Membuat Anyaman Bentuk Ikan

Hari terakhir Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal kelas 3 SD Labschool Unnes kemarin saya mengajak siswa-siswi untuk membuat anyaman berbentuk ikan hias.

Kami (saya dan Bu Weni sebagai guru kelas 3) memilih materi prakarya membuat anyaman bentuk ikan ini, karena materi tersebut sudah ada di dalam buku tema 2, sehingga anak-anak bisa berlatih dahulu di rumah. Selain itu, kami kira prakarya ini cukup mudah untuk dibuat dan bahan-bahan untuk membuatnya pun cukup mudah didapatkan.


Anyaman Bentuk Ikan hasil karya Anak-Anak

Membuat anyaman merupakan keterampilan khas nusantara yang bisa mulai diajarkan kepada anak usia Sekolah Dasar. Berikut ini adalah alat dan bahan untuk membuat anyaman bentuk ikan, serta langkah-langkah membuatnya.

Alat dan Bahan yang digunakan untuk membuat anyaman adalah sebagai berikut

1. Kertas karton atau pita jepang, sediakan setidaknya dua warna
2. Gunting
3. Penggaris/mistar
4. Lem kertas
5. Pensil dan Spidol
6. Mata ikan / mata boneka (opsional)


Langkah-Langkah / Cara Membuatnya adalah sebagai berikut

[Video Tutorial membuat anyaman Bentuk ikan ~ Klik Untuk Memutar]

Secara singkat, langkah-langkah membuat anyaman bentuk ikan dengan bahan kertas adalah sebagai berikut ini:

1. Potonglah kertas menjadi bentuk pita dengan ukuran sama, misalnya adalah ukuran lebar 2 cm dan panjangnya 20 cm. Sebaiknya lebar kertas tidak kurang dari 2 cm, karena akan sulit bagi pemula.

Gunakanlah penggaris, pensil, dan gunting untuk membuatnya. Untuk satu anyaman ikan, paling tidak kita butuh dua warna, dan masing-masing warna kita butuh 3 kertas pita. 

2. Setelah kertas pita siap, kita bisa mulai menganyam. Caranya, kita lipat setiap kertas pita menjadi dua bagian sama panjang. Kita ambil contoh kertas warna merah dan kuning.

Ambil dan silangkan kertas merah dan kuning, dengan posisi warna merah di atas (menindih) kertas warna kuning. Pastikan kertas saling mengait.

Kemudian ambil kertas warna merah yang ke dua, lalu kaitkan dengan kertas kuning. Untuk kertas ke dua, posisi kertas merah berada di bawah kertas kuning. Intinya, warna kita buat selang seling (variasi)

3. Lakukan cara kerja yang sama hingga 6 kertas tadi saling berkait. Pastikan tidak ada warna yang sama berurutan, baik di sisi depan maupun sisi belakang.

4. Kita "kunci" anyaman dengan cara menggunting dan memasukkan bagian kertas yang tersisa ke dalam anyaman. Sedangkan untuk sirip dan ekor ikan, kita rekatkan dengan lem.

5. Jika ada, kita tinggal memberi anyaman ikan ini dengan mata ikan yang sudah kita siapkan. Bila tidak ada, kita bisa memberi mata ikan dengan potongan kertas atau langsung menggambarnya dengan spidol.


Demikianlah tadi, bagaimana cara membaut anyaman berbentuk ikan. Untuk lebih jelasnya, silakan klik dan putar video kami di Youtube.


Semoga bermanfaat bagi kita semua, selamat berlatih dan berkreasi.
Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon