Cara Mengalihkan Profile Google Plus ke Blogger Profile di Blogger

Baru-baru ini, Google mengumumkan akan menutup Google Plus (G+) untuk setiap akun personal pada tanggal 22 April 2019. Keputusan menutup Google Plus itu kabarnya sudah diputuskan sejak Desember 2018, dan mulai diinformasikan kepada para pengguna Google Plus mulai awal Februari 2019. Tahapannya adalah, kita tidak akan mendapatkan notifikasi apapun dari Google Plus mulai tanggal 7 Maret 2019, dan G+ akan benar-benar menghilang pada 2 April 2019.

Tentu saja ini sangat mengejutkan, terutama bagi para blogger yang selama ini "mengandalkan" G+. Seperti kita tahu, G+ adalah sebuah media sosial buatan Google. Sama halnya dengan media sosial lainnnya seperti Facebook dan Twitter, G+ sering digunakan sebagai tempat berbagi tak terkecuali untuk berbagi postingan blog. Apalagi mereka yang telah memiliki pengikut maupun jaringan pertemanan berdasarkan hobi tertentu yang cukup banyak di G+, tentu cukup signifikan.

Namun, apabila kita lihat apa yang menjadi sebab tutupnya G+, keterkejutan ini mungkin akan berganti menjadi sebuah kemakluman. Berdasarkan pengumunan yang kita terima, berakhirnya G+ setidaknya disebabkan karena dua hal, pertama penurunan penggunaan yang cukup signifikan, dan kedua adalah telah terjadi "bugs" dengan adanya kebocoran data pengguna yang cukup banyak.



Dengan demikian, bagi para blogger, kita lepaskan saja Google Plus mulai sekarang, sebelum benar-benar tutup pada April 2019 mendatang. Kita cari alternatif lain sebagai pengganti Google Plus, dan kita segera melakukan tindakan antisipasi pada blog agar tidak terjadi error setelah G+ benar-benar hilang. Langkah paling mendesak adalah segera mengganti profil G+ di blog kita, dan kita alihkan kembali ke blogger profile.

Adapun cara mengalihkan profile G+ ke profil blogger adalah sebagai berikut:

1. Klik Setelah pada Dasbor Blogger



2. PILIH SETELAN PENGGUNA BLOGGER, dan simpan. Lalu klik EDIT di bawah "Profil Pengguna BLOGGER"



3. Kita EDIT Profil Blogger, tambahkan Foto Profil, menentukan jenis kelamin, dan lain-lain. Jangan lupa klik SIMPAN/SAVE



Pada tahap ini, kita sudah berhasil mengalihkan profil Google Plus ke Profile Blogger. 
Dengan langkah ini, mudah-mudahan blog kita tidak error setelah Google Plus benar-benar tutup April nanti.

BACA JUGA: BAGAIMANA MERAWAT BLOG DARI PEMULA SAMPAI MENGHASILKAN?

Langkah-langkah lain setelah mengalihkan ke profile Blogger, adalah kita pastikan link/tautan di blog yang mengarah ke Google Plus akan kita hapus. Sebab, bila tidak, mungkin akan menjadi tautan mati (broken link) yang akan berdampak kurang bagus buat blog kita.



2 Responses to "Cara Mengalihkan Profile Google Plus ke Blogger Profile di Blogger"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel