Macam-macam penggolongan Hewan berdasarkan ciri tertentu

Penggolongan makhluk hidup adalah penggolongan yang lebih difokuskan pada persamaan ciri dibandingkan pengelompokan secara sistematis. Penggolongan makhluk hidup dapat dilakukan berdasarkan tempat hidupnya, kondisi fisik, jumlah kaki, jenis makanan, cara berkembang biak, dll. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya disebut klasifikasi makhluk hidup. Berikut adalah beberapa contoh penggolongan makhluk hidup baik itu hewan maupun tumbuhan. Langsung saja kita simak yang pertama:
contoh penggolongan hewan


1. Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanan
Hewan dapat digolongkan berdasarkan makanan yang biasa dikonsumsi. Penggolongan tersebut terdiri dari 3 jenis yaitu pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan tumbuhan dan hewan (omnivora).

1.1. Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora)

Beberapa contoh hewan herbivora (pemakan tumbuhan) yaitu sapi, kerbau, kuda, kambing, dll.

1.2. Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Beberapa contoh hewan karnivora (pemakan daging) yaitu singa, buaya, harimau, dll.

1.3. Hewan Pemakan Tumbuhan dan Hewan (Omnivora)

Beberapa contoh hewan omnivora (pemakan tumbuhan dan daging) adalah manusia, ayam, dll.
2. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Akar
Bentuk akar setiap tumbuhan berbeda-beda. Terdapat dua jenis akar yaitu tunggang dan serabut.

2.1. Tumbuhan Berakar Tunggang

Tumbuhan yang berakar tunggang adalah tumbuhan dikotil (berbiji dua). Tumbuhan berakar tunggang biasanya berupa pohon karena pohon berukuran besar membutuhkan akar yang kuat. Contoh tumbuhan berakar tunggang adalah mangga, cabai, kacang-kacangan, jeruk, dll.

2.2. Tumbuhan Berakar Serabut

Tumbuhan yang berakar serabut adalah tumbuhan monokotil (berbiji satu). Contoh tumbuhan berakar serabut adalah padi, kelapa, rumput, jagung, dll.
3. Penggolongan Hewan Berdasarkan Habitat
Hewan dapat digolongkan berdasarkan habitatnya seperti di darat, air tawar, air asin, atau amfibi.

3.1. Hewan Habitat di Darat

Ciri utama hewan yang berhabitat di darat adalah bernapas dengan menggunakan paru-paru. Contoh hewan yang berhabitat di daratan adalah manusia, anjing, kelinci, dll.

3.2. Hewan Habitat di Air Tawar

Hewan yang habitatnya di air tawar biasanya berada di sungai dan danau. Ciri utamanya adalah bernapas dengan insang dan jenisnya berupa ikan. Contoh hewan yang berhabitat di air tawar adalah ikan cupang, ikan louhan, ikan lele, dll.

3.3. Hewan Habitat di Air Asin

Hewan yang habitatnya di air asin biasanya berada di laut. Ciri utamanya dalah bernapas dengan insang. Contoh hewan yang habitatnya di air asin adalah ikan hiu, gurita, ikan salmon, cumi-cumi, dll.

3.4. Hewan Amfibi

Hewan amfibi adalah hewan yang habitatnya di air dan di daratan. Contoh hewan amfibi adalah salamander dan katak.
4. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Tulang Daun
contoh penggolongan tumbuhan

Bentuk tulang daun pada setiap jenis tumbuhan juga beragam. Terdapat empat jenis bentuk tulang daun yaitu menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar.

4.1. Tulang Daun Menyirip

Bentuk tulang daun menyirip mirip seperti sirip ikan. Contoh tumbuhan dengan tulang daun menyirip adalah nangka, mangga, jambu, dll.

4.2. Tulang Daun Menjari

Bentuk tulang daun menjari berbentuk seperti susunan jari. Contoh tumbuhan dengan tulang daun menjari adalah singkong, pepaya, dll.

4.3. Tulang Daun Melengkung

Bentuk tulang daun melengkung melengkung pada bagian pinggriannya sehingga simetris. Contoh tumbuhan dengan tulang daun melengkung adalah sirih, eceng gondok, dll.

4.4. Tulang Daun Sejajar

Contoh tumbuhan dengan tulang daun sejajar adalah padi, tebu, jagung, dll.
close