Manfaat Menulis

Manfaat Menulis

Manfaat Menulis
            Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Dengan menulis seseorang dapat mengutarakan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuan. Jadi menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya.

            Menurut Gie (2007:21) manfaat menulis yaitu, (1) kalau ia seorang cendekiawan atau tokoh masyarakat, maka kepandaian itu dapat membuahkan karangan untuk dimuat dalam media massa, (2) kalau ia seorang kepala keluarga atau ibu rumah tangga dengan banyak pengalaman suka duka maka kepandaian itu dapat menyajikan cerita menarik untuk dinikmati orang lain, (3) kalau ia seorang dosen perguruan tinggi atau guru sekolah, maka kepandaian dapat dimanfaatkan untuk mengarang buku pelajaran, (4) kalau ia seorang pelajar atau mahasiswa, maka kepandaian itu tentu diperlukan untuk menulis skripsi atau paper, (5) kalau ia seorang manager perusahaan, maka kepandaian itu menjadi syarat penting untuk dapat menyusun laporan manajemen yang baik, (6) kalau ia seorang penggemar bacaan yang mahir bahasa Inggris, maka kepandaian itu kiranya dapat mengalihkan tulisan asing ke dalam bahasa nasional misalnya dalam bentuk saduran, (7) kalau ia bukan semuanya itu melainkan seorang warga masyarakat biasa, maka kepandaiannya mengarang berguna sekali untuk menulis buku catatan harian yang mengabadikan peristiwa, kesan, atau renungannya sendiri untuk diri sendiri. Dengan menulis buku catatan harian sebagai suatu budaya menulis yang patut dikembangkan, seseorang dapat mengingat secara jelas masa lampaunya, menghayati secara penuh masa kini, dan mengarahkan secara terencana masa depan dari hidupnya. Dengan demikian kegiatan menulis tidak semata-mata mempunyai berbagai manfaat, melainkan lebih daripada sesungguhnya penuh dengan daya tarik tersendiri bagi peminatnya.
            Pendapat lain menurut Percy dalam Gie (2007:21) mengemukakan ada enam manfaat kegiatan menulis yaitu pertama, suatu sarana untuk pengungkapan diri (a tool for self-expression). Seseorang dapat begitu tersentuh lubuk hatinya sehingga perlu mengungkapkan gejolak yang berada dalam dirinya, seperti misalnya dengan bersiul-siul atau berjingkrak-jingkrak. Menulis serangkaian kalimat merupakan salah satu sarana untuk mengungkapkan perasaan seseorang.
            Kedua, sebagai suatu sarana untuk pemahaman (a tool for understanding). Sewaktu mengarang atau menulis seseorang merenungkan gagasannya dan menyempurnakan penangkapannya terhadap sesuatu hal sehingga akhirnya ia dapat memperoleh pemahaman yang baru atau yang lebih mendalam tentang hal yang ditulisnya itu.
            Ketiga, sebagai suatu sarana untuk membantu mengembangkan kepuasan pribadi, kebanggaan, dan suatu perasaan harga diri (a tool to help developing personal satisfaction, pride, and a feeling of self-worth). Rasa puas dan harga diri merupakan imbalan dari keberhasilan seseorang menghasilkan suatu karya tulis. Pada kelanjutannya perasaan itu membangkitkan kepercayaan terhadap kemampuan sendiri untuk menciptakan terus karya-karya lainnya.
            Keempat, sebagai suatu sarana untuk menigkatkan kesadaran dan pencerapan terhadap lingkungan sekeliling seseorang (a tool for increasing awareness and perception of one’s environment). Dengan sering mengarang atau menulis seseorang meninggikan kesiagaan inderawinya dan mengembangkan daya cerapnya pada tingkat kejasmanian, tingkat perasaan, maupun tingkat kerohanian.
            Kelima, sebagai suatu sarana untuk keterlibatan secara bersemangat dan bukannya penerimaan yang pasrah (a tool for active involvement, not passive acceptance). Dengan jalan mengarang karya tulis, seseorang menampilkan ke luar gagasan, menciptakan sesuatu, dan secara giat melibatkan diri dengan ciptaannya.
            Keenam, sebagai suatu sarana untuk mengembangkan suatu pemahaman tentang dan kemampuan menggunakan bahasa (a tool for developing an understanding of and ability to use the language). Tujuan paling umum sekolah mungkin adalah mencapai kemampuan membaca dan mengerti apa yang ditulis orang lain serta kemampuan memakai kata-kata dalam tulisan untuk menyampaikan keterangan kepada orang lain. Jelas kegiatan menulis bermanfaat membantu tercapainya tujuan tersebut.
            Menurut Suparno dan Yunus (2007:14) manfaat menulis yaitu: (1) untuk meningkatkan kecerdasan; (2) pengembang daya inisiatif dan kreativitas siswa; (3) penumbuhan keberanian; (4) pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon