Siswi SD Labschool Unnes Raih Juara II LIA English Competition 2016

[rifanfajrin.com] - Faylasufa Avatarisa Sashikirana Siswi SD Labschool Unnes Raih Juara II LIA English Competition 2016


Alhamdulillah. Segala puji bagi  Tuhan  Yang Maha Esa, Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya.

Satu lagi prestasi membanggakan berhasil diraih oleh siswa/siswi SD Labschool Unnes. 

Faylasufa Avatarisa Sashikirana, siswa kelas IV SD Labschool Unnes berhasil meraih juara II dalam LIA English Competition 2016 (LEC 2016), Sabtu, 1 Oktober 2016. Acara tersebut diadakan oleh Lembaga Bahasa dan Pelatihan Professional (LBPP) LIA Semarang dalam rangka Ulang Tahun LBPP LIA yang ke 57.

Bertempat di Lembaga Bahasa dan Pelatihan Professional (LBPP) LIA Semarang Candi, Fayla berhasil menjadi yang terbaik ke dua untuk kategori lomba SHOW and TELL, English for Children (EC).


"Show and Tell" adalah lomba bercerita tentang suatu barang tertentu yang mempunyai cerita unik, yang diperuntukkan bagi siswa EC 1-3 (kategori 1) dan siswa EC 4-6 (Kategori 2). Sebelumnya, para peserta yang merupakan siswa LIA, harus melewati proses seleksi internal di kelas masing-masing. Kelas-kelas tersebut antara lain: EC (English for Children), EC (English for Teens), EA (English for Adults) dan CV (Conversation).

Pada lomba ini, masing-masing peserta diminta untuk menunjukkan suatu benda dan bercerita tentang benda tersebut kepada penonton selama tiga hingga enam (3-6) menit. Misalnya, peserta membawa dan menunjukkan salah satu mainannya yang ada di rumah dan menjelaskan mengapa mereka memilih barang tersebut dan memberikan informasi lain terkait dengan benda tersebut. Pada lomba ini, SD Labschool Unnes diwakili oleh dua orang siswanya, yaitu Faylasufa Avatarisa Sashikirana (Kelas IV), dan Mirza Faylasuf Azka Sefrizal (Kelas III).

Dengan mantab dan penuh kepercayaan diri, Fayla bercerita bercerita tentang sebuah buku yang begitu mengesankannya. Buku itu berjudul "Cat Mummy", karya Jacqueline Wilson. 


Fayla menjelaskan, bahwa buku ini bercerita tentang tentang gadis kecil bernama Verity. Verity tinggal bersama nenek, kakek dan Ayahnya. Ibu Verity meninggal ketika melahirkan Verity. Bersama mereka juga tinggal seekor kucing yang diberi nama Mabel. Mabel adalah kucing milik Ibu Verity. Verity sangat menyayangi Mabel. Mabel adalah kawan satu-satunya bagi Verity untuk bercerita mengenai Ibu, karena Mabel tidak akan menangis. Setiap kali Verity bertanya mengenai Ibu, maka semua orang di rumah akan bersedih, nenek bahkan masih sering menitikkan air mata setiap kali mengingat Ibu. Sayang sekali, pada akhirnya Mabel mati karena sakit. Oleh Verity, kueing kesayangannya itu kemudian dibuat mumi setelah dia mendengar penjelasan gurunya tentang cerita Orang Mesir Kuno.

Dari kriteria penilaian juri yang berdasarkan pada fluency (kefasihan), organization (sistematika atau keruntutan cerita), confidence (percaya diri), pronounciation (pelafalan), dan originality (keaslian cerita), akhirnya Fayla berhasil merarih juara dua! Selamat ya, Fayla.

Atas prestasinya itu, Fayla berhak mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 250.000,00.

Namun, selain hadiah-hadiah tersebut, hikmah besar yang bisa diambil dari prestasi tersebut bagi Fayla adalah: kini Fayla menjadi lebih gemar membaca! 

Sementara itu, satu lagi peserta lomba "Show and Tell" dari SD Labschool Unnes, yaitu Mirza Faylasuf Azka Sefrizal bercerita tentang Dinosaurus kesayangannya. Pada kesempatan kali ini Fafa, sapaan akrabnya, memang belum berhasil meraih nomor juara. Namun, dengan latihan, praktik, dan terus mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya, Fafa pasti akan meraih prestasi pada kesempatan yang akan datang.

Sekali lagi, ucapan selamat kepada Fayla dan Fafa! Semoga ke depan Fayla dan Fafa lebih berprestasi lagi ke tingkat yang lebih tinggi lagi.  Meskipun bagi kami, mereka berdua tentu saja sudah menjadi JUARA! :)


Berikut ini adalah foto-foto dokumentasinya. (Sumber: Dokumentasi Ibu Irene Indriasari - Ibunda Fayla)

Para Juara Menerima Penghargaan

Fayla menerima penghargaan saat upacara bendera


Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon