Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PERBEDAAN PANAS DAN SUHU KELAS 5 SD

Rifanfajrin.com - perbedaan panas dan suhu kelas 5 sd

ilustrasi panas dan suhu

Pengetian Panas dan Suhu

Panas atau biasa disebut kalor dan suhu adalah dua hal yang sama sekali berbeda. 

Energi panas merupakan salah satu bentuk energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

Suhu atau temperatur dapat diartikan besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda (biasanya berupa angka). 

Suhu suatu benda, menunjukkan tingkat energi panas pada benda tersebut. Adapun satuan  yang digunakan di Indonesia adalah derajat celcius (°C).

Mengutip Energy Education, panas adalah besaran yang dinyatakan dalam banyaknya energi dan memiliki satuan joule (J) dan kalori (cal). Sedangkan temperatur atau suhu adalah besaran yang menyatakan energi kinetik rata-rata molekul dalam suatu zat dan memiliki satuan kelvin, celsius, Fahrenheit, atau reamur. 

Panas / kalor akan senantiasa bernilai positif atau tidak sama sekali, sedangkan temperatur /suhu dapat bernilai positif dan dapat pula bernilai negatif. 

Secara internasional panas /kalor dilambangkan dengan “Q” dan temperatur /suhu dilambangkan dengan “T”.

Menurut KBBI

menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, panas adalah rasa seperti terbakar karena bersuhu relatif tinggi. Sedangkan suhu merupakan ukuran kuantitatif terhadap temperatur seperti panas dan dingin yang dapat diukur dengan sebuah alat bernama termometer.

Simpulan dari pengertian di atas adalah bahwa panas adalah energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda, sedangkan suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.

Alat yang digunakan untuk mengukur suhu disebut termometer. Sedangkan dalam perbandingan yang lain energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan atau dilepaskan oleh suatu benda. Satuan panas biasanya dinyatakan dalam bentuk kalori dan diukur dengan kalorimeter.

perbedaan antara Panas dan Suhu

Berikut merupakan beberapa perbedaan antara panas dan suhu:

  1. Panas adalah salah satu bentuk energi sedangakan Suhu adalah besaran
  2. Panas dapat diukur menggunakan kalorimeter sedangkan Suhu dapat diukur menggunakan termometer
  3. Satuan panas adalah kalori sedangakan Satuan suhu adalah derajat Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin
  4. Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya sedangkan Suhu tidak dapat berpindah, namun bisa naik dan turun
  5. cara kerja Alat Ukur. Alat ukur Temperatur dapat diukur dengan thermometer dengan melakukan pengukuran langsung. Alat termometer akan langsung menunjukkan temperatur suatu benda. Sedangkan panas dapat diukur dengan sebuah alat bernama kalorimeter. Kalorimeter dapat melakukan pengukuran secara tidak langsung. Artinya kalorimeter mengukur panas melalui perhitungan terlebih dahulu.

Akhir kata

Demikian artikel seingkat tentang perbedaan panas dan suhu untuk kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.