Pengertian Simbiosis, Macam-Macam Simbiosis dan Contohnya

Pada bab ini, kita akan belajar mengenai hubungan yang erat antarmakhluk hidup yang disebut dengan simbiosis. Berdasarkan etimologi kata, simbiosis berasal dari bahasa Yunani, yaitu sym yang bermakna dengan, dan biosis yang bermakna kehidupan. Dengan demikian, pengertian simbiosis secara sederhana dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling berdampingan yang berlainan jenis. 

Adapun makhluk hidup yang melakukan simbiosis, atau terlibat di dalam simbiosis, sering disebut sebagai simbion.

Setelah kita memahami pengertian dari simbiosis, mari kita pelajari macam-macam simbiosis beserta contohnya.


[Gambar: Lebah Madu Mengisap Nektar Bunga]


BACA Juga: Belajar tentang Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan (Hubungan Antara Makhluk Hidup dengan Lingkungannya)

Macam-Macam Simbiosis dapat dijelaskan sebagai berikut ini

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme mengandung arti hubungan antara dua makhluk hidup yang bersifat saling menguntungkan, keduanya untung, masing-masing simbion mendapatkan manfaat dari interasksi yang terjadi.

Adapun contoh simbiosis mutualisme antarmakhluk hidup misalnya adalah sebagai berikut:

a. Hubungan antara Kerbau dan Burung Jalak: burung jalak memakan kutu kerbau, keduanya sama-sama beruntung. Burung jalak mendapatkan makanan yaitu kutu yang menempel pada badan kerbau, sedangkan kerbau juga diuntungkan karena terbebas dari kutu-kutu di tubuhnya.

b. Hubungan antara lebah atau kupu-kupu dengan bunga: yaitu lebah/kupu-kupu mengisap nektar bunga. Keduanya saling mendapatkan manfaat dari simbiosis yang terjadi, yaitu Lebah mendapatkan makanan berupa nektar bunga, sedangkan bunga juga mendapatkan keuntungan karena lebah membantu proses penyerbukan pada bunga.


2. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme memiliki pengertian, hubungan antara dua makhluk hidup dimana hanya salah satu yang mendapatkan keuntungan, sedangkan satu pihak lainnya mendapatkan kerugian.

Adapun contoh dari simbiosis parasitisme antarmakhluk hidup misalnya adalah sebagai berikut ini.

a. Cacing gelang dan manusia: Cacing gelang hidup di dalam usus manusia. Manusia tentu akan dirugikan dengan adanya cacing di dalam ususnya, karena cacing akan mengisap darah manusia yang mengakibatkan manusia akan menderita kekurangan darah akut atau anemia akut.

Pada hubungan ini, cacing gelang mendapatkan keuntungan, sedangkan manusia menderita kerugian.

b. Tumbuhan tali putri dengan inangnya: Tali putri akan mengisap sari-sari makanan dari inangnya. Tali putri adalah tumbuhan parasit yang menempel pada tanaman inang, misalnya beluntas. Dia akan menyerap sari-sari makanan sebagai hasil fotosintesis dari tumbuhan inang secara langsung, hal ini akan mengakibatkan tumbuhan inang akan cepat mati karena makanannya diserap oleh tali putri. 

Pada hubungan ini, tali putri mendapatkan keuntungan, sedangkan tumbuhan inang mengalami kerugian.


3. Simbiosis Komensialisme

Simbiosis komensialisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang mana salah satunya mendapatkan keuntungan, akan tetapi pihak lain tidak dirugikan. Jadi hanya satu saja yang untung, sedangkan pihak lain tidak ada pengaruh apa pun.

Contoh dari simbiosis komensialisme adalah sebagai berikut ini.

a. Hubungan antara ikan remora dan ikan hiu: ikan remora berenang di sekitar/di dekat ikan hiu. Pada simbiosis ini, ikan remora mendapatkan keuntungan, dia akan aman dari binatang/predator/pemangsa lain karena mereka tidak akan berani mendekati hiu yang ganas. Sementara itu, hiu tidak dirugikan dengan kehadiran ikan remora di dekatnya, juga tidak diuntungkan. Kehadiran ikan remora di dekatnya, sama sekali tidak berpengaruh apa pun bagi ikan hiu.

b. Hubungan antara tanaman anggrek dengan tanaman yang ditumpanginya: Tanaman anggrek mendapatkan keuntungan.

***

Demikianlah sekitas materi mengenai pengertian simbiosis, macam-macam simbiosis disertai dengan contohnya.

Baca Juga: Ragam Manfaat Hewan untuk Kehidupan Manusia

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Selamat belajar dan semoga berhasil dengan baik.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
14 September 2018 21.10 delete

Saya baru tahu itu komensialisme, kayaknya dulu bukan itu deh namanya. Tapi saya sendiri lupa.

Reply
avatar
14 September 2018 23.41 delete

Iya, mas Djangkaru. Saya dulu waktu SD malahan taunya cuma mutualisme dan parasitisme aja. hehe.

sekarang waktunya untuk belajar lagi supaya tidak "menjerumuskan" siswa-siswi .

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon