Menulis Pengalaman Pribadi


Hari ini kami anak-anak kelas 3B SD Labschool Unnes belajar menulis pengalaman pribadi. Sebelum pelajaran dimulai, saya cerita pengalaman saya, misalnya Pengalaman Menambal Gigi di Puskesmas. Dan pengalaman-pengalaman yang lain.

Beberapa siswa pun saya minta untuk sedikit bercerita secara lisan tentang pengalaman pribadi mereka, baik itu yang menyenangkan, menyedihkan, menggelikan, mengharukan, menakutkan, dan sebagainya.

Berikut ini akan kita paparkan mengenai pengalaman pribadi meliputi: Pengertian Tulisan Pengalaman Pribadi, Manfaat tulisan pengalaman pribadi, dan ciri-ciri tulisan pengalaman pribadi, serta bentuk tulisan pengalaman pribadi.


Pengertian Tulisan Pengalaman Pribadi

Apa itu pengertian tulisan pengalaman pribadi? 
Tulisan pengalaman pribadi adalah tulisan yang mengangkat cerita pengalaman diri sendiri, baik itu yang sifatnya menyenangkan, menyedihkan, menggelikan, mengharukan, menakutkan, dan sebagainya. Pokoknya nano-nano rasanya. Yang jelas pengalaman tersebut pastinya mengesankan bagi seseorang yang mengalaminya.

Di dalam tulisan pengalaman pribadi, si penulis bisa secara bebas mengungkapkan gagasan dan perasaan yang pernah dialaminya. 

Biasanya pengalaman pribadi bertujuan untuk kesenangan diri sendiri, dan biasanya itu terjadi pada seseorang yang hobi menulis. Dia suka menuliskan pengalamannya di buku diary-nya. 

Manfaat Tulisan Pengalaman Pribadi

Kadang kita berpikir, apa sih manfaat tulisan pengalaman pribadi? Bagi orang yang suka menulis, itu bermanfaat bagi kesenangan. 

Namun selain kesenangan semata, tulisan pengalaman pribadi juga bisa bermanfaat sebagai dokumentasi, catatan bagi dirinya sendiri, sehingga pada masa yang akan datang bisa menjadi pembelajaran. Jika itu pengalaman yang tidak menyenangkan, itu bisa dijadikan sebuah pelajaran agar tidak diulang kembali.

Manfaat yang paling besar adalah sebagai kenangan. Karena peristiwa yang kecut sekalipun, bisa jadi menjadi lelucon yang membahagiakan ketika seseorang kembali mengingatnya.

Ciri-ciri Tulisan Pengalaman Pribadi

Ciri-ciri tulisan pengalaman pribadi yaitu, adalah sebagai berikut:

- Biasanya ditulis dengan sudut pandang orang pertama, baik "aku" atau "saya"
- Subjektif, kebenaran ada di pihak penulis itu sendiri.
- Kadang tidak menyertakan data yang akurat.
- Peristiwa yang dituliskan kadang sangat remeh, tidak penting sama sekali, namun hanya sebagai curahan hati.
- Ada data sederhana tentang tempat, waktu, dan suasana peristiwa itu terjadi
- Disampaikan secara lugas
- Acapkali juga melibatkan nama-nama pelaku yang lain yang kebetulan ikut mengalami peristiwa tersebut.

Bentuk Tulisan Pengalaman Pribadi

Bentuk tulisan pengalaman pribadi antara lain:
· Buku catatan harian/jurnal
· Pengalaman pribadi
· Autobiografi
· Lelucon pribadi
· Esai/karangan bebas pribadi
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
August 2, 2017 at 9:55 PM delete

Aku selalu menulis pengalaman pribadi ini loh. Dulu di diary, sampai berbuku2. Dari yang halamannya wangi, bukunya ada gemboknya, sampai agenda kerja yang dikasih pakdeku kupakai buat buku nulis.

Selain itu kugambarin juga dengan warna warni spidol hahaha... makin gede, pengalamanku kutulis dimana2 mas. Terutama di halaman belakang buku sekolah. Tak lupa pernak pernik gambar di samping kanan kirinya. Sampai2 kalau ada teman yang pinjem heran. Dan nyeletuk, Ini bukumu nyentrik sekali sih? hihihi, banyak puisi yang kutulis di lembar2 buku sekolah pokoknya.. lebay deh kalo inget.

Reply
avatar
August 2, 2017 at 10:37 PM delete

Sepertinya, menulis sudah menjadi passion njenengan sejak lama yaa, Mbak. Hehe...

Saya salut sama njenengan dechhh... :D (y)

Reply
avatar
Ahmad Salim
AUTHOR
August 4, 2017 at 8:32 AM delete

Keren, Kang. Ayo tetap semangat menularkan virus menulis ke murid-muridnya.

Reply
avatar
August 4, 2017 at 9:50 AM delete

Insyaallah, Kang Salim. Semoga tetap terjaga semangatnya.. :D

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon