Rangkuman Materi Tema 5 Kelas 3 SD Kurikulum 2013

Rangkuman materi sangat berguna bagi siswa untuk memudahkan belajar. Apalagi pada saat menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ujian Kenaikan Kelas (UKK) seperti sekarang ini. Seperti kita ketahui, materi masing-masing muatan pelajaran (MUPEL) baik itu PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP, dan PJOK terbilang cukup banyak pada setiap tema.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan coba kami berikan ringkasan atau Rangkuman Materi Tema 5 Kelas 3 SD Kurikulum 2013. Harapannya, rangkuman ini bisa berguna bagi siswa untuk belajar mempersiapkan diri menghadapi ujian. 

Sebenarnya, saya pernah membuatkan rangkuman untuk tema 5. Rangkuman tersebut saya bagi menjadi dua bagian yang bisa Anda baca sebagai berikut:
Baiklah. Berikut ini adalah Rangkuman Materi Tema 5 Kelas 3 SD Kurikulum 2013. Selamat membaca dan selamat belajar. Mudah-mudahan sukses mendapatkan nilai terbaik!! Amiiin.



PPKN

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Terdiri dari beragam suku bangsa yang berbeda bahasa, warna kulit, adat istiadat, agama, pakaian dan lain-lain. Namun semuanya itu tidak menjadikan Indonesia terpecah-belah. Justru membuat bangsa Indonesia semakin kuat dan kaya akan keanekaragaman.

Semboyan Bangsa Indonesia: Bhineka Tunggal Ika, mempunyai arti meskipun berbeda-beda namun tetap satu jua.

Manusia sebagai makhluk sosial, artinya tidak bisa hidup sendirian, setiap manusia pasti membutuhkan orang lain. Maka dari itu, hendaklah kita hidup rukun dan saling bekerja sama.

Kita hendaknya tetap menyapa dan berteman dengan teman kita di kelas meskipun agamanya berbeda. Meski bahasa kita berbeda, kita seharusnya tetap bisa bergaul karena kita memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Saat bertemu di jalan, kita mengucapkan salam, saling melempar senyum, dan menyapa.

Bila sedang bermain bersama, janganlah kita mau menang sendiri. Jangan mengejek teman yang kalah dalam bermain. Sebaliknya, bila kita kalah, hendaklah kita mengakuinya dengan lapang dada.

Begitu juga dalam hal menjalankan ibadah. Meski kita berbeda agama, hendaknya saling menghargai, tidak mengejek atau bahkan menjauhi teman yang berbeda agama dan keyakinan. Bila teman sedang beribadah, hendaknya kita menunjukkan toleransi dengan cara tidak mengganggunya.

Intinya kita tunjukkan kasih sayang kepada sesama.


Bahasa Indonesia

Mengenal Simbol Cuaca

Cuaca kita tahu adalah keadaan udara pada suatu wilayah tertentu yang relatif sempit dalam waktu yang relatif singkat.

Cuaca yang terjadi di suatu tempat bisa saja berbeda-beda dengan daerah lain. Cuaca dapat disimbolkan sebagai berikut. Misalnya cuaca cerah, cerah berawan, berawan, hujan, hujan disertai petir, dan sebagainya.



Keadaan cuaca ternyata dapat mempengaruhi aktivitas/kegiatan manusia. Misalnya seorang nelayan akan pergi melaut apabila cuaca cerah. Dan sebaliknya ketika terjadi hujan atau badai, ia akan lebih memilih untuk tidak melaut. Sangat berbahaya melaut dalam keadaah hujan petir.

Selain mempengaruhi aktivitas manusia, cuaca juga mempengaruhi jenis pakaian yang dikenakan.Cuaca dingin cocok mengenakan jaket tebal. Atau dari kain wol yang hangat.

Saat cuaca cerah, lebih nyaman mengenakan kaos. Kaos yang berbahan katun. Kaos yang berwarna cerah, yang tidak menyerap panas.



Baca Juga:

Matematika

Muatan pelajaran matematika untuk tema 5 adalah sebagai berikut:
Untuk bab ini saya sudah membuat video sederhana di saluran youtube saya. Anda bisa klik tautan pada daftar di atas. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel