TARI KIJANG KELAS 2 SD

rifanfajrin.com - tari kijang kelas 2 sd

Halo teman teman, apa kabar semuanya? pada pembahasan kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang buku tematik halaman 68 untuk kelas 2 sd. Materi tesebut merupakan materi yang bersumber pada tema 7. Sebagai ilustrasi pembahasan, dimulai dari kalimat berikut ini

Ibu Guru kerap mengisahkan berbagai dongeng tentang  hewan (fabel). Salah satu hewan yang kerap disebut misalnya adalah kijang. Sangat banyak hikmah yang dapat dipetik dari kisah fabel dan banyak memberikan contoh perbuatan baik dari dongeng dongeng tersebut. Hewan hewan itu dapat hidup rukun dan menjaga kebersamaan. 

Sebagai upaya memahami tentang kisah hewan kijang, hari ini Ibu Guru mengajarkan gerakan tari kijang pada Halaman 68 buku tematik 7 kelas 2.

Gerak Dasar Tari Kijang

Tari Kijang merupakan tarian yang berasal dari provinsi Jawa Barat. Tari Kijang merupakan kesenian yang menceritakan tentang suasana perburuan rakyat dengan menggunakan media jamparing dan gondewah (busur dan anak panah).

Sejarah dan makna Tari Kijang  menggambarkan semangat persatuan. Nama Tari Kijang sendiri diambil dari para tokoh yang bergelar Kidang Pananjung, Kidang Kancana dan Kidang Soka (Sokawayana).

ciri khas dari Tari Kijang adalah terletak pada gerakannya. Ciri khas inilah yang membedakan dengan tarian lainnya. setiap gerakan memiliki makna tersendiri.

Tari kijang memiliki gerak tarian yang lincah, menggambarkan suasana suasana perburuan, para penari menggunakan asesoris berupa busur dan anak panah, semakin menambah keindahan dari tarian tersebut, sebab asesoris tersebut menjadikan tarian sangat dinamis penari bisa mendalami karakternya. Di setiap gerakannya yang lincah, dapat tersiratkan makna dan suasana gembira.

Selain gerakannya, ciri khas lain dari Tari Kijang adalah tata busana dan tata riasnya menyerupai kijang yang sesuai dengan tema tarinya. Misalnya, alis para penari dibuat seperti tanduk kijang. Meski dalam busana dan riasan kijang, Tari Kijang ini begitu estetik dan nikmat dipandang.

Berikut ini merupakan gerakan dasar tari kijang kelas 2 sd

gerak dasar tari kijang
Berlari-lari kecil ke arah depan dengan posisi tangan di kepala seperti tanduk. Pandangan lurus ke depan.

gerak dasar tari kijang
gerakan dasar tari kijang 2 (Buku Tematik Tema 7 Kelas 2 SD)

Melompat ke kanan dan ke kiri. Posisi tangan lurus, jari membuka. Posisi badan membungkuk.

gerak dasar tari kijang
Menggerakkan tangan ke samping kanan dan kiri, posisi kaki jongkok seperti gambar.

Ayo Mencoba

Lakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki seperti seperti gambar di atas! Siswa dapat merangkai urutan gerak kijang atau menambah gerakangerakan lain yang sesuai gerakan kijang.

Halaman 69

Lakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki seperti seperti gambar di atas!


close