Manfaat Mandi Malam Sebelum Tidur untuk Batita

rifanfajrin.com - Manfaat Mandi Malam Sebelum Tidur untuk Batita


Anak saya, Ilyas (umur dua tahun), punya kebiasaan baru yaitu mandi malam sebelum tidur dengan air hangat. Kebiasaan tersebut dilakukan sejak lebih kurang satu bulan yang lalu. Semua itu berawal dari istri saya yang membaca sebuah artikel di media sosial. Katanya, mengutip dari artikel yang dibacanya tersebut, mandi malam dengan air hangat itu bagus diterapkan untuk batita (anak usia di bawah tiga tahun) sebelum dia beranjak tidur.

Awalnya sih saya agak ragu dengan ide mandi malam itu. Banyak pertanyaan yang muncul di benak saya, lebih tepatnya kekhawatiran. Mandi malam sebelum tidur itu aman atau tidak untuk bayi? Bagus atau tidak? Sehat atau tidak? Meskipun dengan air hangat, apakah itu tidak menyebabkan rematik?

Menanggapi kekhawatiran saya itu, istri saya bilang, apa salahnya dicoba terlebih dahulu. Siapa tahu mandi sebelum tidur dengan air hangat itu memang bagus untuk anak. Apalagi, dia menambahkan, Ilyas sering terjaga dari tidurnya pada malam hari, yang mungkin disebabkan karena dia terlalu capek, lelah, mungkin badannya pegal-pegal karena memang anak saya ini cukup aktif (menurut kami). Selain itu, Ilyas juga termasuk batita dengan keringat yang berlebih, hingga dia tidak pernah memakai kaos dalam sampai sekarang karena setiap kali memakai kaos dalam, selalu muncul ruam pada kulitnya (dalam bahasa Jawa disebut dengan keringet buntet).

Akhirnya, saya setuju untuk mencobanya. Kami mulai memandikan dia dengan air hangat, setelah itu saya pijat dia sebelum tidur, dan tak lupa saya kasih sedikit minyak telon. Hasilnya, Ilyas sekarang lebih nyenyak tidur. Beberapa kali memang dia masih suka terjaga pada malam hari, akan tetapi itu tidak sesering sebelumnya.



Alhamdulillah. :) Anak saya senang, kami sebagai orangtuanya pun senang. Dari situ saya kemudian mencoba mencari-cari artikel di internet tentang mandi malam sebelum tidur bagi bayi umur tiga tahun. Nah, berikut ini saya akan sedikit berbagi tentang Manfaat Mandi Malam Sebelum Tidur untuk Batita.


Bagi saya, setidaknya ada tiga manfaat memandikan bayi sebelum tidur.

  1. Membuat Bayi Lebih rileks dan tenang. Mandi dengan air hangat membuat rasa lelah setelah seharian bergerak dan beraktifitas, menjadi hilang. Dengan demikian, bayi akan merasa rileks, tenang, dan "siap" untuk beristirahat. Apalagi setelah mandi, kita juga memberinya pijatan lembut pada bagian-bagian tubuh yang paling banyak bergerak, misalnya pada kaki dan tangannya.
  2. Bayi akan tidur lebih nyenyak. Setelah tubuh bayi rileks dan siap beristirahat, secara otomatis tidurnya pun akan lebih nyenyak, dan masa tidur bayi juga akan lebih panjang dan berkualitas. Bayi menangis terbangun pada malam hari, selain disebabkan rasa haus atau lapar, seringkali juga disebabkan karena badan dia terasa pegal, lelah, dan penat.
  3. Memperkuat Ikatan Batin anak dengan orang tua. Inilah salah satu moment quality time antara anak dengan orang tuanya, pada saat memandikan anak, maupun saat memijatnya. Seorang kawan saya bilang, yang terpenting saat memijat anak itu sebenarnya bukan pada hilangnya rasa lelah bayi--karena memang kita bukan ahli pijat, melainkan tersalurkannya kasih saya dari orang tua kepada anaknya melalui setiap sentuhan yang diberikan. :)
Beberapa catatan

Setelah membaca beberapa manfaat di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? 
Nah, meskipun mandi sebelum tidur itu baik bagi bayi, tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa catatan berikut ini.
  1. Sebaiknya mandi malam ini dilakukan tidak lebih dari pulul 19.00 (pukul tujuh malam), terlebih saat kita berada di daerah bersuhu (lebih) dingin dibandingkan suhu di mana tempat tinggal kita. Misalnya ketika kita sekeluarga sedang berkunjung ke rumah nenek di desa yang suhunya lebih dingin dari kampung kita.
  2. Jangan lakukan pada bayi ketika dia sedang sakit, misalnya saat masuk angin.
  3. Gunakan minyak telon atau lebih disarankan minyak aroma therapi ketika kita memijat bayi (setelah memandikan). Hal itu akan lebih memberikan rasa rileks pada bayi. Anak saya pun biasanya mulai mengantuk ketika saya memijat punggungnya. :)
  4. Berikan pijatan lembut pada bayi di kaki, tangan, dan punggung saja. Dan INGAT, jangan terlalu menekan (keras) atau mengurutnya. Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa kita bukan ahli/tukang pijat. Kuatir malah salah dan berakibat kurang baik bagi bayi.

Penutup:
Ketika sedang memijiti anak saya, saya juga melafalkan tasbih secara lirih. Hal ini pernah saya sampaikan pada catatan Amalan Tasbih Fatimah Sebelum Tidur Untuk Ilyas--yang masih saya lakukan hingga saat ini. :)

Demikanlah sedikit mengenai Manfaat Mandi Malam Sebelum Tidur untuk Batita. Semoga bermanfaat. [www.rifanfajrin.com]


Berikut ini adalah foto-foto Ilyas ketika sedang dimandikan oleh ibunya. :)




Previous
Next Post »