Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SD TENTANG RUKUN IMAN

 Rifanfajrin.com - materi pendidikan agama islam kelas 1 SD tentang rukun iman

materi pendidikan agama islam kelas 1 sd

Allah Subhanahu wataala adalah dzat yang menciptakan semua makhluk. Allah SWT dzat yang menciptakan manusia dan segala yang ada di langit dan di bumi. Allah menciptakan bumi, gunung, laut, matahari, hewan, manusia, pohon dan lain-lain. 

Kita sebagai manusia yang beriman haruslah percaya pernyataan di atas. Allah SWT adalah dzat yang mengawasi semua yang kita kita lakukan. Apabila kita meyakini dan mengimani pernyataan di atas, maka itulah yang disebut dengan Iman. Manusia yang beriman harus mempercayai rukun iman yang enam yaitu: percaya kepada Allah, malaikat, kitab, rasul, kiamat, dan qada qadar.

MEYAKINI KEESAAN ALLAH 

Pengertian Ke-esa-an Allah

Allah maha esa, artinya Allah itu tunggal. Tiada tuhan selain Allah, Tuhan seru sekalian alam. Tuhan itu hanyalah Allah SWT. Allah adalah satu-satunya Tuhan yang patut disembah. Allah SWT maha menciptakan segala yang ada di langit dan bumi. Ciptaan Allah adalah antara lain jagad raya meliputi gunung, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Manusia membuat dan mengolah benda-benda ciptaan Allah. Manusia mengolah benda-benda seperti kayu sebagai bahan membuat meja, kursi, meubelair, kusen, rumah, dll.  

Kayu berasal dari pohon yang diciptakan oleh Allah SWT. Manusia membuat rumah berbahan batu bata, sedangkan batu bata terbuat dari tanah yang diciptakan Allah SWT.

RUKUN IMAN

Pengertian iman

Iman berarti percaya atau meyakini baik lisan, maupun hati yang terdalam. Iman adalah keyakinan seseorang akan keesaan dan kuasa Allah SWT.

Manusia yang beriman memiliki sifat:

1.  Yakin akan keesaan Allah SWT

2.  Tidak pernah meninggalkan sholat lima waktu

3.  Mentadaburi Alquran (mengkaji, mempelajari, dan mengamalkan alquran)

Pengertian rukun iman

Rukun iman berarti artinya segala sesuatu yang wajib diyakini di dalam hati, diikrarkan secara lisan, dan dilakukan dalam perbuatan. Seorang yang mengaku beriman wajib percaya adanya Allah, malaikat, kitab, rasul, kiamat, dan qada qadar.

Makna dari rukun iman adalah manusia wajib meyakini Allah dan bahwa Nabi dan Rasul adalah manusia utusan Allah, yang diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira. 

Beriman kepada Nabi dan Rasul berarti percaya segala ajarannya baik dari lisan maupun mengkuti jejak suri tauladan Nabi dan Rasul.

Sebutan bagi laki-laki yang beriman adalah mukmin. Sebutan bagi banyak laki-laki (jamak) yang beriman disebut mukminiin. adapun perempuan yang beriman disebut mukminah, sedangkan sebutan bagi banyak perempuan (jamak) yang beriman disebut mukminaat.

RUKUN IMAN 

Berikut adalah isi dari rukun iman yang enam;

1.  Iman kepada Allah

2.  Iman kepada malaikat Allah

3.  Iman kepada kitab-kitab Allah

4.  Iman kepada nabi dan rasul Allah

5.  Iman kepada hari kiamat

6.  Iman kepada qada dan qadar

PEMBAHASAN ENAM RUKUN IMAN

1. Iman kepada Allah

Iman kepada Allah artinya percaya dan yakin adanya Allah. Yakin tiada tuhan selain Allah. Tuhan itu satu yaitu Allah

2.  Iman kepada malaikat Allah

Iman kepada malaikat berarti percaya dan yakin adanya malaikat-malaikat yang sifatnya gaib (tidak terlihat oleh mata manusia). Gaib berarti tidak nampak oleh mata. Malaikat diciptakan dari cahaya. Malaikat memiliki sifat selalu taat kepada  perintah Allah. 

Jumlah malaikat yang wajib diketahui ada sepuluh , diantaranya adalah sebagai berikut:

1.     Jibril bertugas menyampaikan wahyu

2.     Mikail bertugas menyampaikan rizki

3.     Izrail bertugas mencabut nyawa

4.     Israfil bertugas meniup sangkakala

5.     Munkar bertugas menanyai di alam kubur

6.     Nakir bertugas menanyai di alam kubur

7.     Rakib bertugas mencatat amal baik

8.     Atid bertugas mencatat amal buruk

9.     Malik bertugas menjaga neraka

10.   Ridwan bertugas menjaga syurga

3.  Iman kepada kitab-kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah artinya percaya bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab. Kitab-kitab Allah merupakan petunjuk hidup manusia. Kitab suci umat islam adalah al-qur’an. Al-qur’an adalah pedoman hidup agar selamat dunia dan akhirat.

Empat kitab Allah

1.     Kitab taurat diturunkan kepada nabi musa

2.     Kitab zabur diturunkan kepada nabi daud

3.     Kitab injil diturunkan kepada nabi isa

4.     Kitab al-qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad

4.  Iman kepada nabi dan rasul Allah

Iman kepada nabi dan rasul Allah artinya percaya dan yakin bahwa Allah telah mengutus nabi dan rasul. Nabi dan rasul bertugas menyampaikan kebenaran pada manusia. Rasul yang wajib diimani dan diketahui oleh kita berjumlah dua puluh lima nabi (rasul). 

5.  Iman kepada hari kiamat

Iman kepada hari kiamat artinya percaya terjadinya hari kiamat. Kiamat adalah peristiwa hancurnya seluruh alam.

6.  Iman kepada qada dan qadar

Iman kepada qada dan qadar artinya percaya akan seluruh ketentuan Allah yang diberikan kepada kita. Semua peristiwa atas ketentuan Allah. Manusia harus berusaha dan berdoa tetapi Allah yang akan menentukan hasilnya. Ikhtiar menentukan keberhasilan kita, apabila kita ingin menjadi seorang yang pandai maka kita harus rajinbelajar, atau jika kita ingin menjadi seorang yang kaya, maka harus bekerja dengan giat.

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan tentang rukun iman, semoga bermanfaat.