Lomba Kebersihan, Ketertiban, Keindahan (K3)

Dalam Rangka memeringati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, beraneka lomba digelar. Salah satunya adalah Lomba Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan (K3) baik tingkat Lingkungan RW, maupun tingkat kelurahan.

Tahun 2018 ini, lingkungan kami RT 06 RW 12 Kupang Serasi Ambarawa kembali meraih Juara I Lomba Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan (K3) tingkat RW / Lingkungan Serasi.

Raihan ini perlu kami syukuri bersama. Bukan semata-mata karena predikat "juara"-nya. Kalau bicara nominal, hadiah atau uang yang diterima oleh juara tentu tidaklah seberapa. Dalam bahasa Jawa, "ora cucuk", tidak sepadan dengan pengeluaran kami baik untuk perawatan dan pengadaan tanaman misalnya.

Namun, lebih dari itu, ada kepuasan batin yang membuncah dari hati kami. Apalagi tahun ini kami berhasil mempertahankan "tradisi", tahun lalu kami juga menjadi juara lomba K3 ini. Dengan ini kami merasa bahwa kegiatan kerja bakti, gotong-royong, dan setiap momen kebersamaan kami segenap warga menjadi tidak sia-sia.


[Taman RT 06 RW 12]

Berdasarkan rekap evaluasi Lomba K3 Tingkat RW 12 Lingkungan Serasi, ada beberapa catatan positif yang menjadikan kami kembali meraih juara. Catatan "Kunci Keberhasilan" kami di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Partisipasi warga yang tinggi
  2. Bank Sampah teradministrasi "BILING" Bina Lingkungan
  3. Tempat Bermain Anak
  4. Lingkungan Asri
  5. Pilah Sampah atau spanduk
Adapun catatan-catatan dari RT lain yang menjadi keunggulan dibanding RT kami adalah sebagai berikut:
  1. Terdapat lubang biopori
  2. Tanaman per tatanan rumah tangga cukup
  3. Ada foto dokumentasi kegiatan
  4. Taman dan kolam ikan hias air mengalir
  5. Taman dan pos kamling terpadu cantik menarik dan representatif
Dari hasil ini, bukan berarti kami berhenti sampai di sini. Dalam minggu ini kami akan ditinjau dan dinilai sebagai perwakilan lingkungan kami dalam Lomba K3 Tingkat Kelurahan Kupang Ambarawa.

Menilik pengalaman tahun lalu, serta dari pengamatan kasar kami kepada lingkungan-lingkungan lain di kelurahan kami, rasanya untuk tahun ini masih tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun lalu. Saya rasa hasil lomba masih tidak jauh berbeda.

Namun, kami tidak terlalu merisaukan hal itu. Yang penting bagi kami adalah, lingkungan kami sekarang sudah lebih baik dari tahun-tahun lalu/sebelumnya. Dan yang lebih menggembirakan, tingkat partisipasi warga juga kami rasakan meningkat ketimbang yang sudah-sudah.

Dengan demikian, harapan kami adalah mudah-mudahan saja kita senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan, kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan, serta kerukunan antartetangga sehingga kami bisa terus melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Kegiatan yang bermanfaat bagi kita semua, mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan lebih luas bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia.

Merdeka!







close