Widget HTML Atas

Bahan Dasar Pakaian - Materi Pelajaran Kelas 3 Tema 7

Bahan Dasar Pakaian


Bahan Dasar Pakaian - Pakaian sangat penting bagi manusia. Pakaian atau yang disebut dengan sandang, merupakan salah satu dari tiga kebutuhan dasar manusia selain pangan (makanan) dan papan (rumah/tempat tinggal). Bagi manusia, pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh dari kotoran, debu, udara panas, dan udara yang dingin.

Bermacam-macam jenis pakaian digunakan untuk fungsi/kegunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pakaian dibuat dengan bahan dasar yang berbeda pula. Pada saat udara panas, sebaiknya kita mengenakan pakaian yang menyerap keringat, nyaman, misalnya kaos. Bahan dasar pembuatan kaos adalah kain katun yang berasal dari serta kapas. Bahan katun ini sangat cocok digunakan saat udara panas karena katun memiliki sifat dingin, sejuk, dan mudah menyerap keringat.

Jika udara sedang terasa dingin, sebaiknya kita gunakan baju hangat seperti jaket dan sweater. Sweater dibuat dari bahan wol. Bahan wol berasal dari bulu domba.

Bahan Dasar Pakaian
Pakaian dari wol


Selain bahan katun dan wol, ada juga bahan sutra. Bahan sutra memiliki sifat mengkilat dan sangat halus. Oleh karena itulah, pakaian yang dirancang sebagai pakaian pesta banyak dibuat dengan bahan dasar sutra. Bahan dasar sutra ini berasal dari kepompong ulat sutra.

Pakaian juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari air hujan, misanya adalah jas hujan. Sesuai dengan fungsinya, jas hujan harus kedap air (tidak tembus air). Berbeda denganbahan wol, katun, atau sutra yang berasal dari bahan alam, jas hujan ini berasal dari bahan sintetis. Jas hujan dibuat dari bahan karet, atau ada juga jas hujan yang dibuat dengan bahan plastik (PVC).

Untuk lebih mudah dalam memahami beragam jenis bahan dasar pakaian beserta sifat-sitatnya, berikut ini adalah tabel beberapa jenis bahan dasar pembuat pakaian.

Tabel Jenis Bahan Dasar Pembuat Pakaian

No.
Jenis bahan dasar
Sifat bahan
Dibuat dari
1.
Bahan katun
Dingin, sejuk, dan menyerap keringat
Serat kapas
2.
Bahan wol
Hangat
Bulu domba
3.
Bahan sutra
Halus dan mengkilat
Kepompong ulat sutra
4.
Bahan Plastik
Kedap air (tidak tembus air)
sintetis

[]

Sebagai latihan

Tulislah informasi yang ada pada masing-masing paragraf bacaan di atas!


Kunci jawaban: 


  1. Paragraf 1: Pakaian adalah kebutuhan dasar (kebutuhan pokok manusia)
  2. Paragraf 2: Pakaian dengan fungsinya yang berbeda-beda, dibuat dari bahan dasar yang berbeda-beda pula.
  3. Paragraf 3: Kain wol sangat hangat, dibuat dari bulu domba.
  4. Paragraf 4: Sutra sangat halus dan mengkilat, dibuat dari kepompong ulat sutra.
  5. Paragraf 5: Pakaian saat hujan (jas hujan) dibuat dari bahan sintetis, misalnya adalah karet dan plastik (PVC)