Belajar Bahasa Jawa dengan Permainan Teka Teki Silang

Cara Asyik Belajar Bahasa Jawa dengan Teka Teki Silang
[Pembelajaran kelas 3 Sekolah Dasar]

www.rifanfajrin.com


Assalamualaikum wr wb.

Bagi saya, mengajar bahasa Jawa di kelas 3 SD itu gampang-gampang susah. Secara saya bukanlah lulusan guru bahasa Jawa. Saya tidak cukup punya bekal yang memadai untuk mengajar bahasa Jawa itu. Lagi pula saya bukan lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Lebih sulit lagi adalah anak-anak kami di sekolah, saya tanya mereka, kebanyakan menggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian mereka di rumah. Di sekolah pun, saya lihat mereka juga  lebih sering menggunakan bahasa Indonesia untuk berbincang dengan temannya.

Untungnya, materi pelajaran bahasa Jawa untuk kelas 3 SD yang saya ampu tersebut, belum terlalu sulit dibandingkan dengan kelas empat, lima, atau enam.

Nah, kemarin Jumat [2 Februari 2018] saya coba mengajak anak-anak untuk belajar bahasa Jawa menggunakan permainan teka-teki silang. Harapan saya, dengan kuis sederhana semacam ini, anak-anak bisa belajar sambil bermain.

Saya pun menyusun 20 pertanyaan atau petunjuk beserta jawabannya. Materi yang saya sajikan antara lain tentang basa ngoko dan basa krama, sedikit tentang wayang, dan pertanyaan-pertanyaan umum seputar bahasa Jawa.

Hasilnya, anak-anak cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran tersebut! Yah, meskipun cuma satu orang sih yang berhasil menyelesaikan teka-teki silang dengan meraih nilai sempurna 100! Sedangkan anak-anak yang lain cukup lumayan hasilnya. Ada beberapa anak yang mendapat nilai 95, 90, di atas nilai 75. Selebihnya ya masih ada yang mendapat hasil kurang memuaskan. Hehehe. Itu biasa.

Saya menyadari, permainan teka-teki silang seperti ini memang ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya, yang pertama, tentu anak-anak bisa mengerjakan dengan gembira. Dua, anak-anak bisa mendapatkan "bantuan" untuk menemukan jawaban dari huruf-huruf yang sudah ada dari jawaban sebelumnya. Dengan catatan, jawaban sebelumnya itu benar. Akan tetapi, apabila jawaban yang sudah tertulis itu salah, di sinilah kekurangannya. Anak-anak justru akan merasa kesulitan untuk menemukan jawaban selanjutnya.

Nah, begitulah. Secara keseluruhan sih anak-anak cukup senang dengan metode ini. Meskipun saya belum menelaah lebih lanjut keefektifan pembelajaran seperti ini. Tapi yaa... namanya juga usaha. Mudah-mudahan bermanfaat-lah bagi mereka.

Oya, kalau Anda ingin melihat seperti apa pembelajaran kemarin. Berikut ini adalah video pembelajaran Bahasa Jawa dengan permainan teka teki silang yang kami praktikkan kemarin.


Saya menyusun soal tersebut dengan program Eclipse Crossword. Bila Anda tertarik untuk membuat teka-teki seperti ini, unduh saja program tersebut secara gratis. Saya kira sangat bermanfaat.

Demikian. Wassalamualaikum wr wb.
Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
4 Februari 2018 07.59 delete

Saya saja kalau ditanya tentang bahasa jawa, masih begitu kebingungan. ya itu karena ada bahasa krama dan ngoko yang kadang sulit saya bedakan.

Reply
avatar
Ikrom Zayn
AUTHOR
4 Februari 2018 11.23 delete

wah aku dulu sempet mau buat gini pas bahas materi tembang macapat sayang gak nutut waktunya (maklum pekerja BOS huhu)
seru mas kegiatannya

Reply
avatar
4 Februari 2018 20.58 delete

Betul, Mas.
Mudah-mudahan kalau dibiasakan, lama-lama anak-anak akan bisa dengan sendirinya. :D

Reply
avatar
4 Februari 2018 20.59 delete

Pake aplikasi, mas. Jadi kita tinggal input aja soal dan jawabannya.
ntar nyusun sendiri itu puzzle teka-teki silangnya. :D

Semangat, mas.
Salamm

Reply
avatar
Ella fitria
AUTHOR
4 Februari 2018 22.50 delete

Samaa kang.. Aku juga pusing kl ngajar bahasa jawa, karena emg bukan lulusan guru bahasa jawa.. Hhh
Boleh nyontek cara mengajarnya ya, hehehe
Nyontek mulu aku ya

Reply
avatar
5 Februari 2018 01.23 delete

Ahaha.. karena materi bahasa Jawa kurang begitu saya kuasai, maka yang penting adalah bagaimana anak bisa senang dalam mempelajarinya. :D

terima kasih

Reply
avatar
5 Februari 2018 06.28 delete

Hehe,,, cuma mengerti sedikit2 bahasa jawa, emnk pelajaran bhs daerah itu jarang peminatnya kali yaa. Dulu waktu sd belajar bhs batak dapt point 6 😂😂

Reply
avatar
5 Februari 2018 10.22 delete

Sekarang ini di daerah saya malahan banyak kursus-kursus menjadi pembawa acara dalam bahasa Jawa.. itu bayarannya mahal biasanya untuk event2 sakral seperti pernikahan secara tradisional/adat jawa. :D

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon