Cara Merawat Tumbuhan [Pelajaran IPA Sekolah Dasar]

Tumbuhan (tanaman) sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia. Coba kita sebutkan apa saja manfaat tumbuhan! Di antara manfaat tumbuhan bagi kita adalah, tumbuhan bisa menjadi sumber makanan yang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh kita. Tumbuhan juga kita perlukan sebagai bahan baku membuat bangunan, atau bahan baku industri seperti kain dan mebel. Keberadaan tumbuhan di sekitar kita juga membuat udara yang kita hirup terasa segar.

Oleh sebab itu, kita harus menyayangi dan merawat tumbuhan yang telah memberikan banyak manfaat bagi kita. Hal itu harus kita lakukan agar tumbuhan tetap lestari dan tetap bermanfaat. Apa jadinya bila di sekitar kita tidak terdapat tumbuh-tumbuhan? Tentu akan terasa gersang dan kering.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat tumbuhan.

BACA JUGA: Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia


Merawat tumbuhan harus dilakukan dengan sepenuh hati, dengan suungguh-sungguh dan penuh dengan kasih sayang. Karena tumbuhan juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan sebagaimana diri kita.

Sekurang-kurangnya terdapat 4 cara merawat tumbuhan, yaitu sebagai berikut:

1. Menyiram tanaman

Air adalah unsur yang sangat penting bagi seluruh makhluk, tak terkecuali bagi tanaman/tumbuhan. Air sangat bermanfaat bagi tumbuhan untuk proses memasak makanan (proses fotosintesis). Jika tumbuhan mendapatkan air yang cukup, ia akan tumbuh dengan baik. Sebaliknya, bila tumbuhan kekurangan air, maka ia akan kering, layu, dan pada akhirnya akan mati.

Tumbuhan bisa mendapatkan air melalui air hujan. Akan tetapi bagi tumbuhan yang dibudidayakan dan diletakkan di tempat yang terlindung dari air hujan, maka kebutuhan tumbuhan akan air bisa berkurang. Apalagi pada musim kemarau.

Oleh sebab itulah, cara pertama kita merawat tumbuhan adalah memastikan bahwa tumbuhan mendapatkan air yang cukup. Siramlah tanaman dengan teratur, pada pagi dan sore hari, atau tergantung jenis tumbuhan yang kita rawat. Ada beberapa tumbuhan yang hanya perlu disiram dua kali dalam seminggu, yang bahkan akan mati bila tertalu sering disiram.


2. Memberinya pupuk

Unsur penting lainnya bagi tumbuhan agar tumbuh dengan subur adalah ketersediaan pupuk. Yang perlu kita perhatikan adalah, pemberian pupuk harus tepat atau sesuai dengan dosis atau takarannya. Intinya, jangan sampai kekurangan maupun kelebihan pupuk.

Pupuk yang kita berikan bisa berupa pupuk kompos (pupuk yang berasal dari daun-daunan kering), pupuk kandang (pupuk yang dibuat dari kotoran hewan), atau pupuk kimia organik.


3. Melakukan Pemotongan atau Pemangkasan

Pada beberapa tumbuhan, kita perlu melakukan pemangkasan atau pemotongan agar tumbuhan bisa tumbuh dengan baik. Pemotongan kita lakukan pada batang atau daun yang sudah berumur (tua), sehingga memberikan kesempatan/merangsang tumbuhnya daun-daunan atau batang yang muda dengan lebih sempurna.


4. Memberantas Hama dan Gulma pada Tumbuhan

Hama dan gulma adalah para pengganggu pertumbuhkembangan tumbuhan. Apa itu hama? Hama adalah hewan-hewan pengganggu produksi pertanian, misalnya adalah tikus, walang sangit, hama wereng, atau ulat. Sedangkan gulma adalah tumbuhan pengganggu yang hidup di sekitar tanaman kita, yang menyebabkan tumbuhan gagal berkembang secara maksimal, misalnya adalah semak-semak dan rerumputan.

Hama dan gulma bisa kita berantas dengan cara menyemprotkan zat kimia yang bernama pestisida maupun herbisida. Bedanya adalah, pestisida untuk membasmi hama (hewan pengganggu), sedangkan herbisida digunakan untuk membasmi gulma (tumbuhan pengganggu).

***

Demikianlah sekelumit cara sederhana untuk merawat tumbuhan sebagai makhluk Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Mari kita jaga kelestariannya, termasuk juga kelestarian hewan, minimal memberikan perawatan yang baik kepada hewan kesayangan.

Baca Juga: Cara merawat dan Memelihara Hewan kesayangan

Pada akhirnya kami hanya berharap semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Ella fitria
AUTHOR
9 Oktober 2018 13.06 delete

ini lagi ada di tema 3 kelas 4 Pak guru, minggu ini anak2 bawa tumbuhan lalu berusaha bertanggungjawab untuk merawatnya.. ;)

Reply
avatar
9 Oktober 2018 13.15 delete

Wah, menyenangkan sekali itu bu guru.. semoga anak-anak berhasil menjaga dan merawat tanaman mereka sampai mereka luluss..Amiinn

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon