Doa Kelulusan Sekolah



Minggu, 13 Mei 2018
Hari ini kita ada acara Perpisahan Siswa Kelas 6. Judul acaranya "Farewell Party SD Labschool Unnes Semarang Angkatan ke V".

Beberapa acara sudah disusun rapi, termasuk doa. Nggak afdol kalu nggak ada doa. Tapi sayangnya Ustad Suliyan Ahmad yang sekilas mirip Ustad Abdul Somad berhalangan hadir. Ada acara yang syar'i, kata teman saya. hehe.

Jadilah saya yang ditonjok oleh panitia untuk memimpin berdoa di atas panggung. 

Berikut ini adalah doa untuk acara kelulusan siswa sekolah kami. Bila ada kekurangannya, mohon maaf, kami sedang belajar untuk terus menjadi lebih baik.

***

DOA KELULUSAN SEKOLAH

Bismillahirrahmanirrahim.

Allahumma sholli wa sallim ala Sayyidina Muhammad, sayyidil awwalin wal akhirin wa sallim wa rodhiyallahu taala ankulli shohabati sayyidina rasulillahi ajmain

Ahamdulillah robbil alamin

Allahummaghfirli wa liwalidayya warhamuma kama robbayani shoghiro

Ya Allah Ya Tuhan Kami, kami bersyukur kepada-Mu atas limpahan rahmat dan kasih sayang Mu sehingga pada malam ini kami bisa berkumpul di sini dalam rangka perpisahan sekolah.

Enam tahun sudah kami menuntut ilmu di sini, di sekolah yang sangat menyenangkan ini, di sekolah yang telah menjadi rumah kedua bagi kami, yakni di SD Labschool Unnes tercinta.

Kami sadar selama itu pula, kami telah mendapatkan begitu banyak pelajaran, bimbingan, dan jasa-jasa dari orang tua kami dan guru-guru kami. Kami tidak bisa membalas semua jasa dan kebaikan itu, ya Allah.

Maka dari itu kami memohon, ampunilah kesalahan-kesalahan kedua orang tua kami, kesalahan bapak dan ibu guru kami, serta sayangilah mereka seperti mereka menyayangi kami waktu kami kecil.

Serta kami memohon kepada-Mu Ya Allah, tambahkanlah kebaikan kebaikan kepada mereka, sejahterakanlah ia, berkahilah kehidupan mereka, keberkahan dan keluasan ilmu yang bermanfaat, dan limpahkan kesabaran dan keikhlasan kepada mereka.

Ya Allah
Berikanlah kepada kami ilmu yang bermanfaat, serta kefahaman yang luas Ya Allah. Jadikanlah ilmu yang telah kami dapatkan itu sebagai penerang jalan kami menapaki masa depan kami yang cerah. 

Sesungguhnya kami berlindung kepadamu dari Ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dan dari doa yang tidak Engkau dengar, Ya Allah. Kami mohon kepada-Mu, jagalah hati kami. Jangan Engkau biarkan ilmu yang kami miliki ini justru menjadikan kami sombong, terlalu membanggakan diri, merasa paling hebat, dan mengganggap orang lain lebih bodoh dan remeh.

Kami tahu, Engkaulah yang Maha Pandai dan pemilik segala kepandaian. Engkaulah pemilik segala ilmu. Sedangkan kami ini lemah, kami ini bodoh, kami ini tak berilmu, kecuali Engkau menolong kami.

Maka dari itu, bimbinglah kami yang bodoh dan lemah ini Ya Allah. Tuntulah langkah kami kami ini untuk tetap berada di jalan yang benar dan lurus. Bimbinglah kami sehingga tercapai masa depan yang penuh cahaya kebaikan. Jangan biarkan langkah kaki kami berada di jalan yang buruk dan engkau murkai.

Ya Allah, kami tidak tahu masa depan seperti apa yang akan terjadi pada diri kami. Kami hanya bisa berusaha dan memohon pertolongan kepada Engkau. Bila kami kelak menjadi pemimpin, jadikanlah kami pemimpin pemimpin yang amanah. Apapun profesi dan pekerjaan kami kelak, dengan semangat dan keikhlasan  kami akan menjalaninya asalkan berada di dalam ketaatan dan ridhoMu. 

Ya Allah sesungguhnya Engkaulah penguasa seluruh alam. Pencipta langit dan bumi. Engkaulah yang menciptakan matahari, bulan, dan bintang-bintang yang berkerlip itu. Maka akan mudah saja bagi Engkau, untuk menjadikan kami sebagai bintang-bintang di dalam kehidupan kami yang akan datang. 

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah. Waqina azabannaaar.

Wa shollallahu ala sayyidina wa maulana Muhammad. Subhana robbika robbil izzati amma yashifun. wa salaamun alal mursalin.

walhamdulillahi robbil alamiin.
Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
June 4, 2018 at 9:10 AM delete

babak belur gak mas, abis di tonjok? whehehehe


aamiin ya rabbal alamiin

Reply
avatar
June 5, 2018 at 3:31 AM delete

Whaduh Mbak Sha... itu saya salah ketik atau emang sengaja yaaa. hehehe. Abis ditunjuk sama tegangnya sama ditonjok. wkkk..

terima kasih supportnya Mbak Sha.

Reply
avatar
June 17, 2018 at 4:50 PM delete

Alhamdulillah lulus 100 % meski nilai jeblok karena nggak siap dengan pertanyaan tipe HOTS

Reply
avatar
June 21, 2018 at 12:00 PM delete

disyukuri aja ya Mas...
ke depan masih ada jalan panjang untuk terus berbenah.

Salam

Reply
avatar
himawan sant
AUTHOR
June 22, 2018 at 9:42 AM delete

Sewaktu ditunjuk memimpin doa diatas panggung, kaki sempet gemeteran ngga mas ? .. hehehe

Reply
avatar
July 3, 2018 at 2:11 PM delete

Alhamdulillah sih kaki nggak gemeteran, Mas. Cuman dada aja yang berdegub-degub kenceng. Hihihi

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon