Helm Anakku




Sejak Ilyas bisa duduk sendiri di depan waktu membonceng saya naik sepeda motor, kami berpikir untuk membelikannya sebuah helm anak-anak. Kami pikir sudah waktunya Ilyas memakai helm. Usianya kini sudah tiga tahun. 

Kami kemudian membelikannya di lapak penjual helm dekat Lapangan Panglima Besar Jendral Sudirman Ambarawa. Kami memilih-memilih mana yang kiranya cocok untuk Ilyas. Tapi bagaimana pun, Ilyas sudah punya pilihannya sendiri. 

Dia memilih helm dengan paduan warna merah dan ijo dengan gambar kodok, seperti keroppi. Kami tidak bisa memaksanya. Lha wong helm tersebut Ilyas yang mau pakai kok, bukan saya atau ibunya. Jadi terserah yang mana yang dia suka yang menjadi pilihannya. Helm itulah yang akhirnya kami belikan untuknya. Harganya relatif terjangkau. Hanya Rp85.000,00. Itu sudah plus kaca helm yang putih/bening.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli helm. Pertimbangan tersebut tentu saja seputar fungsi helm bagi para pengendara sepeda motor, termasuk anak-anak dan tidak hanya terbatas pada pengendara dewasa saja.

Alasan kami membelikan helm untuk Ilyas adalah sebagai berikut.

1. Keselamatan.

Ini adalah fungsi terpenting memakai helm saat berkendara sepeda motor. Kita sudah sama-sama tahu bagaimana kondisi jalanan (jalan raya) di sekitar kita. Lalu lintas sudah demikian padatnya. Potensi kecelakaan senatiasa ada meskipun kita sudah melaju dengan sangat berhati-hati.

Saya sendiri dalam berkendara memang memilih untuk santai. Rata-rata kecepatan saya melaju hanya 50 - 60 km/jam. Saya tidak mau ngebut. Saya tidak bisa ngebut. Atau mungkin lebih tepatnya tidak berani ngebut. Tapi kan buat apa saya ngoyo kebut-kebutan kalau selisih waktu yang dipangkas cuma beberapa menit saja dari waktu tempuh yang normal?

Nah, apalagi kalau sedang bersepeda motor bersama anak atau keluarga. Saya melaju tidak kencang. Meskipun begitu, kami tetap memakai helm. Sebab, seperti yang sudah saya katakan tadi, segala kemungkinan bisa saja terjadi. 

Kita cuma bisa berusaha, berikhtiar. Urusan takdir, hanya Allah yang tahu. Mudah-mudahan sih selamanya kita semua tidak mengalami kecelakaan di jalanan. Jangan lupa berdoa sebelum berkendara atau bepergian, bro.

2. Gaya

Ya. Untuk gaya atau style. Ini fungsi tambahan saja, utamanya tetap keselamatan. Tapi orang membeli helm tentu memilih mana yang keren dan nyaman untuk dipakai. Untuk menentukan helm manakah yang hendak dibeli, orang bisa menghabiskan cukup banyak waktu untuk mempertimbangkan modelnya, warnanya, ukurannya pas atau tidak, dan tentu harganya.

Nah, kami belikan helm untuk Ilyas juga untuk sedikit nggaya dong. Lihat saja gimana Ilyas ketika memakai helm. Masih kelihatan imut dan ganteng seperti bapaknya kaaaan?  hehehe.


3. Memberi Hadiah

Sesekali hadiah itu perlu kita hadirkan untuk anggota keluarga kita. Tidak perlu mahal dan wah. Yang penting adalah kesan yang diberikan. Selama sesuatu itu bermanfaat, oke saja.

Saya lihat keponakan-keponakan saya yang seusia Ilyas sudah punya helm. Maka saya pikir helm itu tepat untuk kami berikan sebagai hadiah. Alhamdulillah anak saya suka! Saking senengnya, dia maunya memakai helm itu terus termasuk waktu beranjak hendak tidur. Dan ketika dibuka helmnya, kepala anak saya sudah basah oleh keringatnya yang kecut-kecut lucu itu!

***







Previous
Next Post »

28 komentar

Write komentar
Lulu Andhita
AUTHOR
December 13, 2017 at 12:27 PM delete

Ihhh, lucuuu. Masih 3 tahun nih kyak spupuku. Dia jg udh dibeliin helm sm ortunya, tp milih yg gambar Thomas krna dia dmen thomas.
Anak2 emg gtu sih, masih baru psti demen make trs, ntr lama2 jg bosen. Hahaha :D Biar lengkap pake bangku yg dari bambu jg mas.. Enak buat anak2 biar pas di dpn motor gak brdiri. Hihi. Lengkap deh! Selamat bermotor2an! :D

Reply
avatar
Nia Tanaya
AUTHOR
December 13, 2017 at 1:10 PM delete

wah, makin unyu kamu dek pake helm begitu... wajib pke helm biar ga knp2, tak terkecuali anak2, saya jd pingin punya anak, eh nikah aja belum.. hiks aja deh ya :(

Reply
avatar
December 13, 2017 at 1:20 PM delete

hehe.. nice bang..
rata2 anak kecil suka pake helm.
mungkin dalam fikiran mereka mirip sama super hero..^^

Reply
avatar
December 13, 2017 at 2:49 PM delete

Hihihi.. kemaren kebetulan nggak ada yang gambar Thomas. Anak saya sih suka apa aja, angka-angka, huruf-huruf, dan yang penting tentu warna-warni.
Makasih deh sarannya, paling sebentar lagi udah nggak muat. tapi siapa tahu kursi bambu tersebut bisa untuk adiknya ntar. hehehe

Reply
avatar
December 13, 2017 at 2:51 PM delete

Iya benar sekali, Mbak Nia Tanaya.

Kami doakan semoga lekas berumah tangga dan sukses selalu untuk karier nya. Amiin.

Reply
avatar
December 13, 2017 at 2:52 PM delete

Hahaha. Kita tak tahu apa yang ada di dalam benak mereka. DImana imajinasi tak ada batasnya. :D

makasih yaa...

Reply
avatar
December 13, 2017 at 4:46 PM delete

Saya sangat terharu Mas dgn perhatian Mas Rifan ke Putranya. Memang betul seharusnya pendidikan lalu lintas harus dikenalkan sejak dini kpda anak2. salah satunya tentang memakai Helm... kalau nanti sudah besar dan bisa naik motor sendiri kan gak perlu repot2 menasehatinya hehehe

Reply
avatar
December 13, 2017 at 6:57 PM delete

Helmnya sama kaya punya gue, tapi aku mah serba hitam semua, tapi modelnya gitu

Reply
avatar
December 13, 2017 at 8:22 PM delete

Kalu lihat keadaan sekarang agak miris juga mas, lihat anak² usia SD sudah (di)bebas(kan) naik sepeda motor. Mereka tidak pakai helm, dan tidak jarang sudah boncengan tiga anak.

Kebetulan saya ngajar di Sd. Kalu lihat murid saya naik spd motor begitu, akan lgsg saya tegur. :)

Makasih mas

Reply
avatar
December 13, 2017 at 8:23 PM delete

Memang enteng dan nyaman dipakai ya mas. :D

Anak saya sdh bisa milih, anak punya selera. He he he

Makasih

Reply
avatar
December 14, 2017 at 8:20 AM delete

Walaupun masih anak-anak, tetp penting menjaga keselamatan ya bun...

Reply
avatar
December 14, 2017 at 8:31 AM delete

Sangat benar, mbak Tri mei lestari.

:D

Reply
avatar
December 14, 2017 at 11:31 AM delete

Menagajarkan anak sejak dini tentang keselamatan dan pentingnya menggunakan helm
apa lagi sekarang banyak helm yang berpariasi yg lucu2

Reply
avatar
December 14, 2017 at 2:11 PM delete

Iya, Mas Adi. Jadi memang banyak sekali fungsinya.
tapi tetap keselamatan dan kenyamanan nomor satu. :D

Makasihh

Reply
avatar
December 14, 2017 at 3:42 PM delete

Demi keselamatan, pastinya itu yang menjadi poin utama. Seperti dalam artikel ini, nomor satu posisinya.
Tapi helm seperti itu sudah sesuai dengan SNI kagak ya? sebab ditempat saya ada pembuat helm model tersebut.

Reply
avatar
December 14, 2017 at 5:49 PM delete

Iya juga ya mas?
Saya kurang tau gimana cara cek SNI apa nggak selain ada tulisan SNI di helm tersebut.

Apa mgkin asal nggak ditangkap pak polisi berarti itu sdh SNI yaa??
Hehehe

Reply
avatar
December 15, 2017 at 7:00 PM delete

Wajahnya kek keponakan saya di Sumedang mas, tapi sekarang udah gede. Dulu mukanya hampir mirip sama ilyas. Oh iya, hadiah itu nggak perlu mahal, setuju saya. Yang penting niat dan manfaatnya. Hadiah sederhana walaupun ndak mahal, tapi jika diberikan dengan tulus dan penuh kasih sayang akan lebih terasa wah ketimbang hadiah mahal namun banyak yang dikorbankan (maksakeun). Hehe

Reply
avatar
December 18, 2017 at 11:48 AM delete

Terima kasih, Mas Nugara Fauzi.
Mudah-mudahan kita diberikan kekuatan untuk terus membahagiakan keluarga kita semua, dan juga orang-orang di sekitar kita. :D

Reply
avatar
December 18, 2017 at 3:08 PM delete

sama Pak hihihi, saya juga di SD

Reply
avatar
December 18, 2017 at 3:33 PM delete

:D

TUgas beras kita di SD adalah menanamkan "dasar" kepada anak-anak, memang. hehehe.

mudah-mudahan dimudahkan, Pak Guru... :)

Reply
avatar
Ella fitria
AUTHOR
December 18, 2017 at 5:06 PM delete

Ilyas lucu bangeeet, sehat2 yaaa de... Bener banget helm itu banyak fungsinya, aku pernah kecelakaan nggak pakai helm dan berujung gegar otak ringan.. Hmmm

Reply
avatar
December 18, 2017 at 5:06 PM delete

Betul itu itu mas, keselamatan nomor satu

Reply
avatar
Asnaji
AUTHOR
December 18, 2017 at 7:11 PM delete

berbeda dengan anakku mas, make helmnya kalau pas habis baru beli...lewat satu bulan eee sudah nggak mau make lagi....

Reply
avatar
December 19, 2017 at 3:01 AM delete

Waah, tapi sekarang udah baik lagi kan mbak? mudah-mudahan kita terhindar dari kecelekaan untuk ke depannya.

terima kasih doa harapannya untuk anak kami Ilyas. :D

Reply
avatar
December 19, 2017 at 3:05 AM delete

Wooow, cuma satu bulan ya senengnya? hehehe. Anak saya masih belum bosan, Mas Asnaji.

Dia seneng kalu diajak jalan-jalan bersepeda motor, dan helm tersebut adalah barang yang wajib dia bawa. hihihi.

makasihh

Reply
avatar
December 19, 2017 at 3:06 AM delete

Yup....

Mudah-mudahan kita selalu diberi kesematan oleh Tuhan YME

Reply
avatar
December 20, 2017 at 5:17 AM delete

Jadi inget sama anak sulung saya dulu saya belikan helm pas usia 3 tahun habisnya kemana mana ikut saya ya udah biar aman saya belikan Helm

Reply
avatar
December 20, 2017 at 1:09 PM delete

Sebuah keputusan yg tepat. :D
sekarang putranya sdh umur brp Mas?

Mudah-mudahan sehat-sehat selalu yaa... Terima kasih

Reply
avatar

Terima kasih Anda telah membaca.
Silakan tinggalkan komentar.

Matur nuwun. EmoticonEmoticon