Cara Membuat Media Teka Teki Silang untuk Pembelajaran dengan Eclipse Crossword di Komputer

Cara Membuat Media Teka Teki Silang untuk Pembelajaran dengan Eclipse Crossword di Komputer



Ada banyak cara untuk mengondisikan pembelajaran di kelas menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan permainan teka teki silang. Mengapa lebih menyenangkan? Karena di situ ada unsur permainan, tantangan, sekaligus hiburan.

Di kelas saya sendiri, kelas 3B SD Labschool Unnes, saya sudah beberapa kali memberikan soal berupa teka teki silang kepada anak-anak. Antara lain pada pelajaran bahasa Jawa, bahasa Indonesia, dan pelajaran IPA.

Alhamdulillah, pembelajaran tersebut mendapat tanggapan yang baik dari anak-anak.

Dalam post ini, saya akan berbagi kepada Anda, bagaimana cara membuat teka-teki silang tersebut.
Sebelumnya, ada dua hal yang perlu Anda siapkan, yaitu:

1. Program EclipseCrossword
2. Soal beserta jawabannya

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa juga melihat di vidio di bawah ini.


Bila Anda belum ada Program EclipseCrossword di komputer, Anda bisa dengan mudah mengunduh dan memasangnya (download dan install) secara gratis. Anda cari saja di Google, akan ada banyak yang menyediakan program tersebut.

Setelah komputer/laptop Anda terinstall program tersebut, selanjutnya tinggal menuliskan pertanyaan/soal/petunjuk sesuai pelajaran/materi apa yang hendak Anda ujikan.

Sekadar saran saja, sebaiknya Anda menyiapkan dulu daftar pertanyaan dan jawaban di notepad atau di word program agar lebih cepat dalam mengentry (memasukkan) daftar pertanyaan pada program eclipse crossword tersebut.

Selanjutnya, setelah semua pertanyaan berhasil di-entry, maka kolom teka-teki silang akan dibuat secara otomatis. 

Langkah terakhir, Anda bisa membuat teka-teki silang tersebut menjadi sebuah program animasi javascript bila Anda menguasai pemrograman, atau mencetak lembar teka-teki tersebut seperti biasa.

Demikianlah Cara Membuat Media Teka Teki Silang untuk Pembelajaran dengan Eclipse Crossword di Komputer. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda terutama yang berprofesi sebagai guru.

Selamat mencoba.
close