi vital tubuh saat beristirahat. Energi itulah yang mneyebabkan otot mampu berkontraksi atau berelaksasi. Energi akan memompa darah dengan cara menggerakkan jantung oleh otot. 

Oleh karenanya, saat tidur jantung tetap dapat berdetak, darah tetap mengalir, kita tetap bernafas, dan semua organ dalam kita tetap bekerja dengan baik. Tanpa memiliki energi, akan berakbat fatal. bisa saja saat tidur, organ vital dapat gagal bekerja dan menyebabkan kematian pada tubuh. 

Pertumbuhan dan Perkembangan 

Manusia dapat tumbuh dan berkembang, dimulai ketika bayi yang tidak mampu bicara, hingga menginjak remaja, ditentukan oleh sel-sel tubuh yang bertambah dan juga terdiferensiasi karena memiliki cukup energi. seorang Bayi akan cepat besar dan berkembang menjadi anak yang cerdas ketika asupan makanannya mengandung cukup kebutuhan energi. sebaliknya anak yang mengonsumsi makanan rendah energi, mungkin tumbuh lebih lambat dibandingkan anak seumurannya. 

Berpikir 

Berpikir merupakan aktivitas yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Kemampuan berpikir adalah perilaku khas manusia. Karena kemampuan berpikir inilah manusia menempati puncak rantai makanan dalam pelajaran ipa. Banyak makhluk misalnya hewan yang lebih besar dari manusia namun karena kemampuan berpikirnya, manusia mampu menjinakkan hewan hewan tersebut. bahkan mampu mengolah isi perut bumi untuk kebutuhan umat manusia yang lebih luas. 

Berpikir adalah kegiatan vital bagi manusia yang membutuhkan begitu banyak energi. 20 persen energi yang dikonsumsi tubuh akan digunakan untuk kegiatan berpikir. Otak dan sistem saraf membutuhkan energi untuk dapat mengantar impuls (sinyal listrik tubuh) dari otak ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke otak. 

Reproduksi 

Kegiatan manusia lainnya yang membutuhkan energi adalah proses reproduksi. Energi dibutuhkan untuk pembentukkan sel telur, proses pembuahan, dan proses menstruasi, dll. Kehamilan membutuhkan energi yang cukup besar untuk membentuk janin dengan tubuh yang sempurna. Kebutuhan energi untuk membentuk janin inilah yang membuat ibu hamil makan lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil. Proses selanjutnya setelah janin terbentuk dengan sempurna adalah melahirkan. Melahirkan membutuhkan sangat banyak energi terutama pada kelahiran normal.  

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang apa manfaat energi bagi tubuh semoga bermanfaat ya.