Cara Menjadi Local Guide di Google Maps

Baru-baru ini, atas saran sohib saya Imam Khanafi, saya mendaftarkan diri menjadi Local Guide di Google. Syaratnya cukup mudah untuk jadi Local Guide, yaitu asal kita punya akun gmail saja.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud Local Guide itu? Local guide kalau diartikan ke bahasa Indonesia yaa semacam Pemandu Lokal. Kita tahu, dalam setiap harinya jutaan orang mengakses google, termasuk google maps untuk mencari tempat/lokasi tertentu.

Nah, dengan menjadi local guide google, kita bisa menambahkan tempat-tempat baru yang belum ada di maps google, atau bisa juga memberikan ulasan (review) pada suatu yang kita kunjungi.



Apa Keuntungannya Menjadi Local Guide Google?

Sebenarnya saya belum berpikir jauh tentang apa keuntungan yang akan saya dapatkan dengan menjadi local guide. Untuk saat ini, saya sedang berpikir untuk bisa bermanfaat bagi orang lain. Siapa tahu informasi yang kita tambahkan ke Maps itu bisa menjadi "amal kebaikan" kita yang nggak kita sadari. :)

Namun, kalau kita coba cari informasi apa untungnya menjadi local guide google, ternyata cukup banyak. Antara lain secara singkat adalah sebagai berikut.


1. Keuntungan Bagi Kita sebagai Local Guide

Google akan memberikan reward bagi para pemandu lokal yang aktif memberikan informasi. Misalnya kita menambahkan/mereview tempat tertentu, maka kita akan mendapatkan reward berupa poin. Semakin banyak point yang kita kumpulkan, semakin tinggilah level kita sebagai local guide. 

Adapun hadiah yang akan kita dapatkan akan bervariasi tergantung seberapa banyak poin dan level yang kita raih.

Saya kira, "hobi baru" sebagai lokal guide ini sangat cocok bagi kita yang memiliki mobilitas tinggi. Atau, sering mengunjungi berbagai tempat yang berlainan dalam aktivitasnya sehari-hari.


2. Keuntungan Bagi Pemilik Tempat yang Dikunjungi

Tempat-tempat yang biasanya direview oleh para pemandu lokal adalah tempat wisata. Akan tetapi, banyak juga tempat-tempat usaha seperti restoran, industri lokal seperti batik, sablon, bahkan pabrik tahu dan warung angkringan, tak luput dari review para local guide.

Dengan demikian, tempat-tempat ini akan dipromosikan, atau lebih mudah ditemukan oleh para pengguna smartphone yang mencari tempat tersebut.


Bagaimana Cara Mendaftar Menjadi Local Guide?

Cara mendaftarkan diri menjadi local guide sangat mudah, yaitu cukup mengakses Google Maps dan masuk menggunakan akun gmail kita. Jangan lupa, sebelumnya kita aktifkan lokasi kita (GPS).

Selanjutnya, kita bisa langsung menambahkan tempat (yang belum ada di Maps Google), memberikan review/ulasan, menyunting keterangan tentang suatu tempat, menambahkan foto, bahkan video. Untuk menambahkan atau memeriksa point yang kita dapatkan, kita masuk pada "Kontribusi Saya".

Kita akan mendapatkan poin dari aktivitas tersebut. Untuk saat ini saya masih ada di level 3 dengan jumlah poin 144 dari hasil memberikan ulasan 4 tempat di Maps Google.

SD Labschool Unnes, tempat saya bekerja, menjadi tempat pertama yang saya berikan ulasan dengan BINTANG LIMA! :D



BACA JUGA: Bagaimana Merawat Blog dari Blogger Pemula Hingga Menghasilkan?

Sekian sedikit post dari saya. Mudah-mudahan saja ada manfaatnya bagi kita bersama. Amiiinnnn!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel