Sulit Mengakses Situs SSCN

Tahun ini, 2018, penerimaan calon pegawai negeri sipil dibuka kembali. Pendaftaran sudah dimulai sejak dua hari lalu, tepatnya tanggal 26 September. Namun, sampai sekarang, untuk membuat akun (registrasi) saja, saya masih mengalami kesulitan alias gagal! 

Masalahnya bukan karena NIK atau nomor KK saya yang bermasalah, melainkan situs SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) BKN (Badan Kepegawaian Negara) sendiri yang sulit diakses. Sudah beberapa kali percobaan saya lakukan, tetapi masih saja satu-satunya situs untuk mengajukan lamaran tersebut tidak merespons. Server masih sibuk!  Padahal saya coba mengakses pada waktu-waktu yang disarankan, yang menurut saran tersebut, itulah waktu-waktu yang "sepi" dan besar kemungkinan prosesnya akan lebih lancar.



Ada yang bilang, waktu yang tepat untuk mengakses situs sscn adalah mulai lewat tengah malam hingga dini hari. Masuk akal karena itu adalah waktu kita beristirahat. Saya sudah coba, bangun tengah malam, tetap saja saya gagal!

Ada lagi informasi yang tepat untuk mengakses situs sscn, yaitu antara pukul 16.30 - 18.30 WIB. Saya pikir masuk akal juga, karena itu jam pulang kerja dan beristirahat serta melaksanakan shalat magrib. Saya coba menjelang magrib, masih gagal juga.

Saran lain untuk mengatasi gagal akses, selain mengakses pada waktu yang disarankan, adalah dengan cara clear history dan cache di perangkat laptop/komputer kita. Apakah saya sudah melakukannya? Sudah dong! Apa aja sarannya, sudah saya coba, akan tetapi masih saja gagal. 

Ketika saya menulis "unek-unek" ini pun, saya sedang mencoba melakukan registrasi, sudah memasukkan NIK, Nomor KK, dan Mengetik CAPTCHA di situs SSCN. Namun, yaaa begitulah, kali ini lebih parah karena ketika saya KLIK Lanjutkan, yang terjadi adalah processing atau memproses yang cuma muter-muter aja. Hingga artikel ini hampir selesai saya sudah, masih aja muter-muter.

Apakah karena koneksi internet saya yang lambat dan tidak stabil? Sepertinya TIDAK! Okelah, kalaupun iya koneksi saya lambat, mengapa saya dan beberapa teman yang mengakses portal itu melalui jaringan WIFI yang kenceng banget tetap saja gagal? Hehehe... Berarti memang servernya dooong!

Animo kita (atau saya?) untuk mengikuti tes CPNS tahun ini apa memang meningkat yaa? Sehingga dalam berbagai situs berita yang saya baca, membludaknya pelamar yang mengakses situs SSCN secara bersamaan itulah yang menyebabkan server down! Padahal juga, katanya sudah diantisipasi dengan server yang kuat untuk diakses hingga 2 juta orang secara bersamaan.

Yah... mungkin yang bisa saya lakukan saat ini adalah tetap menunggu, sambil melakukan hal lain yang bisa dilakukan. Tetap melakukan sesuatu yang produktif lainnya. Siapa tahu, besok menjelang batas akhir pendaftaran saya berhasil mengaksesnya. Jadi kalau berhasil, ceritanya jadi lebih keren. Bismillah saja.


Demikian sedikit unek-unek dari saya. Jika Anda mengalami hal yang sama, semoga urusan kita segera menemukan jalan keluar. Pokoknya yakin saja, kita bisanya cuma berusaha. Apapun hasilnya, kita prasangka baik, hal itulah yang terbaik bagi kita.

UPDATE!!!!

Pada Minggu, 30 September 2018, situs SSCN akan melakukan upgrading jalur komunikasi untuk lebih meningkatkan kapasitas akses.


Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon