Kumpulan Puisi "Menggapai Mimpi" karya Siswa SD Labschool Unnes ~ Kado Manis Akhir Tahun


Pada pengujung tahun 2017, sebuah kado manis tercipta dari siswa-siswi SD Labschool Unnes Semarang. Bingkisan indah tersebut dipersembahkan kepada guru dan orang tua mereka tepat pada saat pembagian raport semester gasal ini. Adalah sebuah buku kumpulan puisi berjudul "Menggapai Mimpi".

Sebanyak 78 judul puisi hasil karya 18 siswa berhasil kami rangkum. Puisi-puisi ini mengangkat beragam tema khas anak-anak: Keluarga, Sekolah, Alam, dan Cita-Cita.

Mari kita baca sebuah puisi karya Assyifa Maharani Nur Najmi di bawah ini.
Ayahku Pahlawanku

Engkau ayah yang baik
Engkau bagaikan matahari
Yang selalu membuatku bahagia

Engkaulah segalanya bagiku
Bagaikan cahaya di dalam kegelapan
Yang menuntun jalanku ke arah yang benar

Ayah
Engkaulah pahlawanku

[]

Ada keharuan ketika menyimak karya-karya mereka. Sebuah kebahagian yang sulit terungkapkan dengan kata-kata. 

Mereka, anak-anak itu, menuliskan puisi-puisinya dengan penuh kejujuran, kepolosan, dan apa adanya. Begitulah cara mereka mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada keluarga, dalam bentuk puisi.

Begitu juga mereka mengungkapkan ketakjubannya pada indahnya alam ciptaan Sang Maha Pencipta. Berikut ini adalah karya Shefira Meccaa Faddi.

Pemandangan Malam Hari

Menjelang sore matahari terbenam
cuaca menggelap dan sampailah ke malam hari
terlihat bintang berkelap-kelip menerangi langit
bulan menguasai malam dengan banyaknya bintang

lampu-lampu perumahan menyala terang
dengan sementara menerangi jalan dengan terang
dan sementara mentari pagi digantikan dengan bulan malam
malam bulan yang menerangi langit

[]

Harapan kami, selain sebagai hadiah spesial bagi orang tua, juga semoga menjadi tinta yang mewarnai kisah anak-anak mencapai masa depannya.

www.rifanfajrin.com


Judul Buku : Menggapai Mimpi - Kumpulan Puisi Siswa SD Labschool Unnes Semarang
Penyunting : M. Rifan Fajrin
Penerbit       : Cipta Prima Nusantara Semarang (Penerbit CPNS)
Tahun         : 2017 (Cetakan Pertama)
Tebal buku  : 80 halaman


Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
Ella fitria
AUTHOR
10 Januari 2018 18.34 delete

Ya ampun, keratif banet nih anak2 sama gurunya.. Perlu di contoh supaya karya2 Indonesia semakin banyak ya.. Ini Keren bangeeet sungguh

Reply
avatar
11 Januari 2018 05.28 delete

Hebat ya, seumuran anak SD sudah mampu menciptakan puisi2 yg kalo di nilai dr ilmu bahasa sudah sangat baik sekali.

Reply
avatar
11 Januari 2018 09.16 delete

Terima kasih apresiasinya, Mbak Ella Fitri.

Selain menggambar, anak anak juga memang senang menulis puisi.

Jadi sayang saja kalau karya² mereka tak terdokumentasi. :)

Reply
avatar
11 Januari 2018 09.19 delete

Menurut kami salah satu kekuatan puisi anak anak adalah bahasanya yg apa adanya,mengalir, dan jujur.

Heran juga sekarang kalu kami sendiri coba nulis puisi, sudah ribet sendiri. Hehe.

Makasih Mas Yogi.

Reply
avatar
11 Januari 2018 10.37 delete

Yuhu.. akhirnya bisa komen juga hehehe. wah aku selalu takjub sampai termlongo-mlongo lihat hasil tulisan anak2 Mas Rifan nih. Selain bahasanya apik, epik dan syahdiyuuu, anak2 ternyata udah punya karakter ya. Dan lagi, iki gurune kreatif banget. I proud of you Mas Rifan :) SUkses ya.

Reply
avatar
11 Januari 2018 11.37 delete

Wahaaa... makasih Mbak. Njenengan betul-betul pantang menyerah untuk bisa koment di blog ini. Blog yang kadang-kadang suka error kolom komentnya. Hehehe.

Oya, makasih berat untuk apresiasi dan semangatnya, Mbak.
Produktitnya njenengan dalam menulis juga sangat menginspirasiku. hihihi

Reply
avatar
Daruma
AUTHOR
11 Januari 2018 12.36 delete

suerr ini karya anak-anak? pasti gurunya juga luar biasa..
terus berkarya ya mas..

Reply
avatar
11 Januari 2018 12.49 delete

Wah, terima kasih untuk semangatnya, Mbak Daruma.
Sanjugan tersebut lebih tepatnya untuk anak-anak saja. Hehehe.

Gurunya cuma mengumpulkan karyanya doang. :D

Reply
avatar
12 Januari 2018 18.02 delete

Hebat masih SD udah pandai membuat untaian pusisi
bakat alami
kaliamt kalimatnya biasanya tertuang dengan hati yang tulus, kejujuran

Reply
avatar
15 Januari 2018 09.18 delete

Iya, Mas. Selalu terkesan dengan karya-karya mereka. berulang-ulang mereka menulis puisi, berulang kali pula saya terkagum :D

terima kasih, Mas, atas kunjungannya.

Reply
avatar
16 Januari 2018 11.35 delete

Itu anak sd nya kreatif2 yaa, aku mah dulu gak bisa buat puisi,, sukanya cuma matematika dan ipa

Reply
avatar
16 Januari 2018 13.12 delete

Yah, masing-masing punya kelebihan, Mas. hehe.

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon