Manfaat Tumbuhan untuk Kehidupan Manusia

Pada post hari ini, kita akan belajar bersama tentang Manfaat Tumbuhan untuk Kehidupan manusia. Materi yang akan kami sajikan ini merupakan materi dasar yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD).

Adapun materi manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia ini, dalam Kurikulum 2013 kelas 3, termuat dalam Muatan Pelajaran (MUPEL) Bahasa Indonesia. Sebenarnya adalah materi IPA, akan tetapi pada kurikulum ini pelajaran IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia, lebur jadi satu menjadi Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia.

Mari kita pelajari bersama, semoga saja mudah untuk kita pahami.

Baca JUGA materi pelajaran terkait: Manfaat Hewan untuk kehidupan manusia 


Tumbuhan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita/manusia. Tumbuhan biasa dimanfaat oleh manusia sebagai bahan atau sumber makanan dan minuman, untuk bahan bangunan, bahan kerajinan, dan lain-lain. Penjelasan lebih lanjut sebagai berikut ini.


1. Tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan minuman bagi manusia

Manfaat pertama tumbuhan bagi kehidupan manusia adalah sebagai sumber makanan dan minuman, yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Tumbuhan juga merupakan sumber protein bagi manusia, disebut dengan PROTEIN NABATI.

Beberapa jenis tumbuhan bagi sumber makanan dan minuman manusia, contoh misalnya adalah:

a. Sayur-sayuran: bayam, sawi, kangkung, wortel, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.
b. Buah-buahan sebagai sumber makan dan minuman: misalnya adalah buah kelapa. Buah-buahan lain misalnya pisang, apel, jambu, durian, dan sebagainya.


2. Tumbuhan dimanfaatkan sebagai bahan bangunan

Manfaat kedua tumbuhan adalah sebagai bahan bangunan untuk tempat tinggal manusia, misalnya adalah pohon bambu, pohon jati, batang pohon kelapa, mahoni, kayu sengon, bengkirai, dan lain-lain.


3. Tumbuhan juga bisa juga dimanfaatkan sebagai perabot rumah tangga dan bahan kerajinan

Banyak kita jumpai di sekitar kita beragam kerajian dan hiasan yang terbuat dari tumbuhan, misalnya adalah mebel, dipan, ukir-ukiran dari kayu jati, hiasan dinding, dan sebagainya.

Selain itu ada juga Aneka jenis Bunga hias yang digunakan untuk mempercantik ruangan.


4. Tumbuhan dimanfaatkan sebagai bahan pakaian

Pakaian yang kita kenakan ini berasal dari tumbuhan, yaitu kapas. Kapas sebagai bahan mental dipintal menjadi benang, dan kemudian benang tersebut ditenun menjadi kain. Kain itulah yang kemudian dijahit dan menjadi pakaian yang kita kenakan sehari-hari.


***
Selain penjelasan di atas, kita juga bisa kelompokkan manfaat tumbuhan dari bagian-bagiannya, yaitu AKAR, Batang, Buah, Daun, Bunga


1. Pemanfaatan Akar oleh manusia

Akar tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai berikut ini:

a. Bahan makanan: misalnya adalah umbi akar, wortel, dan lain-lain
b. Kayu bakar. Tumbuhan yang berakar besar dan kuat, ketika sudah mati dan ditebang akarnya bisa juga dimanfaatkan sebagai kayu bakar.


2. Manfaat Buah bagi kehidupan manusia

Buah dari tumbuh-tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman oleh manusia, antara lain adalah buah durian, mangga, pisang, salak, jeruk, jambu, semangka, nanas, dan sebagainya.


3. Manfaat Batang dari Tumbuhan untuk kehidupan manusia

Batang tumbuhan, seperti yang telah dijelaskan di atas, memiliki banyak manfaat misalnya adalah:

a. Bahan Bangunan
b. Kerajinan dan Hiasan


4. Manfaat Bunga dalam kehidupan manusia

Bunga paling banyak dimanfaatkan untuk hiasan, misalnya dekorasi pernikahan, hiasan di teras rumah, dan sebagainya.

Beraneka bunga yang dimanfaatkan sebagai hiasan adalah: mawar, melati, angger, bugenvil, cocor bebek, panca warna, dan sebagainya.


Demikian tadi adalah beberapa contoh pemanfaatan tumbuhan bagi kehidupan manusia.


Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua, selamat belajar dan semoga mendapatkan hasil pengetahuan yang berguna.


close