Rangkuman Materi TEMA 2 SUB TEMA 3 dan 4 Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013

Pada bab ini kita akan belajar sambil mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS), atau dulu disebut Ulangan Tengah Semester (UTS). Kita belajar dengan rangkuman materi Tema 2 subtema 3 dan subtema 4, untuk kelas 3 SD kurikulum 2013.




Rangkuman Materi PPKN adalah sebagai berikut ini, perhatikan baik-baik!

1. Bunyi dari Sila ke 5 Lima Pancasila adalah: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Adapun lambang sila ke 5 adalah padi dan kapas.

2. Pengamalan sikap yang sesuai dengan sila ke 5 Pancasila ini, contohnya di lingkungan keluarga adalah adanya tugas, hak, dan kewajiban yang seimbang pada masing-masing anggota keluarga.

3. Berikut ini adalah contoh peran, kewajiban, dan hak seorang anak di dalam lingkungan keluarga di rumah:

a. Di dalam sebuah keluarga, anak berperan sebagai anggota keluarga

b. Kewajiban seorang anak di dalam sebuah lingkungan keluarga, antara lain adalah belajar dan membantu meringankan pekerjaan orang tua di rumah. Misalnya adalah: membantu mencuci piring sendiri setelah makan, menyapu  atau mengepel lantai, membantu ibu menyiram bunga, atau menjaga (momong) adik yang masih kecil.

c. Hak seorang anak di rumah, contoh misalnya adalah anak mendapatkan kasih sayang dari orang tua dan dicukupi kebutuhannya, terutama pada kebutuhan primer/pokok. Anak juga berhak memberikan usulan demi kebaikan keluarga.

4. Sedangkan peran, kewajiban, dan hak seorang Ibu di lingkungan keluarga di rumah adalah sebagai berikut ini:

a. Peran ibu, pada umumnya adalah pendamping kepala keluarga. (Ibu bisa saja menjadi kepala keluarga dalam kondisi tertentu, misalnya ketika Ayah sudah meninggal dunia)

b. Kewajiban seorang Ibu di rumah, umpamanya adalah mengasuh dan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya, mengatur kebutuhan keluarga, menyiapkan hidangan makanan untuk keluarga, dan mengatur rumah tangga agar terjaga kebersihan dan ketertibannya.

c. Hak seorang Ibu di rumah, adalah Seorang Ibu berhak untuk dihormati, dipatuhi, dan disayangi oleh anak-anaknya.

5. Adapun peran, kewajiban, dan hak seorang Ayah di dalam lingkungan keluarga di rumah adalah sebagai berikut ini:

a. Ayah berperan sebagai kepala keluarga, pada umumnya.

b. Adapun kewajiban seorang Ayah di dalam keluarga adalah melindungi seluruh anggota keluarga dan bertanggung jawab mencari nafkah untuk seluruh keluarganya.

c. Hak seorang Ayah di dalam keluarga adalah disayangi oleh seluruh anggota keluarga, dipatuhi, dan dihormati.


Rangkuman Materi Bahasa Indonesia, adalah sebagai berikut ini.

1. Mengenal Berbagai Macam Pekerjaan/Profesi

a. Petani (Pak Tani), adalah seseorang yang setiap pagi membawa cangkul dan pergi ke sawah. Pak tani bekerjan menggarap sawah, menanaminya dengan padi, dan sangat berjasa menyediakan bahan makanan pokok untuk kita semua. Petani adalah pekerjaan yang sangat mulia dan banyak jasanya.

b. Guru (Bapak/Ibu Guru) adalah seseorang yang mengajari dan membimbing kita sebagai siswa belajar di sekolah. Pekerjaan guru ini merupakan pekerjaan yang sungguh mulia, selain mencerdaskan siswa-siswi juga membina akhlaq siswa-nya.

c. Koki atau disebut juga sebagai juru masak adalah seseorang yang bertugas menyiapkan masakan untuk dihidangkan.

d. Petugas keamanan lingkungan adalah seorang yang bertugas menjaga lingkungan tetap aman, mengamankan lingkungan, memastikan lingkungan aman dari gangguan seperti pencurian dan tindak kejahatan lainnya.


Rangkuman Materi Matematika adalah sebagai berikut ini

Memahami pecahan (pecahan biasa)

Contohnya: bila ada satu roti yang dipotong menjadi 4 bagian sama besar, maka bila dilambangkan dalam pecahan akan menjadi  1/4 satu per empat.

Bagian atas disebut pembilang, dan bagian bawah disebut penyebut.

Demikianlah sedikit rangkuman materi untuk tema 2 sub tema 3 dan 4 kelas 3 sd kurikulum 2013.


Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Selamat belajar dan mengerjakan ujian dengan jujur, mudah-mudahan mendapatkan hasil yang menggembirakan 
Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon