Jenis-Jenis Karya Sastra Indonesia Prosa

Karya sastra dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Puisi, Prosa, dan Drama.

Pada bab ini, kita akan membahas tentang apa itu prosa (pengertian prosa). Serta macam-macam prosa, baik itu prosa lama maupun prosa baru.

Gambar oleh Mabel Amber dari Pixabay

Pengertian/Definisi Prosa

Prosa merupakaan karya sastra Indonesia yang bersifat menguraikan atau mendiskripsikan suatu fakta ataupun isi pikiran dan perasaan secara jelas serta tidak terikat pada syarat-syarat tertentu. 

Prosa terdiri dari prosa lama dan prosa baru

Prosa lama terdiri :

Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan dalam banyak hal sering masuk akal.jenis-jenis dongeng berdasarkan isinya,yaitu:mite,legenda,fabel,cerita jenaka,farabel,dan sage.

Cerita sejarah adalah cerita yang berisi tentang sejarah yang dipadukan dengan hal-hal yang kurang masuk akal.

Cerita pelipur lara adalah cerita yang digunakan sebagai hiburan berupa kisah raja,putri raja yang cantik,atau putra raja yang gagah berani.

 Cerita berbingkai adalah cerita yang menceritakan sebuah kejadian dalam pelaku utama atau pelaku pendamping jugs menceritakan kisah lain sehingga menimbulkan cerita kedua atau ketiga.

 Wiracerita(epos) adalah cerita kepahlawanan atau syair panjang  yang menceritakan riwayat perjuangan seorang pahlawan yang hidup terus menerus ditengah bangsa dan masyarakat.

 Kitab adalah cerita yang berisi tentang hukum,aturan,budi pekerti, raja yang bijaksana dan ahli dalam pemerintahan,tentang  hukum adat,dan agama.

 Hikayat berisikan cerita para dewa,peri,pangeran,putri,ataupun kehidupan para bangsawan.


Jenis-jenis prosa baru

 Roman adalah bentuk prosa baru yang mengisahkan kehidupan pelaku utamanya dengan suka dukanya.

 Novel adalah bentuk prosa baru yang melukiskan sebagian kehidupan pelaku utamanya yyang terpenting,menarik,dan mengandung konflik.

 Cerpen adalah prosa baru yang menceritakan sebagian kecil dari kehidupan pelakunnya yang terpening dan menarik.

 Riwayat adalah suatu karangan prosa yang berisi pengalaman-pengalaman hidup pengarang sendiri(otobiografi)atau bisa juga pengalaman hidup orang lain sejak kecil hingga dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia.

 Kritik adalah karya yang menguraikan pertimbangan baik buruk suatu hasil karya dengan memberi alasan-alasan tentang isi dan dengan kriteria tertentu yang sifatnya obyektif dan menghakimi.

 Resensi adala pembicaraan/pertimbangan/ulasan suatu karya.

 Esai adalah ulasan/kupasan suatu masalah secara sepintas lalu berdasarkan pandangan pribadi penulisnya.

 Kisah perjalanan adalah karangan cerita yang mengungkapkan sesuatu yang pernah dialami seseorang dalam perjalanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel