Rektor Unnes Ajak Siswa SD Labschool Unnes untuk Mencintai Tanah Air dan Mencintai Lingkungan



Rektor Unnes, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M. Hum., melakukan kunjungan ke SD Labschool Unnes yang berada di Jalan Menoreh Tengah X No. 4 Semarang, Jumat (28/7). Kunjungan tersebut dalam rangka Diskusi Terfokus Pengembangan Labschool Unnes bersama guru-guru dan komite sekolah.

Pagi itu Rektor Unnes mengenakan kaos biru dan celana hitam. Didampingi Ketua LP3 Unnes, Sekretaris LP3 Unnes, dan Kepala Pusat Pengembangan PPL dan Sekolah Laboratorium, serta tim peneliti pengembang Labschool Unnes. Beliau ikut senam bersama dan selanjutnya memberikan beberapa nasehat kepada ratusan siswa di sana.

Beliau berpesan agar para siswa selalu mencintai Indonesia, memperkuat nasionalisme, cinta tanah air, dan tak lupa juga terus memupuk budaya konservasi  atau mencintai lingkungan.

“Sekarang, coba siapa yang melihat ada sampah di sekitarnya, ayo kita ambil dan kita buang ke tempat sampah,” kata beliau.

Beberapa anak pun kemudian memungut sampah kecil yang ada di dekatnya dan membuangnya.

Tidak hanya itu, Prof Fathur juga mengajak siswa untuk menyayangi sesama teman.

“Coba sebutkan 5 sifat-sifat temanmu yang kamu sukai!”

Salah seorang siswa menjawab, “Suka menolong, ramah dan murah senyum, baik hati, suka berbagi, dan tidak membeda-bedakan teman.”

“Sekarang, sebutkan 5 sifat temanmu yang tidak kamu sukai!”

“Egois, suka memilih-milih teman, suka marah, jorok, sok cantik!” jawab Dhinar, yang disambut tepuk tangan riuh. Rektor pun tertawa mendengar jawaban tersebut.

Menurut Prof Fathur, di mana pun kita berada kita harus memberi inspirasi, mengajak ke arah kebaikan, dan meninggalkan kesan-kesan yang positif.


“Kelak, ketika anak-anak itu telah menjadi orang yang berhasil, mereka akan mengingat kesan-kesan ini, bahwa mereka pernah diajak memungut sampah, menyayangi teman, dan sebagainya,” ungkapnya.

Berikut ini adalah foto-foto dokumentasi dalam kegiatan tersebut.



  










Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
August 6, 2017 at 7:43 PM delete

Unnes saya masih bingung apa itu perpanjangannya ? Semua dari usia dini, anak anak diajarkan kebaikan, cinta tanah air, budaya dan berbuat baik terhadap teman dan lingkungannya. Hidup unnnes !

Reply
avatar
Mayuf
AUTHOR
August 7, 2017 at 6:37 AM delete

Wah bagus tuh dari kecil udah di latih

Reply
avatar
August 7, 2017 at 10:41 AM delete

Unnes itu Universitas Negeri Semarang, Mas. Selain universitas, Unnes juga memiliki KB-TK-SD bernama Labschool Unnes. :)

Terima kasih apresiasinya.

Reply
avatar
August 7, 2017 at 10:42 AM delete

Pembiasaan sedari kecil ibarat mengukir di atas batu. begitu nasihat dari orang tua kita dulu. :D

Reply
avatar
August 11, 2017 at 5:27 PM delete

Kalau seumur saya, tergolong batu ya ? susah untuk diukur :D

Reply
avatar
August 11, 2017 at 8:31 PM delete

:D

Namun pada intinya tidak ada kata terlambat bagi kita semua untuk belajar, untuk berbenah, untuk berubah menjadi lebih baik Mas. :)

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon