Resensi Buku Anak Anak: Dongeng Para Putri


rifanfajrin.com - Resensi Buku Anak Anak - Dongeng Para Putri

Dongeng Para Putri


Mengenal Para Putri Nusantara

Judul Buku                  : Dongeng Para Putri
Penulis                         : Ayu Prameswary
Ilustrasi                       : Niken Hartomo
Penerbit                       : Penerbit Erlangga For Kids

Tahun Terbit                : 2010


Buku "Dongeng Para Putri" ini perlu kita sambut dengan gembira. Dengan adanya buku ini, semakin menegaskan bahwa Nusantara kita memang sangat kaya akan cerita legenda dan dongeng yang banyak mengandung moral dan budi pekerti. Oleh sebab itulah, sangat baik bila para orang tua membacakan / memperdengarkan dongeng-dongeng tersebut bagi anak-anak.

Anak-anak yang telah terbiasa dibacakan dongeng, cenderung memiliki daya imajinasi yang lebih baik ketimbang anak-anak yang tidak dibacakan dongeng untuknya. Selain itu, membacakan dongeng untuk anak juga sangat baik untuk penanaman moral dan budi pekerti mereka. Sebab, dongeng selalu menghadirkan para tokoh yang baik hati, berperangai mulia, dan patut dicontoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perangai/watak para tokohnya selalu tergambar sangat jelas, dia tokoh jahat atau tokoh baik. Dengan demikian, anak (dengan didampingi oleh orang tuanya) akan bisa memilah dan membedakan manakah tokoh yang patut untuk diteladani, meskipun notabene dia adalah tokoh rekaan atau tokoh fiksi.

Dewasa ini, kesempatan bagi anak-anak untuk mengenal atau mengerti cerita-cerita dongeng nusantara yang sarat budi pekerti itu, semakin lama-lama semakin sedikit. Banyak pula orang tua yang kurang cakap mendongeng (menyampaikan) kepada putra-putri mereka. Selain karena kesibukan yang luar biasa, hal ini juga mungkin disebabkan orang tua sudah tidak ingat lagi cerita-cerita masa kecilnya dulu (atau bahkan tidak/belum tahu?).

Banyak pihak mungkin mulai menyadari keadaan ini. Bahwa amat disayangkan bila anak-anak kehilangan dongeng-dongengnya. Lalu muncullah berbagai cara mengemas dongeng yang sekiranya menarik bagi anak, misalnya dongeng dalam bentuk cerita animasi, vcd/dvd interaktif, maupun buku-buku dongeng dengan kemasan yang unik. Nah, buku ini menurut saya merupakan upaya mengemas cerita-cerita dongeng dalam bentuk buku yang memiliki tampilan cukup unik dan menarik. Oleh sebab itulah, seperti yang saya sampaikan di awal, buku "Dongeng Para Putri" ini perlu kita sambut dengan gembira.

Di dalam buku ini, terdapat sepuluh cerita yang semuanya disajikan dengan pusat pengisahan Para Putri dari cerita-cerita dongeng Nusantara. Berikut ini sepuluh Putri dalam buku ini:
  1. Dewi Sri, dari dongeng "Dewi Sri"
  2. Candra Kirana, dari dongeng "Keong Mas"
  3. Bawang Putih, dari dongeng "Bawang Merah dan Bawang Putih"
  4. Klenthing Kuning, dari dongeng "Ande-Ande Lumut"
  5. Loro Jonggrang, dari dongeng "Legenda Candi Prambanan"
  6. Nawang Wulan, dari dongeng "Jaka Tarub"
  7. Dayang Sumbi, dari dongeng "Sangkuriang"
  8. Beru Sibou, dari dongeng "Kisah Pohon Enau"
  9. Purbasari, dari dongeng "Lutung Kasarung"
  10. Timun Mas, dari dongeng "Timun Mas"
Apa istimewanaya buku ini? 
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon