Contoh SOAL UTS KPDL [Kepedulian Pada Diri dan Lingkungan] Kelas 3 SD Semester 2

Contoh SOAL UTS KPDL [Kepedulian Pada Diri dan Lingkungan] 
Kelas 3 SD Semester 2 


I. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang benar!

1. Tempat berteduh dan berlindung dari panas dan dingin bagi sebuah keluarga adalah ….
a. rumah c.  gubug
b. sekolah d.  pos kamling

2. Pendidikan pertama dan utama yang kita dapatkan adalah dari ….
a. guru di sekolah c.  pembantu rumah tangga
b. orang tua d.  ustad di mushola

3. Agar tugas selesai dengan yang direncanakan, maka kita harus melaksanakannya dengan ….
a. santai c.  tertib
b. meminta bantuan d.  ogah-ogahan

4. Berikut ini bukan manfaat ketertiban dan keamanan di dalam keluarga, yaitu ….
a. siapa saja bisa masuk rumah kita dengan leluasa
b. anggota keluarga merasa nyaman dan tentram
c. terjalin hubungan yang harmonis, saling menyayangi dan mengasihi antaranggota keluarga
d. anggota keluarga kerasan tinggal di dalam rumah

5. Setelah bangun tidur, sebaiknya kita ….
a. menyalakan televisi c.  membuka HP
b. makan d.  merapikan tempat tidur

6. Ketertiban di rumah menjadi tanggung jawab ….
a. ayah c.  kakak
b. ibu d.  semua anggota keluarga

7. Ketertiban di rumah akan berjalan dengan baik jika seluruh anggota keluarga melaksanakan ….
a. haknya c.  ronda
b. kewajibannya d.  hobinya

8. Ketertiban di rumah harus dibuat dan disepakati agar ….
a. hidup kita teratur c.  menjadi kaya raya
b. dihormati oleh tetangga d.  tidak ada pengamen yang masuk

9. Agar rumah aman sebaiknya diberi ….
a. satpam c.  jendela
b. pagar d.  anjing

10. Pada malam hari sebelum tidur pintu sebaiknya ….
a. ditutup c.  dibuka
b. dikunci d.  dicat

11. Pintu dan jendela harus kita kunci jika akan pergi dengan tujuan agar ….
a. aman c.  kuat
b. tenteram d.  indah

12. Yudi seorang anak yang tertib. Sepulang sekolah dia akan . . .
a. main ke rumah teman c.  langsung pulang ke rumah
b. jalan-jalan d.  mampir ke pusat video game

13. Bongbong selalu menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Maka Bongbong tidak pernah ….
a. sakit hati c.  sakit mulut
b. sakit gigi d.  sakit perut

14. Televisi di rumah kita termasuk barang ….
a. pribadi c.  mewah
b. milik bersama d.  murah

15. Ijazah sekolah merupakan barang milik ….
a. umum c.  pribadi
b. bersama d.  orang tua

16. Rumah yang bersih dan rapi membuat kita . . . berada di dalamnya.
a. enggan c.  betah
b. malas d.  gerah

17. Ruang belajar yang rapi, bersih, dan harum menambah semangat kita dalam ….
a. membaca c.  menggambar
b. menulis d.  belajar

18. Siswa yang pandai merawat barang milik sendiri termasuk siswa yang ….
a. pelit c.  jujur
b. hemat d.  bertanggung jawab

19. Buku yang disampul dan dirawat akan lebih ….
a. bersih c.  mahal
b. awet d.  cepat hilang

20. Jika seseorang meminjam barang milik kita dan hingga batas waktu belum dikembalikan sebaiknya ….
a. dibiarkan c.  diminta
b. didiamkan d.  diancam

21. Menggunakan handuk yang sama secara bergantian dengan orang lain dapat menyebabkan ….
a. penyakit mata c.  pegal-pegal
b. penyakit kulit d.  sariawan

22. Mandi sebaiknya dilakukan …. dalam sehari.
a. dua kali c.  empat kali
b. tiga kali d.  lima kali

23. Saat Ayah sedang membereskan garasi sebaiknya kita ….
a. membantu atau mencari pekerjaan rumah yang lain
b. pura-pura belajar atau tidur
c. pergi bermain dengan teman
d. main video game

24. Tempat minum harus dicuci setiap ….
a. selesai digunakan c.  setiap saat
b. malam d.  seminggu sekali

25. Kebersihan kelas menjadi tanggung jawab dari ….
a. petugas kebersihan c.  guru
b. kepala sekolah d.  semua warga kelas

II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Belajar dan membantuk orang tua sesuai dengan usia adalah tugas dari seorang ….
2. Tugas dan tanggung jawab harus dilaksanakan dengan ….
3. Ketertiban dan keamanan di dalam rumah merupakan tanggung jawab dari ….
4. Ketika Ibu sedang membereskan rumah, sikap kita sebaiknya ….
5. Menyiapkan buku sesuai jadwal pelajaran adalah tugas dari ….
6. Sebelum berangkat ke sekolah sebaiknya kita . . .  kepada orang tua.
7. Barang yang digunakan sendiri disebut sebagai barang ….
8. Manfaat dari selalu merawat barang adalah barang akan menjadi ….
9. Sepulang sekolah sebaiknya sepatu kita taruh di ….
10. Agar buku menjadi awet, kita merawat buku tersebut dengan cara ….

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !

1. Sebutkan 2 (Dua) manfaat ketertiban dan keamanan dalam keluarga!
2. Sebutkan 3 (tiga) tugas seorang anak di rumah!
3. Apa yang sebaiknya kamu lakukan setelah pulang sekolah?
4. Sebutkan 3 (tiga) barang milik bersama di dalam rumah kita!
5. Bagaimanakah cara merawat pakaian seragam sekolah kita?


 Selamat Mengerjakan 

Previous
Next Post »

22 komentar

Write komentar
March 8, 2018 at 11:18 AM delete

semoga bisa membatu guru dan siswa sebagai sumber acuan dalam uts kali ini

Reply
avatar
triknews
AUTHOR
March 8, 2018 at 2:25 PM delete

Trus saya ini mau komentar apa, la wong alumni M.pd S. Pd, kok di suguhi ulangan SD

Reply
avatar
March 8, 2018 at 2:58 PM delete

Terima kasih, Mas.
soal ini saya post setelah diujikan tadi pagi. :D

Reply
avatar
andrieoid
AUTHOR
March 8, 2018 at 5:31 PM delete

Semoga bisa bermanfaat nih, bagus banget bisa buat belajar

Reply
avatar
March 9, 2018 at 3:30 AM delete

Hahaha.. Buat seneng-seneng aja Mas. :D

Reply
avatar
March 9, 2018 at 3:32 AM delete

Makasih Mas Andrieoid :D

Reply
avatar
March 10, 2018 at 5:40 AM delete

Gak asing dgn soal2 itu, tapi malah baru tahu ada soal KPDL, pas sd pelajaran pkn bukan yaa ?

Reply
avatar
triknews
AUTHOR
March 10, 2018 at 8:25 AM delete

Konten materi ujian ini mudah mudahan bisa membantu bagi adik adik SD kita dalam menghadapi UN yang akan datang

Reply
avatar
triknews
AUTHOR
March 10, 2018 at 8:27 AM delete

Sya juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada pihak pihak yang terkait atas terpublikasinya konten ini

Reply
avatar
Maschun
AUTHOR
March 10, 2018 at 1:30 PM delete

wah bagus juga soal buat anak ane biar tambah betah belajarnya di rumah

Reply
avatar
March 10, 2018 at 2:36 PM delete

semoga menjadi amal jariyah ya

Reply
avatar
Ella fitria
AUTHOR
March 11, 2018 at 6:41 AM delete

Aku tu selalu nunggu tulisan mas fajrin, serius.. Banyak bgt inspirasi buat aku sendiri.. Makasih yak, ini bisa jd contoh buat bikin soal KPDL :D

Reply
avatar
Gustur
AUTHOR
March 15, 2018 at 1:43 PM delete

Mantap om infonya...

Reply
avatar
Obat Sakit
AUTHOR
March 21, 2018 at 6:14 AM delete

soalnya bagus dan bermutu
konten soal pasti banyak yang mencari

Reply
avatar
March 21, 2018 at 8:48 AM delete

Makasih,Mas.
post ini saya maksudkan untuk arsip soal yang saya buat aja. :D

Reply
avatar
March 21, 2018 at 8:48 AM delete

Terima Kasih, Mas Gustur. :D

Reply
avatar
March 21, 2018 at 8:56 AM delete

Lama sekali rasanya saya tidak menulis, Mbak.
sepertinya ini minggu-minggu yang "sibuk". :D

Reply
avatar
March 21, 2018 at 8:57 AM delete

Terima kasih, mas Abd Kadir Rusdi

Reply
avatar
March 21, 2018 at 9:00 AM delete

Ini muatan lokal kota Semarang, Mas Idris.:D

Reply
avatar
March 21, 2018 at 9:00 AM delete

Semoga bermanfaat, Mas Maschun. :D

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon