Rektor Unnes Ajak Siswa SD Labschool Unnes untuk Mencintai Tanah Air dan Mencintai Lingkungan



Rektor Unnes, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M. Hum., melakukan kunjungan ke SD Labschool Unnes yang berada di Jalan Menoreh Tengah X No. 4 Semarang, Jumat (28/7). Kunjungan tersebut dalam rangka Diskusi Terfokus Pengembangan Labschool Unnes bersama guru-guru dan komite sekolah.

Pagi itu Rektor Unnes mengenakan kaos biru dan celana hitam. Didampingi Ketua LP3 Unnes, Sekretaris LP3 Unnes, dan Kepala Pusat Pengembangan PPL dan Sekolah Laboratorium, serta tim peneliti pengembang Labschool Unnes. Beliau ikut senam bersama dan selanjutnya memberikan beberapa nasehat kepada ratusan siswa di sana.

Beliau berpesan agar para siswa selalu mencintai Indonesia, memperkuat nasionalisme, cinta tanah air, dan tak lupa juga terus memupuk budaya konservasi  atau mencintai lingkungan.

“Sekarang, coba siapa yang melihat ada sampah di sekitarnya, ayo kita ambil dan kita buang ke tempat sampah,” kata beliau.

Beberapa anak pun kemudian memungut sampah kecil yang ada di dekatnya dan membuangnya.

Tidak hanya itu, Prof Fathur juga mengajak siswa untuk menyayangi sesama teman.

“Coba sebutkan 5 sifat-sifat temanmu yang kamu sukai!”

Salah seorang siswa menjawab, “Suka menolong, ramah dan murah senyum, baik hati, suka berbagi, dan tidak membeda-bedakan teman.”

“Sekarang, sebutkan 5 sifat temanmu yang tidak kamu sukai!”

“Egois, suka memilih-milih teman, suka marah, jorok, sok cantik!” jawab Dhinar, yang disambut tepuk tangan riuh. Rektor pun tertawa mendengar jawaban tersebut.

Menurut Prof Fathur, di mana pun kita berada kita harus memberi inspirasi, mengajak ke arah kebaikan, dan meninggalkan kesan-kesan yang positif.


“Kelak, ketika anak-anak itu telah menjadi orang yang berhasil, mereka akan mengingat kesan-kesan ini, bahwa mereka pernah diajak memungut sampah, menyayangi teman, dan sebagainya,” ungkapnya.

Berikut ini adalah foto-foto dokumentasi dalam kegiatan tersebut.



  










close