Buku Cerita Anak Pendidikan Berkarakter - Stingy Doni (Doni Si Pelit)

Buku Cerita Anak Pendidikan Berkarakter - Stingy Doni (Doni Si Pelit)

rifanfajrin.com

rifanfajrin.com - Buku Cerita Anak Pendidikan Berkarakter - Stingy Doni (Doni Si Pelit)

Pendidikan berkarakter bagi anak dewasa ini menjadi satu pokok penting sekaligus menjadi salah satu tujuan pencapaian pendidikan, Salah satu metode yang cukup efektif untuk mencapai hal itu adalah prinsip keteladanan dari guru, orang tua, dan semua pihak yang ada di sekitar  kehidupan sang anak. Selain keteladanan, pendidikan berkarakter mulia juga sangat efektif disampaikan melalui media buku bacaan untuk anak yang sesuai dengan perkembangan baik psikologis maupun tahapan pemerolehan bahasa dan kosa-kata anak. Dalam kesempatan kali ini, kami akan sampaikan salah satu buku cerita anak yang sarat pendidikan berkarakter dan tentu sangat bagus untuk dikoleksi. Buku ini berjudul "Pendidikan Karakter Seri 1: Stingy Doni (Doni Si Pelit) plus 2 Cerita Menarik Lainnya".


Menurut saya, buku terbitan Elex Media Computindo ini sangat bagus. Selain sarat dengan pendidikan berkarakter seperti yang saya sampaikan di awal tadi, satu nilai plus dari buku ini adalah ditulis dan disampaikan dengan bahasa yang sederhana, ringkas, dan bilingual (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang mudah). Oleh sebab itu, menjadi pas dan sangat cocok untuk penanaman karakter mulia pada anak sekaligus untuk belajar memahami bahasa Inggris. Di samping itu, tidak ketinggalan, buku ini juga disertai dengan gambar ilustrasi yang keren dan penuh warna sebagaimana dunia anak-anak.

Terdapat 3 cerita di dalam buku ini, yaitu:
1. Stingy Doni (Doni Si Pelit)
2. Naughty Jali (Jali yang Nakal)
3. Arogant Ali (Ali yang Sombong)

Dalam masa pembentukan karakter, anak-anak sering kali tidak menyadari bahwa sifat pemalas, jahil, keras kepala, sombong, pelit, dan sok jagoan merupakan sifat yang tidak baik, itu sifat yang buruk. Seri pendidikan karakter ini dibuat untuk mengajak anak-anak untuk tidak memiliki sifat seperti itu.

"Stingy Doni (Doni Si Pelit)" bercerita tentang seorang anak lelaki bertubuh agak gemuk, rambutnya sedikit keriting, dan memiliki sifat periang. Sayang sekali, Doni sangat pelit kepada teman-temannya. Dia tidak pernah membagi bekal makanannya pada saat jam istirahat meskipun ada seorang temannya yang kebetulan tidak membawa bekal makanan. Bagaimana ceritanya hingga akhirnya Doni menyadari bahwa sifat/sikapnya yang pelit itu merupakan sifat yang tidak baik? Adalah ketika pada suatu hari Doni bangun kesiangan, sementara ibu Doni mengira bahwa Doni sudah bangun dari tadi. Karena kesiangan, Doni menjadi terburu-buru untuk berangkat ke sekolah. O la la... Rupanya Doni lupa tidak membawa bekal makanannya karena ketergesaannya itu. Untunglah, teman-teman Doni begitu berbaik hati dengan membagi sedikit bekal makanannya untuk Doni, karena teman-teman Doni pun mengerti bahwa di antara mereka, Doni lah yang paling besar nafsu makannya.

Stinginess leads to sadness...
Generositi leads to happiness
Pelit membuat sedih, murah hati membuat gembira
 

rifanfajrin.com

****

Cerita ke dua, "Naughty Jali (Jali yang Nakal)" bercerita tentang seorang anak lelaki bernama Jali. Dia memiliki tiga orang adik perempuan. Akan tetapi, bukannya sayang terhadap ketiga adiknya, Jali malahan suka usil, menggangu, dan menakali ketiga adiknya. Meskipun telah berkali-kali dinasihati oleh Bapak dan Ibunya, sikap Jali tetap saja tidak berubah. Apa yang menyadarkan Jali bahwa sikapnya itu tidak baik? Yaitu ketika pada suatu hari Jali jatuh sakit. Ketiga adiknya, yang selama ini selalu dinakali oleh Jali, bukannya membalas dendam melainkan justru merawat kakaknya, Jali, dengan penuh kasih sayang agar segera sembuh. 

Being naughty doesn't make you happy....Nakal tidak membuatmu bahagia....
rifanfajrin.com

***

Sedangkan cerita yang ke tiga berjudul "Arogant Ali (Ali yang Sombong)" bercerita juga tentang seorang anak laki-laki yang jago karate. Dia sudah mengenakan sabuk merah. Dia bernama Ali. Sayangnya, dengan kepandaiannya karate, dia menjadi sombong dan suka menjahili teman-temannya. Bahkan, dia sering bertindak kasar. Namun, di atas langit masih ada langit. Ketika Ali merasa bahwa dialah anak yang terkuat di sekolah, datanglah seorang murid baru yang ternyata dia lebih jago daripada Ali. Ali kalah dalam perkelahian.

Being arogant is upsetting
being humble is pleasing
Sombong itu menyebalkan, rendah hati itu menyenangkan.

rifanfajrin.com

**
____________
Data buku:

Judul Buku : Pendidikan Karakter 1 - Stingy Doni (Doni Si Pelit)
Penulis : Maharani
Ilustrasi : Dede Wahyu dan Citra Anggraeni
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo, Anggota IKAPI, Jakarta
Tahun Terbit : 2012

Buku Cerita Anak Pendidikan Berkarakter - Stingy Doni (Doni Si Pelit). Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Salam.


Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon