Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TULANG ANGGOTA GERAK ATAS DAN BAWAH

Rifanfajrin.com - jelaskan fungsi tulang dan otot pada manusia

Assalamualaikum teman-teman, pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah.

Sebagaimana diketahui pada tubuh kita terdiri dari dua kelompok tulang yang berfungsi membantu anggota gerak, yaitu tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah.

Tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah termasuk dalam kerangka apendikular,  yaitu sistem rangka yang mencakup pergerakan. 

Nah, mari kita cari ulas lebih jauh tentang tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah serta fungsinya, ya.

Tulang Anggota Gerak Atas dan Fungsinya

Pada tubuh manusia terdapat tulang anggota gerak atas, yaitu lengan dan tangan, .

Fungsi tulang anggota gerak atas yaitu melakukan berbagai fungsi, misalnya menggenggam, menulis, menggambar, memegang benda, menunjuk, dan yang lainnya.

TULANG ANGGOTA GERAK ATAS DAN BAWAH

Lengan dan tangan kita tersusun dari beberapa tulang, yaitu:

  1. Tulang lengan atas atau humerus: Bentuknya seperti tongkat yang panjang. Tulang ini terhubung dengan bahu dan membentuk bagian kepala yang bundar.
  2. Tulang pengumpil atau radius: Bentuknya panjang dan semakin ke bawah semakin besar. Tulang ini menyambungkan siku dengan tangan di dekat ibu jari.
  3. Tulang hasta atau ulna: Bentuknya panjang dan letaknya sejajar dengan tulang pengumpil.
  4. Tulang pergelangan tangan atau karpal: Tulang pergelangan tangan tersambung dengan tulang pengumpil dan hasta. Tulang ini terdiri dari delapan buah tulang.
  5. Tulang telapak tangan atau metakarpal: Tulang telapak tangan terhubung dengan tulang pergelangan tangan dan tulang jari. Tulang ini terdiri atas lima buah tulang pipa pendek.
  6. Tulang jari tangan atau falang: Tulang jari tangan terdiri atas 14 buah tulang.

Tulang Anggota Gerak Bawah dan Fungsinya

Anggota gerak bawah manusia terdiri dari kaki, teman-teman.

Fungsi tulang anggota gerak bawah antara lain membantu kita berdiri, berjalan, berlari, memanjat, menendang, dan yang lainnya.

TULANG ANGGOTA GERAK ATAS DAN BAWAH


Kaki kita tersusun dari beberapa tulang, yaitu:

  1. Tulang paha atau femur: Tulang paha adalah tulang terbesar dan terkuat di tubuh manusia. Tulang ini terhubung dengan pinggul dan membentuk bagian kepala yang bundar.
  2. Tulang tempurung lutut atau patella: Tulang tempurung lutut berbentuk segitiga dan tebal dan terhubung dengan tulang paha. Tulang ini juga melindungi sendi lutut.
  3. Tulang kering atau tibia: Tulang kering bentuknya panjang, letaknya di tungkai kaki.
  4. Tulang betis atau fibula: Tulang betis juga panjang dan letaknya sejajar dengan tulang kering.
  5. Tulang pergelangan kaki atau metatarsal:  Terdapat tulang yang melekat pada tulang betis dan membentuk pergelangan kaki dan di bawah tulang itu ada tumit yang tersambung dengan tulang lain.
  6. Tulang telapak kaki atau metatarsal: Tulang telapak kaki terdiri dari lima tulang panjang yang menghubungan ke jari.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang fungsi tulang dan otot pada manusia, tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah. semoga bermanfaat.