Contoh Soal Cerita Pembagian Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar


Operasi Hitung perkalian adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa. Untuk mengajarkan materi perkalian ini, kita bisa menggunakan soal-soal cerita pembagian. Pada soal-soal cerita, menuntut agar siswa memiliki pemahaman yang baik, sehinggga siswa dapat mengerjakan soal secara tepat.

Berikut ini adalah contoh soal cerita matematika untuk materi pembagian, semoga bermanfaat.




Bacalah soal-soal pembagian berikut ini dengan cermat dan teliti!


1. Ibu baru saja membeli 285 ikat bunga. Sampai di rumah, Ibu meletakkan bunga-bunga tersebut ke dalam 5 pot besar dengan jumlah sama banyak. Berapakah jumlah bunga di dalam setiap pot?

2. Suatu hari kakek datang dengan membawa sekantung penuh cokelat. Kakek ingin membagi cokelat tersebut untuk 7 orang cucunya secara adil sama banyak. Apabila jumlah cokelat yang dibawa kakek adalah 252 butir, berapakah cokelat yang diterima oleh setiap cucu kakek?

3. Bibi Nina memelihara ikan hias di rumahnya. Jumlah ikan hias milik Bibi Nina cukup banyak, yaitu berjumlah 414 ekor. Suatu hari Bibi membagikan semua ikannya itu kepada anak-anak di sekitar rumahnya. Apabila setiap anak mendapatkan 9 ekor ikan sama banyak, berapakah jumlah anak yang menerima ikan dari Bibi Nina?

4. Suatu hari Ibu Guru Tati membawa banyak sekali buku cerita bergambar ke sekolah. Buku-buku yang dibawa Ibu Guru semuanya berjumlah 225 buku. Buku itu kemudian dipinjamkan kepada siswa-siswi untuk dibaca. Apabila setiap siswa menerima masing-masing 3 buku sama banyak, berapakah jumlah siswa yang meminjam buku cerita dari Ibu Guru Tati?

5. Setiap hari, Pak Yono selalu memasukkan tiga (3) keping uang logam ke dalam kotak lemarinya. Tidak pernah satu hari pun Pak Yono lupa untuk menyisihkan uang logamnya. Suatu hari, Pak Yono membuka kotaknya dan menghitung jumlah uang logam yang telah disimpannya. Ternyata uang logam yang dikumpulkan Pak Yono seluruhnya berjumlah 249 keping. Jadi, berapa harikah Pak Yono mengumpulkan uang logamnya?

***
Itulah tadi beberapa soal cerita matematika untuk materi pembagian. Mudah-mudahan saja dapat bermanfaat bagi kita dalam mempelajari materi pembagian.


Selamat belajar, selamat menempuh ujian, dan semoga saja mendapatkan hasil yang maksimal, amiiin.  

Previous
Next Post »

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon