Jalan-Jalan ke Ngrawan Hills - Wisata Baru Ngehits di Kabupaten Semarang

Ada satu lagi tempat wisata menarik di Kabupaten Semarang, apa lagi kalau Ngrawan Hills. Destinasi wisata Ngrawan Hills ini terhitung baru, belum banyak pula yang mengenal lokasi ini, kecuali mungkin warga Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Bawen/sekitarnya. Ngrawan Hills beralamat tepatnya di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Apa yang menarik dari Ngrawan Hills sebagai tempat wisata? Ngrawan Hills menawarkan pemandangan yang eksotis bagi para penggemar foto (selfie). Pasalnya, dari sini kita bisa berfoto dari ketinggian dengan latar belakang Rawa Pening, Gunung Merbabu maupun Gunung Ungaran, dan Pemandangan Jalan Lingkar Ambarawa. Wisata Eling Bening yang juga lagi ngehits itu pun nampak dari sini, karena letaknya memang bersebelahan.

Akses menuju Ngrawan Hill cukup mudah. Bagi Anda yang sudah tahu lokasi Eling Bening Ambarawa, berarti Anda bisa menuju Ngrawan Hill langsung, karena sudah saya sebutkan tadi bahwa lokasinya bersebelahan. Lokasinya adalah sebagai berikut:

1. Bila Anda menuju dari arah Magelang/Yogyakarta, Anda bisa menuju ke arah Terminal Bawen, hingga sampai di Pasar Hewan Kabupaten Semarang (Pasar Sapi Ambarawa) /  Makam China, maju sedikit hingga pertigaan POM BENSIN atau Kantor Pos di Ngrawan. Pada pertigaan itu, Anda bisa berbelok ke kanan kira-kira 100 meter. Di kiri jalan akan ada tulisan Ngrawan Hills.

2. Bila Anda menuju dari arah Semarang atau Solo, Anda bisa melaju dari Terminal Bawen menuju arah Magelang/Yogyakarta. Anda tidak perlu melewati Jalan Lingkar Ambarawa, namun lurus saja hingga sampai di pertigaan POM Bensin atau Kantor Pos. Dari situ, ambillah arah ke kiri sekitar 100 meter. Di kiri jalan akan ada tulisan Ngrawan Hills.

Nah! Minggu pagi kemarin, saya bersama anak dan istri berkesempatan ke sana. Sekitar pukul 06.00 pagi, kami berangkat dari rumah bersepeda motor dengan waktu tempuh sekitar lima menit. Kami memarkirkan motor, dan mata kami langsung tertuju pada sebuah kotak bertuliskan "Terima kasih atas Kunjungan dan Sumbangan Dana Pengembangan Ngrawan Hill". 

Jadi sampai saat ini, kita masih bisa berkunjung dengan gratis, tanpa dipungut biaya apapun termasuk parkir yang juga free. Para pengunjung diharapkan keikhlasannya untuk memberikan sumbangan dana, agar Ngrawan Hills bisa dikembangkan menjadi lokasi wisata yang lebih bagus lagi.

Tak jauh dari situ, kami melihat beberapa bangunan tenda/warung. Namun waktu kami ke sana, belum ada satu pun yang berjualan. Mungkin kami masih kepagian, atau memang ini baru persiapan ya? hehe.

Kemudian kami harus berjalan sedikit terjal untuk naik ke puncaknya. Lumayanlah untuk olahraga di Minggu pagi, ketimbang habis subuh kita merem/tidur lagi. Hihihi.

Sesampainya di puncak, kita bisa melihat pemandangan sekitar berupa perumahan-perumahan yang tampak kecil, Danau Rawa Pening, Jalan Lingkar Ambarawa, dan Gunung Merbabu. Kita bisa melihatnya di gardu pandang yang telah disediakan sejumlah setidaknya ada tiga gardu di sana. Bisa juga kita duduk-duduk santai di gazebo, menikmati suasana pagi dengan udaranya yang masih segar, sambil membayangkan bagaimana kelak ketika wisata ini sudah sangat ramai dikunjungi.

Berikut ini adalah video Slide jalan-jalan kami kemarin di Ngrawan Hills!


[Video Wisata Baru Ambarawa ~ Ngrawan Hills Kabupaten Semarang] 



KLIK Untuk Memutar Video


Yang jelas, hingga saat ini, kami kira kebersihannya masih terjaga dengan baik. Mudah-,mudahan akan terus begitu hingga nanti. Jangan sampai lokasi wisata yang indah ini harus terkikis keindahannya karena ketidakpedulian kita, karena tindakan-tindakan kita yang tidak bertanggung jawab. Buanglah sampah-sampahmu di tempat sampah yang telah disediakan! 

Akhir kata, selamat berlibur bersama keluarga dan orang-orang terdekat Anda. Jangan lupa untuk terus bersyukur dan berbahagia yaaa!

BACA JUGA: Jembatan Biru - Spot Asyik Menikmati Keindahan Rawa Pening

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, mari kita jaga dan lestarikan lingkungan sekitar kita!
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Andi Nugraha
AUTHOR
29 September 2018 21.18 delete

Keren, Mas. Jadi pengen ngunjungi langsung kalau gini mah.
Belum ya explore semarang udah ada yang baru aja nih..he

Reply
avatar
30 September 2018 00.15 delete

Ya, Mas. Ini masih baru dan memang masih dalam pengembangan aja.
Belum banyak yang berkunjung ke sini, dan masih gratis.

mampir ke tempat saya mas kalu berkunjung ke sini, hehe.

terima kasih Mas Andi

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon