Contoh soal membuat kalimat saran kelas 3 SD

Kalimat saran adalah kalimat yang isinya pendapat atau anjuran dari si pemberi saran kepada orang yang diberi saran untuk dipertimbangkan hendak dilakukan atau tidak.

Baca lengkap di tautan: Belajar kalimat saran

Materi tentang membuat kalimat saran disampaikan di kelas 3 tema 4.

Pada post ini, kita akan belajar bersama bagaimana membuat kalimat saran Kalimat saran yang akan kita buat berdasarkan ilustrasi kejadian yang sudah ditentukan.

Berikut ini adalah contoh soal membuat kalimat saran berdasarkan ilustrasi kejadian untuk siswa kelas 3 SD. Semoga bermanfaat.

Contoh soal membuat kalimat saran kelas 3 SD


1. Amir mendapat tugas meringkas buku cerita. Amir meminta uang kepada Ibu untuk membeli buku cerita. Ibu mengingatkan Amir bahwa di dekat rumah mereka terdapat perpustakaan umum yang melayani peminjaman buku. Apa saranmu kepada Amir?

www.rifanfajrin.com


2. Ibu melarang Dela bermain karena belum menerjakan tugas sekolah. Apa saranmu kepada Dela agar diberi izin bermain oleh Ibu?

3. Usman ingin mengikuti lomba berpidato. Usman ingin tahu cara berpidato yang baik. Apa saranmu kepada Usman?

4.Doni sering memberi sesuatu kepada temannya tetapi Doni juga suka memerintah teman-temannya. Teman-teman pun menjauh dari Doni. Apa saranmu kepada Doni agar mendapat hak memiliki teman?

5. Mila ingin mendapat nilai ulangan tertinggi tetapi Mila lebih banyak bermain daripada belajar. Apa saranmu kepada Mila?

Jawaban
Contoh-contoh kalimat saran yang bisa diberikan adalah sebagai berikut:

1. Sebaiknya Amir meminjam buku di perpustakaan saja sehingga dia tidak perlu meminta uang kepada Ibu untuk membeli buku.

2. Sebaiknya Dela mengerjakan tugas sekolah dulu. Setelah selesai mengerjakan tugas, barulah kamu bermain.

3. Sebaiknya Usman meminta tolong kepada guru atau teman yang pandai berpidato. Usman juga bisa mencari informasi bagaimana berpidato yang baik di internet atau menontonnya di situs Youtube tentang cara berpidato. Usman bisa juga mengambil kursus berpidato agar bisa mahir berpidato.

4. Sebaiknya Doni memberi teman-temannya dengan ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan sehingga teman-temannya tidak menjauh darinya. Seharusnya Doni tidak memerintah teman-temannya hanya karena Doni sering memberi sesuatu kepada mereka.

5. Seharusnya Mila lebih mementingkan belajar daripada bermain apabila dia ingin mendapatkan nilai ulangan tertinggi di kelas. Paling tidak, harus seimbang antara bermain dan belajar. Jangan sampai terbalik, lebih banyak bermain daripada belajar.

[] Semua jawaban tergantung bagaimana kebijaksanaagn guru.

Baca Juga kumpulan soal ulangan kelas 3 tema 4 berikut ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel