Pelatihan Literasi Media Kurikulum 2013 ~ Membuat Buku Besar (Big Book) dan Buku Zig Zag

Hari pertama masuk sekolah, Senin 17 Juli 2017, SD Labshool Unnes

Anak-anak pulang awal. Pukul 11.00 mereka sudah kembali ke rumah. Hari pertama mereka masuk sekolah belum ada pelajaran. 

Kegiatan mereka sejak pagi hanya mengikuti upacara bendera yang dilanjutkan dengan halal bi halal (karena masih dalam suasana lebaran di bulan syawal), kemudian memasuki kelas baru mereka. Adapun bagi siswa-siswi baru kelas 1 yang terdiri dari kelas 1A, 1B,dan 1C, mengikuti serangkaian kegiatan masa orientasi siswa baru dengan didampingi oleh wali kelas mereka masing-masing. 

Setelah anak-anak pulang, guru-guru melanjutkan aktivitas dengan mengikuti "Pelatihan Membuat Media Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis Permulaan Siswa Kelas Awal".

Pelatihan ini disampaikan oleh dosen-dosen PGSD Unnes yang dipimpin oleh Ibu Nugraheti Sismulyasih dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat yaitu Iptek Bagi Masyarakat (IBM) Guru SD Kecamatan Gajahmungkur.

Bagi kami, pelatihan ini sangat bermanfaat sekali. Dari pelatihan ini, kami menjadi lebih tahu bagaimana merancang pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Diantaranya adalah menggunakan media yang tepat atau sesuai; sesuai dengan pokok bahasan yang hendak diajarkan, sesuai dengan konteks lingkungan sekitar, dan sesuai dengan perkembangan anak.

Adapun beberapa media literasi yang bisa digunakan  antara lain:
1. Buku Besar (Big Book)
2. Buku Bacaan Zig Zag, dan 
3. Graphic Organizer (Diagram Venn, Diagram KWHL, Diagram Siklus, dan Brainstorming Worksheet)

Berikut ini adalah video saat suasana pelatihan kemarin siang. :)))


Big Book / Buku Besar ~ Bu Istika Ramadhani memberikan Contoh Buku Besar (Big Book) untuk media literasi siswa kelas awal kurikulum 2013


Zig Zag Book / Buku Zig Zag ~ Bu Hayuk Dining Tyastuti dan Bu Weni Anggit Permata memberikan Contoh Buku Zig Zag (Zig Zag Book) untuk media literasi siswa kelas awal kurikulum 2013


Mudah-mudahan saja setelah mengikuti pelatihan ini, kami guru-guru SD Labschool Unnes menjadi lebih terinspirasi, menjadi lebih kreatif lagi dalam membuat atau merancang media pembelajaran yang tepat bagi siswa, terutama dalam upaya meningkatkan budaya literasi. 
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
July 22, 2017 at 12:44 PM delete

WAh keren ya. Aku baru tahu loh :D

Reply
avatar
July 23, 2017 at 12:03 AM delete

Selama ini buku besar cuma taunya untuk pembukuan ya....?
Dan diagram venn cuma ada di matematika? hehehe

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon