2 CONTOH PEMUAIAN BENDA KARENA PERUBAHAN SUHU DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

 Rifanfajrin.com - 2 contoh pemuaian benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari hari

2 contoh pemuaian benda
jembatan besi, dirancang khusus


Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai peristiwa-peristiwa yang dipengaruhi oleh suhu. Pada artikel kali ini Rifan Fajrin akan membahas tentang perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari. 

sebelumnya perlu diketahui dulu bahwa pemuaian berkebalikan dengan penyusutan. adapun pemuaian dan penyusutan menjadi dua peristiwa yang paling sering terjadi pada berbagai zat kimia, bahan kimia maupun benda-benda yang ada di sekitar kita. 

Pemuaian yang terjadi apabila terjadi perubahan suhu dari rendah ke suhu yang tinggi. 

Sebaliknya penyusutan terjadi apabila terjadi perubahan suhu dari suhu tinggi ke suhu yang rendah. 

Biasanya pemuaian dan penyusutan terjadi pada tiga jenis bahan yaitu bahan cair, bahan padat, dan bahan gas. 

Adanya perubahan suhu yang senantiasa berubah memungkinkan terjadi pemuaian dan penyusutan secara cara bergantian. 

Biasanya pemuaian menyebabkan terjadinya pertambahan panjang luas dan volume.

PENGERTIAN PEMUAIAN

pemuaian bisa diartikan sebagai serangkaian peristiwa pertambahan ukuran benda yang terjadi karena adanya pengaruh perubahan suhu atau disebabkan karena benda tersebut mengalami paparan panas. 

peristiwa pemuaian sendiri dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  • 1. pemuaian panjang yaitu pertambahan ukuran panjang suatu benda akibat benda tersebut menerima panas atau kalor.
  • 2. Pemuaian luas yaitu suatu peristiwa pertambahan ukuran luas suatu benda akibat benda tersebut menerima panas atau kalor. 
  • 3. Pemuaian volume, yaitu pertambahan ukuran benda dikarenakan benda tersebut menerima panas atau kalor. 

PENGERTIAN PENYUSUTAN

Sedangkan penyusutan diartikan sebagai proses pengurangan ukuran benda yang disebabkan karena adanya perubahan suhu atau menerima suhu dingin sehingga terjadi perubahan pengurangan ukuran dari ukuran yang semula.

CONTOH PEMUAIAN DAN PENYUSUTAN

1. Kaca jendela

2 contoh pemuaian benda


pemuaian dan penyusutan kaca jendela merupakan contoh yang paling sering muncul dan paling umum untuk menjelaskan tentang peristiwa pemuaian dan penyusutan. 

Kaca jendela yang terkena panas akan mengalami perubahan suhu. Pada keadaan tertentu kaca jendela juga terkena air hujan sehingga mengalami perubahan suhu juga. Ukuran yang berubah pada kaca bila biasanya adalah ukuran luasnya yang berubah ketika terjadi peristiwa pemuaian dan penyusutan. 

Pada kondisi suhu yang dingin akibat terkena curah hujan yang tinggi maka kaca jendela akan menyusut. Hal ini disebabkan koefisien muai kaca ternyata lebih besar atau lebih tinggi daripada koefisien muai kayu. 

Sementara itu pada saat cuaca panas maka menyebabkan suhu kaca menjadi tinggi sehingga akan menyebabkan terjadinya proses pemuaian dan pertambahan luas sehingga kaca jendela terlihat sangat rapat pada kusen kayu.

2. konstruksi baja jembatan

Baja jembatan adalah sebuah konstruksi yang disusun sedemikian rupa sehingga tetap aman apabila terjadi perubahan suhu baik panas maupun dingin. Mengapa? Karena seorang arsitek yang merancang jembatan tersebut pastilah mempertimbangkan tentang fenomena pemuaian pada baja. 

konstruksi jembatan yang tersusun dari bahan besi atau baja sangat memungkinkan terjadi pemuaian dan penyusutan. oleh sebab itu dalam penyusunannya jembatan dibuat dengan memiliki celah pada ada sambungan sambungan besi maupun baja tersebut. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya lingkungan atau bahkan patah ketika terjadi perubahan suhu yang meningkat. Celah tersebut menjadi sangat penting pada konstruksi jembatan untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan yaitu patah dan melengkung yang menyebabkan terjadinya kecelakaan pada pengguna atau pengendara yang melewati jembatan tersebut.

AKHIR KATA

itulah dua contoh tentang pemuaian benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari disertai dengan pengertian pemuaian dan penyusutan semoga beranfaat.


close