Cara Merawat dan Memelihara Hewan

Pelajaran hari ini akan kita bahas bagaimana cara merawat dan memelihara hewan. Sebagaimana kita tahu, hewan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, salah satu diantaranya adalah untuk mendapatkan kesenangan (hobi) yaitu hewan dijadikan sebagai peliharaan.

Apabila kita memiliki hobi memelihara hewan, kita harus tahu bagaimana cara memelihara dan merawat hewan-hewan tersebut. Jangan sampai hewan tersebut justru menderita karena kita pelihara. Maka, kita harus memahami terlebih dahulu apa kebiasaan hidup hewan peliharaan kita, apa makanan kesukaannya, dan bagaimana tempat hidup yang disukainya, misalnya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat/memelihara hewan peliharaan. 




CARA MERAWAT DAN MEMELIHARA Hewan Peliharaan adalah: Membuatkan Kandang, Memberi Makanan dan Minuman, Menjaga Kebersihan Hewan, Memberi Vaksin dan Membawa ke Dokter Hewan, serta Memberikan Jodoh.


1. Membuatkan Kandang Hewan yang layak

Seperti manusia, hewan memerlukan tempat tinggal untuk hidupnya. Tempat tinggal bagi hewan disebut kandang. 

Kita harus memberikan kandang yang layak kepada hewan peliharaan kita. Setidaknya, buatlah kandang yang sekiranya hewan bisa bergerak dengan leluasa. Maka, kandang jangan terlalu sempit, tidak terlalu luas juga, yang penting hewan cukup leluasa bergerak.

Kemudian kandang yang baik bagi hewan adalah kandang yang dapat melindungi hewan dari panas matahari langsung dan terhindar dari hujan, serta tersedia cukup udara, tidak pengap, dan terjaga kebersihannya.

Kandang yang bersih dan selalu dibersihkan secara teratur dapat menghindarkan hewan peliharaan dari penyakit. Tidak hanya itu, si pemilik/pemelihara juga akan terjaga dari bibit penyakit bila menjaga kebersihan kandang hewan peliharaannya.


2. Memberi Makanan dan Minuman Kepada Hewan Peliharaan


Kebutuhan akan makanan dan minuman hewan peliharaan menjadi tanggung jawab si pemelihara. Berbeda dengan hewan yang hidup bebas/liar yang bisa mencari makanannya sendiri, hewan peliharaan tidak lagi leluasa mencari makan.


Bagaimana hewan akan mencari makan, sementara hewan itu hidup di dalam kandang/sangkar, dengan ruang gerak yang terbatas? Oleh sebab itulah, kita harus memberikan makanan dan minuman kepada hewan peliharaan kita.

Kita harus memberikan makanan dan minuman yang cukup kepada peliharaan kita. Jangan sampai kurang, atau pun terlalu berlebihan. Pada hewan tertentu, pemberian makanan yang terlalu banyak akan berakibat buruk, misalnya ikan hias di aquarium justru akan mati kalau diberi makanan terlalu banyak.

Jadi, pada intinya berikanlah makanan yang cukup secara teratur dan sesuai.


3. Menjaga Kebersihan Hewan


Sebelumnya telah dijelaskan mengenai menjaga kebersihan kandang. Selain kandangnya, hewan peliharaan itu sendiri pun juga perlu dijaga kebersihan tubuhnya. Caranya adalah dengan memandikannya secara teratur.


Bila perlu, berikanlah shampo khusus untuk hewan peliharaan, misalnya shampo untuk memandikan kucing kesayangan.

Dengan demikian, hewan pun akan selalu sehat, terhindar dari penyakit, dan juga tidak menyebarkan bibit penyakit yang membahayakan bagi lingkungan sekitarnya.


4. Memberi Vaksin dan Membawa ke Dokter Hewan Secara Teratur


Vaksinasi juga perlu diberikan kepada hewan peliharaan kita, tujuannya adalah mencegah/menghindarkan hewan dari penyakit. Dalam beberapa kasus, hewan yang tidak diberikan vaksin dapat menularkan penyakit kepada manusia juga. Tentu ini sangat berbahaya.


Contoh hewan yang sangat perlu diberikan vaksin misalnya adalah seperti kucing dan anjing.

Selain diberikan vaksin, hewan juga perlu dibawa ke dokter spesialis hewan apabila menderita sakit atau terluka.


5. Mencarikan Jodohnya

Cara merawat dan memelihara hewan yang tak kalah penting adalah memberikan jodoh. Misalnya, bila kita memelihara burung love bird di dalam sangkar, carikanlah jodohnya sehingga menjadi sepasang.

Begitu juga misalnya ketika kita memelihara kucing persia jantan dari kecil, ketika si kucing telah masuk pada usia pubertas sangat penting untuk kita carikan jodohnya. Hal itu dapat menghindarkan kucing bertindak liar dan tak terkendali.

***

Selain lima hal di atas, mungkin masih ada lagi cara-cara tambahan untuk merawat dan memelihara hewan peliharaan. Pada intinya, hewan bisa dimanfaatkan sebagai penambah kesenangan atau hobi. Bahkan tak jarang hoboi-hobi tersebut juga mendatangkan penghasilan yang cukup lumayan.


Akhirnya, semoga post tentang merawat dan memelihara hewan ini bisa bermanfaat bagi kita bersama. Selamat belajar dan semoga sukses di dalam usaha mencari ilmu pengetahuan.
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Obat Sakit
AUTHOR
2 Oktober 2018 14.30 delete

selain memberinya rumah yang nyaman, jangan lupa makanan serta minuman untuk hewan kesayangan kita
Kebersihan harus diutamakan karena kalau kotor dan terlihat orang yang lewat depan rumah kita bisa menjadi perguncingan tetangga

Reply
avatar
2 Oktober 2018 14.53 delete

Betul, mas.
Tetangga kami ada yang memelihara beberapa ular. plus burung. sayangnya kurang terjaga kebersihannya, sehingga seorang warga meminta untuk dimusyawarahkan di RT

Reply
avatar
Himawan sant
AUTHOR
3 Oktober 2018 21.56 delete

Betul sekali, memelihara hewan harus diberi perhatian dan kebutuhan yang layak.
Makan yang cukup, tempat istirahat yang cukup juga kasih sayang.
Memang menyita waktu, tapi sudah semestinya begitu karena keputusan memilih memelihara hewan kesayangan.

Ngomong-ngomong adik Ilyas memelihara hewan kesayangan apa nih ?

Reply
avatar
4 Oktober 2018 08.15 delete

Di rumah kami tidak ada hewan peliharaan, Mas. Istri dan anak sebenarnya suka kucing, tapi saya sedikit phobia sama kucing...
Ayam juga nggak mungkin, karena gak ada lahannya.
Ikan di aquarium rencananya.

sementara lovebird, saya kurang telaten, hehehe

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon