CEGAH DEMAM BERDARAH DENGAN LIMA OBAT ALAMI

Demam berdarah saat ini kembali mewabah. Penyebabnya, curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan pesatnya perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah. Di berbagai daerah telah menimbulkan banyak korban dirawat di rumah sakit. Tidak jarang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Mewabahnya demam berdarah di berbagai daerah harus dapat dicegah dengan melakukan berbagai antisipasi, misalnya dengan gerakan 3 M. Hal ini menjadi penting mengingat saat ini konon belum ditemukan obat yang pasti untuk penyakit demam berdarah. Meskipun selalu ada penanganan dari dokter supaya penderita DB tidak menurun kondisi kesehatannya. Biasanya, dokter akan menyarankan Anda mengonsumsi obat seperti acetaminophen atau aspirin untuk mengatasi beberapa gejala seperti demam, pereda nyeri, dan untuk meredakan pendarahan.

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue dan ditularkan pada manusia melalui nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah atau DBD bisa membuat trombosit atau sel darah putih di tubuh Anda menurun drastis, dan membuat perdarahan internal yang bisa merusak organ atau  sel jaringan tubuh sehat.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba beberapa obat alami ataupun herbal untuk mempercepat proses penyembuhan DBD.

Mari simak, obat demam berdarah alami yang bisa Anda gunakan di bawah ini.

1. Jus jambu biji
Jus Jambu Biji


Buah jambu biji memiliki trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat memicu pembentukan keping darah baru. Lalu, karena pasien demam berdarah sebaiknya makan makanan atau minuman yang mudah dicerna, sebaiknya proses dulu jambu biji jadi jus yang lembut. Kandungan airnya juga baik untuk mencegah dehidrasi.

Jambu biji kaya akan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur. Quercetin dapat menekan pertumbuhan virus dengue dalam tubuh pasien DBD. Maka, jangan lewatkan manfaat jambu biji ini untuk melawan infeksi virus secara alami.

2. Angkak

Sudah banyak berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mengenai angkak sebagai obat demam berdarah alami. Perlu diketahui, angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Sebuah penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalam darah yang rendah).

Seperti yang kita tahu bahwa pasien DBD mempunyai kadar trombosit yang rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak yang dapat membantu peningkatan kadar trombosit, maka pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.

3. Echinacea

Echinacea merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang umumnya digunakan untuk mengobati demam dan flu pada masyarakat Amerika bagian Utara. Menurut Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan, sebagai reaksi terhadap serangan bakteri dan virus. Maka dari itu, echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani infeksi virus, termasuk virus dengue.

4. Daun pepaya
buah pepaya
DAUN PEPAYA


Dua peneliti dari India telah meninjau laporan-laporan penelitian yang telah dilakukan dan mendapatkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan angka trombosit dalam darah seseorang yang mengalami demam berdarah dengue. Ini diduga karena daun pepaya dapat membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

Anda bisa menggunakan 50 gram daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami dengan cara mencucinya dahulu menggunakan air hingga bersih. Setelahnya, tumbuk daun hingga halus, namun jangan sampai menjadi bubuk. Lalu, Anda bisa mencampurkan air dan peras air tumbukan daun pepaya. Minum air daun pepaya sebanyak 3 kali dalam sehari.

5. Makan buah atau sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C

Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. ini membantu dalam perbaikan, pertumbuhan dan perkembangan jaringan sel tubuh. Pentingnya lagi, vitamin C daoat memberi kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.

Anda bisa mengonsumi buah seperti jambu, lemon, jeruk, pepaya, stroberi, kiwi dan mangga untuk membantu proses penyembuhan DBD. Sedangkan sayuran kaya vitamin C yang bisa dikonsumsi saat terkena DBD adalah, kubis, brokoli, kembang kol, dan labu kuning.

close