Menulis Itu Keren! ~ Contoh Naskah Lomba Pidato Bahasa Indonesia Siswa SD

Menulis Itu Keren! ~ Contoh Naskah Lomba Pidato Bahasa Indonesia Siswa SD


Assalamualaikum wr wb

Kepada Dewan Juri Lomba Pidato Bahasa Indonesia yang saya hormati,
kepada Bapak dan Ibu Guru pendamping yang saya hormati,
serta kepada rekan-rekan peserta lomba pidato berbahasa Indonesia yang saya sayangi, saya hormati, dan saya banggakan.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat-Nya kepada kita semua, berupa nikmat sehat dan nikmat sempat, sehingga kita semua bisa berkumpul di ruang ini untuk melaksanakan lomba pidato bahasa Indonesia tingkat Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apa pun.

Hadirin yang saya hormati,

Perkenankanlah saya, Cantika Sabela Rivinda, berdiri di hadapan Anda untuk menyampaikan pidato saya yang berjudul “Menulis itu Keren!”

Kita semua tahu kaan siapa Raditya Dika?
Itu lho, komika sekaligus seorang youtuber yang sukses yang orangnya lucu banget itu!

Sebelum menjadi sukses seperti sekarang, Raditya Dika adalah seorang penulis.  Dia menulis catatan-catatan kesehariannya yang seru dan lucu dalam diary-nya. Tapi bukan diary buku yaa… Raditya Dika menulis dalam diary digital atau blog kambingjantan.com.

Cerita-ceritanya itu kemudian dibuat buku berjudul Kambing Jantan.
Buku itu laris manis dan bahkan diangkat menjadi film layar lebar di bioskop. Raditya Dika sendiri yang berperan sebagai aktor utamanya.

Sejak saat itu, Raditya Dika menjadi seorang yang kita kenal seperti sekarang ini. Blog kambingjantan.com miliknya pun berubah menjadi radityadika.com.

Dari mana kesuksesan Raditya Dika berasal? Ya, dari hobinya menulis!

Jadi, hadirin yang berbahagia….serta teman-teman yang saya sayangi

Menulis itu aktivitas yang keren banget! Kita juga bisa kok menjadi seperti Raditya Dika dengan cara membiasakan diri menulis sejak dini.

Emmm… pengen sih menjadi seperti Raditya Dika. Tapi… apa yang mau kita tulis? Menulis itu kan susah banget?! Aku bingung mau nulis apa!

Mungkin kita sering berpikiran seperti itu. Kita sering mengalami kesulitan seperti itu, bingung untuk memulai menulis.

Hadirin dan juga teman-teman yang saya hormati….

Kita memang sulit untuk menulis apabila belum terbiasa. Maka, solusinya, adalah kita bisa memulai latihan menulis dengan cara menulis apa saja. Mungkin kita bisa mulai menulis di buku diary atau buku harian kita.

Misalnya …..

Dear Diary
hari ini aku senang banget karena terpilih untuk mewakili sekolah dalam lomba pidato se kecamatan…. dan seterusnya

Nah, contohnya seperti itu.
Mungkin kita bisa mulai menulis tentang apa yang kita pikirkan, kita rasakan, kita inginkan, dan sebagainya. Intinya, semakin sering kita berlatih menulis, semakin mahir-lah kita! Karena menulis itu sendiri adalah keterampilan proses.

Oleh sebab itulah, hadirin yang berbahagia

Di sini saya mengajak kepada diri saya sendiri, dan juga kepada hadirin sekalian untuk membiasakan diri membaca dan menulis.

Bukan untuk menjadi kaya seperti Raditya Dika. Menjadi kaya bukan tujuan utama. Tetapi banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktivitas menulis.

Manfaat aktivitas menulis di antaranya adalah:
1. latihan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan diri sendiri secara jujur
2. meningkatkan daya ingat
3. merangsang kreativitas
4. kalau tulisan kita dibukukan dan buku tersebut laku dijual, itu akan menambah penghasilan kita. Banyak orang yang punya uang dari kegiatan menulis.
5. dan masih banyak lagi.

Itu baru manfaat menulis bagi diri sendiri lho, belum lagi kalau tulisan kita ternyata dibaca dan disukai banyak orang.

Orang akan terinspirasi karena tulisan kita. Orang akan mendapat manfaat dari tulisan kita. Itu sangat menyenangkan, dan kita akan mendapat pahala karena tulisan kita tanpa kita sadari.

Maka, sekarang tunggu apa lagi?

Mulailah menulis dari sekarang! Nanti setelah kita pulang dari sini, segeralah ambil pena dan kertas, laptop, HP, atau apapun yang bisa digunakan untuk menulis!

Karena sekali lagi, MENULIS ITU KEREN!

Demikian pidato singkat dari saya.
Mohon maaf apabila ada banyak kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan.
Terima kasih atas perhatian hadirin semuanya

Akhir kata

Wassalamualaikum wr wb

22 Responses to "Menulis Itu Keren! ~ Contoh Naskah Lomba Pidato Bahasa Indonesia Siswa SD"

  1. Pidatonya sangat lugas dan bermakna. Jarang anak SD bisa berpidato seperti itu.

    BalasHapus
  2. pidato itu sulit
    makanya belajar pidato buat anak2 kita biar lebih pandai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dengan latihan yang terus menerus, maka anak-anak akan semakin mahir, Mas. :D

      terima kasih

      Hapus
  3. waduh, ini pidato anak SD ya mas? jago banget ya..

    saya juga dapat manfaat dr menulis, seperti yg sudah di bahas di pidatonya :
    latihan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan diri sendiri secara jujur.

    BalasHapus
  4. Baca ini jd keinget dlu pas SD pernah juara lomba pildacil, wkwkwk
    Iya bner sih, sepakat manfaat menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, hebat. Njenengan sangat berbakat, Mbak.

      menulis oke, pidato juga oke! :D

      Hapus
    2. njenengan itu bahasa apa mas ?

      Hapus
    3. Bahasa Jawa, Mas.
      Artinya Anda untuk orang yg lebih tua atau dihormati. :D

      Hapus
  5. Mas Seo Warta dan Mbak Nia Tanaya: Naskah tersebut cuma naskah untuk latihan saja. Saya yang menulisnya. Sedangkan siswa saya pagi ini ikutan lomba harus menulis sendiri pidatonya dan lalu maju untuk mempresentasikannya. :D

    BalasHapus
  6. Keren ya anak sekarang berani tampil pede berpidato.
    Jaman kecilku dulu banyak yang masih malu-malu kalau disuruh maju depan kelas buat bacain teks pidato/puisi yang kita bikin 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira sama saja, Mas. Masalah mental hehehe.

      Beberapa anak juga malu malu. :D

      Hapus
  7. saya orangnya g bisa banged nih klo ngomong di depan banyak orang.
    biasanya klo ada murid yg suka grogi saat disuruh maju ke depan kelas itu gimana bang fajrin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai guru atau ortunya, kita harus bisa memotivasi dan menguatkan rasa percaya diri mereka, Mas.

      Meski sebenarnya....kita sendiri juga grogi kali ngomong di depan bnyak orang. Hehehe

      Hapus
    2. Sebagai guru atau ortunya, kita harus bisa memotivasi dan menguatkan rasa percaya diri mereka, Mas.

      Meski sebenarnya....kita sendiri juga grogi kali ngomong di depan bnyak orang. Hehehe

      Hapus
  8. lumayan bagus kata demi kata yang terangkat dalam isi pidatonya...bisa buat contoh adik adik kita yang ingin belajar pidato ini Mas

    BalasHapus
  9. Untuk anak SD itu mah keren bngt yaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naskah tersebut sekadar contoh aja, mas. Saya yang buatkan untuk murid saya biar bisa latihan. :D

      Hapus
  10. anak-anak kalau selalu dilatih maka akan mempunyai kemampuan yang luar biasa beda dengan orang tua semakin sering dilatih malah lupa nantinya he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar pada saat usia dini memang ibarat mengukir di atas batu, Mas. :D

      betul kaan? :D

      Hapus
  11. Dulu waktu masih SD, sha pernah pidato. Nyonteknya dari mana yaa. Bikin sendiri kayaknya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya membayangkan gimana waktu mbak sha masih kecil sudah tampil untuk pidato...? Gimana yaaa....? pasti lucu dan menggemaskan?? :D hehehe

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel