Menulis Pengalaman Pribadi


Hari ini kami anak-anak kelas 3B SD Labschool Unnes belajar menulis pengalaman pribadi. Sebelum pelajaran dimulai, saya cerita pengalaman saya, misalnya Pengalaman Menambal Gigi di Puskesmas. Dan pengalaman-pengalaman yang lain.

Beberapa siswa pun saya minta untuk sedikit bercerita secara lisan tentang pengalaman pribadi mereka, baik itu yang menyenangkan, menyedihkan, menggelikan, mengharukan, menakutkan, dan sebagainya.

Berikut ini akan kita paparkan mengenai pengalaman pribadi meliputi: Pengertian Tulisan Pengalaman Pribadi, Manfaat tulisan pengalaman pribadi, dan ciri-ciri tulisan pengalaman pribadi, serta bentuk tulisan pengalaman pribadi.


Pengertian Tulisan Pengalaman Pribadi

Apa itu pengertian tulisan pengalaman pribadi? 
Tulisan pengalaman pribadi adalah tulisan yang mengangkat cerita pengalaman diri sendiri, baik itu yang sifatnya menyenangkan, menyedihkan, menggelikan, mengharukan, menakutkan, dan sebagainya. Pokoknya nano-nano rasanya. Yang jelas pengalaman tersebut pastinya mengesankan bagi seseorang yang mengalaminya.

Di dalam tulisan pengalaman pribadi, si penulis bisa secara bebas mengungkapkan gagasan dan perasaan yang pernah dialaminya. 

Biasanya pengalaman pribadi bertujuan untuk kesenangan diri sendiri, dan biasanya itu terjadi pada seseorang yang hobi menulis. Dia suka menuliskan pengalamannya di buku diary-nya. 

Manfaat Tulisan Pengalaman Pribadi

Kadang kita berpikir, apa sih manfaat tulisan pengalaman pribadi? Bagi orang yang suka menulis, itu bermanfaat bagi kesenangan. 

Namun selain kesenangan semata, tulisan pengalaman pribadi juga bisa bermanfaat sebagai dokumentasi, catatan bagi dirinya sendiri, sehingga pada masa yang akan datang bisa menjadi pembelajaran. Jika itu pengalaman yang tidak menyenangkan, itu bisa dijadikan sebuah pelajaran agar tidak diulang kembali.

Manfaat yang paling besar adalah sebagai kenangan. Karena peristiwa yang kecut sekalipun, bisa jadi menjadi lelucon yang membahagiakan ketika seseorang kembali mengingatnya.

Ciri-ciri Tulisan Pengalaman Pribadi

Ciri-ciri tulisan pengalaman pribadi yaitu, adalah sebagai berikut:

- Biasanya ditulis dengan sudut pandang orang pertama, baik "aku" atau "saya"
- Subjektif, kebenaran ada di pihak penulis itu sendiri.
- Kadang tidak menyertakan data yang akurat.
- Peristiwa yang dituliskan kadang sangat remeh, tidak penting sama sekali, namun hanya sebagai curahan hati.
- Ada data sederhana tentang tempat, waktu, dan suasana peristiwa itu terjadi
- Disampaikan secara lugas
- Acapkali juga melibatkan nama-nama pelaku yang lain yang kebetulan ikut mengalami peristiwa tersebut.

Bentuk Tulisan Pengalaman Pribadi

Bentuk tulisan pengalaman pribadi antara lain:
· Buku catatan harian/jurnal
· Pengalaman pribadi
· Autobiografi
· Lelucon pribadi
· Esai/karangan bebas pribadi
close