Situs Penyedia Gambar Gratis untuk Blog

rifanfajrin.com-Situs Penyedia Gambar Gratis untuk Blog. Menambahkan gambar pada postingan artikel di blog sangat penting. Gambar atau ilustrasi tidak sekadar memperindah atau mempercantik tampilan blog saja. Lebih dari itu, gambar berfungsi membantu pembaca dalam memahami artikel blog tersebut. Kegunaan lain, gambar di blog juga akan muncul pada pencarian google images, meningkatkan pageviews blog, menambah kata kunci (keywords) blog, dan lain-lain.

Kita tidak harus bisa membuat sebuah gambar/ilustrasi sendiri untuk blog kita. Karena, sudah ada banyak sekali Situs Penyedia Gambar Gratis untuk Blog. Di situs-situs tersebut, kita bisa mendapatkan gambar secara legal dan gratis untuk ditambahkan sebagai ilustrasi artikel.

Berikut ini adalah Situs Penyedia Gambar Gratis untuk Blog yang bisa kita gunakan.

Foto oleh Miguel Á. Padriñán dari Pexels

1. Pixabay

Pixabay adalah situs penyedia gambar gratis untuk blog yang paling sering saya gunakan.

Di Pixabay, tersedia images dalam bentuk foto, ilustrasi, grafik vektor, hingga video. Kita tinggal menuliskan kata kunci pada kotak pencarian, bisa menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Setelah ketemu gambar yang diinginkan, kita bisa mengunduhnya secara gratis dengan klik "free download" dan memilih jenis ukuran yang tersedia.

Kelebihan pixabay adalah: Free for commercial use No attribution required, kita bisa menggunakannya secara gratis untuk tujuan komersial dan tidak perlu memberikan kredit.

Namun, apabila Anda mencantumkan kredit atau bahkan memberikan donasi kepada kreator, hal itu sangat baik untuk Anda lakukan.


2. Pexels

Situs penyedia gambar gratis yang berkualitas untuk blog yang ke dua adalah pexels.

Pexels mirip dengan pixabay. Di sana tersedia ribuan gambar gratis yang bisa kita unduh untuk dijadikan ilustrasi blog.

Bila kita tidak menemukan gambar setelah mengetikkan kata kunci dalam bahasa Indonesia, kita bisa mengubah dahulu preferensi bahasa dari English menjadi Bahasa Indonesia.

Adapun gambar yang diunduh bisa berukuran kecil, sedang, besar, sesuai ukuran aslinya, maupun custom size.

Sama seperti pixabay, kita tidak perlu menyertakan kredit kepada kontributor fotografer, dan bebas menggunakannya secara langsung termasuk untuk tujuan komersial. 

Akan tetapi, saat kita mau memberikan donasi maupun menyertakan kredit, hal itu berarti kita telah turut mendukungnya untuk terus berkarya dan berkontribusi.


3. Flickr

Situs untuk mendownload gambar gratis selanjutnya adalah flickr. 

Hanya saja, dalam pencarian gambar, terlebih dahulu kita harus menentukan jenis gambar terlebih dahulu dengan memberikan filter, antara lain:
  • semua creative commons, ini adalah gambar yang bebas kita gunakan
  • penggunaan komersial dibolehkan
  • modifikasi dibolehkan
  • Penggunaan komersial & modifikasi diperbolehkan
  • dll


4. Freepik

Satu lagi situs penyedia gambar gratis untuk blog adalah freepik. Di sini kita bisa mengunduh gambar secara gratis untuk blog kita dengan kualitas gambar yang keren.

***

Masih banyak lagi situs penyedia gambar gratis untuk blog selain keempat situs yang saya sebutkan di atas.

Kini kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari gambar ilustrasi untuk blog kita kaan?

Baca Juga: Bagaimana Merawat Blog dari Pemula hingga menghasilkan?

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel