Student of The Week - Penghargaan atas Kebaikan Siswa



Setiap anak adalah pribadi yang unik. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka punya bakat yang berbeda satu sama lain.

Begitu juga untuk pelajaran di sekolah. Mereka memiliki pemahaman, penguasaan materi, juga memiliki ketertarikan yang berbeda. Ada seorang anak yang pandai dalam bidang matematika. Ada yang terampil dalam bidang kesenian. Ada seorang anak yang begitu bersemangat dalam bidang olahraga. 

Maka, hasil pembelajaran mereka yang dilambangkan dengan angka-angka bukanlah satu-satunya ukuran untuk menentukan keberhasilan belajar seorang siswa. Sebab, bisa jadi seorang yang pandai ilmu pengetahuan alam, dia kurang bisa menguasai ilmu pengetahuan sosial.

Tugas kita sebagai orang tua dan guru adalah memberikan motivasi, inspirasi, arahan, dan bimbingan kepada mereka untuk menuju pada masa depan mereka yang cerah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing.

Saya sering sampaikan kepada siswa-siswi saya di kelas, yang terpenting daripada itu semua adalah kita memiliki sifat-sifat yang baik. Itulah yang biasa dinamakan akhlaq. Menjadi apapun diri kita, di mana pun nanti kita bekerja, yang terpenting adalah kita senantiasa bermanfaat di sana. 

Soal kebaikan inilah, dimana-mana tempatnya semua orang bersepakat. Tidak ada yang orang yang mengatakan perbuatan mencuri itu baik. Semua orang pasti sepakat bahwa perbuatan memberi itu adalah perbuatan yang baik. Kebaikan dan keburukan itu universal, di mana-mana sama.

Di sekolah kami, secara jujur kami menyadari bahwa menanamkan karakter kebaikan kepada anak-anak kami adalah pekerjaan yang tidak mudah. Maka kami mencoba untuk memberikan rangsangan agar siswa senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satu yang kami lakukan adalah Penghargaan kepada Student of The Week.

Penghargaan "Student of The Week" ini kami mulai pada pertengahan Januari lalu. Tepatnya pada 15 Januari 2018. Penghargaan ini diberikan kepada siswa yang telah melakukan kebaikan-kebaikan selama satu minggu. Adapun penyerahan penghargaan diberikan setiap upacara bendera hari Senin.

Alhamdulillah. Dengan pemberian penghargaan ini, kami lihat siswa-siswi terlihat lebih bersemangat dalam melakukan kebaikan. Harapan kami, ke depannya siswa-siswi, termasuk diri kita akan terbiasa melakukan kebaikan di mana saja dan kapan saja. Kebaikan yang datang dari dorongan dalam diri sendiri, bukan karena iming-iming hadiah dan selembar kertas sertifikat penghargaan.


Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
6 Februari 2018 20.46 delete

ini baru kece.. bukan hanya murid pintar aja yang di apreasi..
di sekolah lain diberlakukan juga ndak ya kira2?
ada reward yg di publish ketika anak menerapkan etika yg sudah di ajarkan. kece dah

Reply
avatar
6 Februari 2018 23.01 delete

Student of the week, kraetif bngat ya kang penghargaannya

Reply
avatar
7 Februari 2018 10.42 delete

baguus. tapi apa gak keseringan selama seminggu? hehe sempet liat penghargaan macem ini tapi sebulan sekali :)

Reply
avatar
7 Februari 2018 11.37 delete

Saya kira di setiap sekolah telah memberikan apresiasi kepada siswa yang melakukan kebaikan. Tetapi mungkin bentuknya saja yang berbeda. :D

terima kasih apresiasinya, Mas

Reply
avatar
7 Februari 2018 11.40 delete

Terima kasih apresiasinya, Mas Idris.

Semoga kami bisa istiqomah melakukannya. :D

Reply
avatar
7 Februari 2018 11.43 delete

Sementara ini frekuensi seminggu sekali kami rasakan tepat, Mbak. Ke depan program ini tetap akan terus kami evaluasi. :D

terima kasih. :D

Reply
avatar
Obat Sakit
AUTHOR
7 Februari 2018 18.25 delete

momen seperti ini seharusnya ditingkatkan
kalau bisa ada kriteria lain untuk pemenang di bidang lainnya

Reply
avatar
8 Februari 2018 02.02 delete

terima kasih untuk masukannya, Mas.

untuk saat ini kami masih memberikan penghargaan kepada siswa yang berbuat kebaikan. tujuannya agar berbuat baik menjadi kebiasaan yang membudaya.

:D

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon